5 Tips Bahagia di Tanggal Tua






Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.


Sudah tonton video di atas? Kisah tanggal tua Budi, tanggal 17 sudah ngos-ngosan guys, minum nya aja kudu ngebekal dari kos-an hehehe kasihan ya ? Yang anak kos-an, plus statusnya jomlo eh masih single pasti bisa merasakan apa yang dialami Budi ? Itu kalau kamu memang cuek dengan kehidupan mu, tapi banyak loh guys anak muda yang tetap hepi meski tanggal tua di depan mata. Bisa kita lihatkan rasanya pusat-pusat perbelanjaan itu tetap ramai kok di setiap tanggal, andai semua seperti budi ada donk ya hari dimana tempat pusat perbelanjaan menjadi sepi, tapi belum pernah kan situasinya begitu. Nah itu karena selalu ada orang yang hepi meski tanggal tua.





Aku dulu pun seorang perantauan hidup di kosan dengan bayar bulanan. Sewaktu mahasiswa maka uangnya selalu pas-pasan , awal bulan menerima transferan dari orang tua dan sudah langsung dialokasikan. Dan sudah kebiasaan begitu uang kos dibayarkan maka awal bulan adalah waktunya untuk makan enak, aku pun akan melangkahkan kaki ke resto favoritku dan biaya makan awal bulan itu maksimal sejumlah 3 hari makan menu warteg ala mahasiswa. Tanggal 20 an maka isi rekening sudah pas-pasan, aku pun mendadak menjadi mahasiswi sholeha, tetiba akan menjalankan puasa sunnah entah itu senin kamis bahkan pusa nabi daud yang selang seling dan ditambah puasa nabi musa supaya weekend tidak keluar hahaha. 

Setelah menjadi seorang Karyawan, aku pun lebih leluasa dengan kondisi dompet, gak mesti ngap-ngap seperti zaman masih sekolah. Dan belajar dari pengalaman selama masa belajar maka aku semakin terbiasa mengatur keuangan ku. Kalao kebanyakan orang akan menabung di akhir bulan maka aku beda, begitu gajian langsung alokasikan untuk tabungan, 20% dari total gaji langsung aku masukkan ketabungan, lalu belanja kebutuhan bulanan, membayar kewajiban dan menjalani hari dengan gaya hidup yang biasa saja, menonton ke bioskop hanya sekali dalam sebulan, menghabiskan weekend hanya 2 kali dalam sebulan, dan alhamdulillah tidak pernah mengalami masa paceklik di saat menjadi seorang Karyawan.

Lalu kehidupan berjalan dan aku menjadi seorang istri sekaligus ibu dari dua orang anak. Justru pada saat inilah aku kembali menjadi was-was setiap tanggal tua tiba. Menabung di awal menerima gaji sudah tak bisa dilakukan, mengalokasikan semua kewajiban adalah keharusan di awal gajian, setelahnya menghitung sisa dana dan langsung dialokasikan ke dalam amplop belanja bulanan yang sudah aku bagi menjadi 2 mingguan. Keberadaan anak-anak yang masih balita suka membuat kaget isi dompet, tetiba anak harus berobat, jadwal imunisasi bertepatan dengan tanggal tua, anak kena diare sehingga pemakaian diapers menjadi boros, atau si sulung yang mendadak mengkonsumsi susu lebih banyak bahkan di akhir bulan membuat aku sering harus menggunakan kendaraan tambahan yang memakan biaya lebih, aaarrrgggghh tanggal tua kenapa lama berlalu !

Kejadian di atas kini sudah tidak terjadi lagi pada ku, bahkan ketika menonton video budi ahh lebay nih si Budi hehehe, tapi pada bagian akhir video ketika Budi Bahagia menemukan promo di tanggal tua gue setuju banget, karena salah satu tips tetap bahagia meski akhir bulan adalah berburu promo di tanggal tua.

Nah ini ada 5 Tips untuk tetap bahagia di tanggal tua, khusus buat emak-emak bisa simak ya...

  • Menabung, begitu lu terima gaji (istri + suami) maka langsung 'amankan' sebesar 10% (sepuluh persen), masukkan sebagai tabungan entah itu ke dalam celengan atau di amankan ke bank.
Langsung sisihkan 10% untuk alokasi Tabungan

  • Bayar Kewajiban, berikutnya bayarlah semua kewajiban mu, aku biasanya sudah menyediakan amplop-amplop yang sudah tertera alokasinya untuk apa. Aku gajian tanggal 28 sementara kewajiban dibayarkan pada tanggal 1 awal bulan. Untuk ku alokasinya terdiri dari : uang listrik, uang daycare, belanja susu dan popok, membayar cicilan rumah, cicilan kartu kredit dan belanja bulanan rumah tangga.

  • Menyusun Jadwal Keluar Rumah, nah untuk kebutuhan entertainment keluarga setiap bulan ada agendanya guys, gak sekonyong-konyong keluar rumah dan kehabisan duit. Dan ini biasanya juga tergantung kondisi keuangan bulan yang sudah lewat. Bila dalam bulan berjalan sama sekali tak ada sisa, maka agendanya dibuat bermain di rumah, bermain ke tempat yang tidak membutuhkan biaya masuk, atau ber silaturahim ke rumah keluarga. Hal ini sangat membantu sehingga anak-anak selalu merasa weekend mereka diisi dengan bermain alias hangout.
Susun Agenda Jalan-Jalan Setiap Bulan

  • Mengatur Menu Masakan, ini juga penting banget bagi yang sudah berkeluarga. Aku belanja bahan masakan per 2 minggu, ada kalanya ketika akhir bulan dana sudah pas-pasan, sebagai seorang ibu maka aku akan mengatur menu hemat, misal pagi hari cukup sarapan susu dan roti, menu makan siang dan malam dibuat sama hehehe yang penting tetap makan seimbang dan sehat. Aku, suami , anak-anak seharian berbeda tempat tapi untuk urusan perut aku selalu memasak sebagai bekal makan kami , ini jauh lebih irit daripada harus makan di warung .

  • Hunting promo di toko online, ini poin terpenting menurutku, untuk susu dan popok anak pada saat gajian hanya aku beli untuk kebutuhan 3 minggu saja, sisanya seminggu lagi biasanya aku belikan di akhir bulan dan selalu akan ada promo-promo hebat untuk kebutuhan bayi. Bahkan ketika mendapatkan promo hebat (biasanya sih buy 2 get 1, atau ada kemasan ekonomis) biasanya aku akan membeli langsung untuk kebutuhan 2 minggu di awal bulan berikutnya. Nah sekarangkan hampir setiap emak punya gawai pintar, jadi manfaatkan waktu dalam kendaraan, waktu sedang menunggu untuk mencari promo kebutuhan anak, cluenya lagi nih moms, coba deh hunting promo itu di hari rabu dan kamis, wiiidddiiih itu promonya bikin kalap maaakkk..

Alhamdulillah sejauh ini meski tanggal tua belum pernah ada yang telepon untuk tagih hutang, susu dan popok anak selalu ready dan tetap bisa hangout meski tanggal tua, so kamu masih seperti Budi ? Make a change ladieees... 





When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.