Serempak Mengajak Blogger Kampanye 3 Ends Lewat Konten Kece - Ulihape.com

Serempak Mengajak Blogger Kampanye 3 Ends Lewat Konten Kece

Serempak adalah portal online yang fokus membahas tentang pemberdayaan perempuan dan anak dan bekerja sama dengan KPPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) selalu update mengenai persoalan seputar perempuan dan anak.

Ini adalah kali kedua aku mengikuti kegiatan bersama Serempak. Kali ini bertepatan dengan Hari Blogger Nasional yang jatuh tepat pada tanggal 27 Oktober kemarin, Serempak kembali menggandeng Blogger dengan sebuah topik yang cukup kece yaitu "The Power of Content". Blogger diberi ilmu bagaimana bisa menjadi blogger yang memiliki konten berkualitas, menjadi blogger yang lebih peduli akan isu-isu tentang perempuan dan anak.

Bahkan sebelum datang ke acara saya pun masih ternganga akan sebuah kasus tindakan pelecehan seksual terhadap bocah perempuan yang berusia 5 tahun, dan yang semakin membuat hati teriris adalah para pelakunya masih anak-anak bahkan ada bocah pria berusia 5 tahun juga how come !




Hadir sebagai nara sumber pertama adalah Kang Maman yang memiliki nama lengkap Maman Suherman. Beliau ini aku kenal dikanal fiksi kompasiana, yah beliau sih nggak pahamlah sama ane hehehe. Satu hal yang membuat saya jadi tersadar sebagai perempuan. Bahwa benar terkadang kesenjangan gender itu ya datangnya dari kaum hawa sendiri. Seperti perawat di Rumah Sakit yang selalu menanyakan nama suami dari pasien perempuan yang berbadan dua, lah kalao dia single bagaimana? banyakkan perempuan yang ketika hamil harus ditinggal suami ? Pertanyaan ini sepele namun sebenarnya memojokkan. Karena itu Kang maman bilang bahwa saatnyalah kita memandang perempuan itu sebagai pilar, bahwa perempuan itu sudah lebih macho dari cowok, perempuan itu mampu menahan sakit yang tingkat kesakitannya 45 kali dari yang seharusnya dan masihkah kita menganggap perempuan lemah ?




Sebagai Blogger kang Maman mengajak kami untuk lebih bisa mengangkat citra positif dari perempuan, stoplah membuat tulisan atau bahkan judul tulisan yang memojokkan sisi perempuan. Mulailah angkat kedalam blog kisah-kisah inspiratif dari sosok perempuan yang ada, dan pedulilah dengan segala hal yang terjadi dengan perempuan. Dan lumayan kaget ketika kang Maman menyampaikan bahwa dalam 24 jam itu ada 35 kasus kekeresan yang dialami perempuan diseluruh dunia dan besarnya angka kekerasan ini menunjukkan bahwa kita belum sepenuhnya care dengan lingkungan kita. Kebanyakan kasus pelecehan terhadap perempuan dan anak berasal dari kerabat korban, dengan membangkitkan kepedulian kita bisa mencegah hal tersebut terjadi.

Dan karenanya kang Maman berharapmpara Blogger juga membantu KPPPA dalam mengkampanyekan 3 Ends ! Mari kita akhiri segala bentuk kekerasan pada perempuan dan anak. Gerakan 3 Ends meliputi :


  1. Akhiri Kekerasan pada perempuan dan anak
  2. Akhiri Perdagangan pada perempuan dan anak
  3. Akhiri Kesenjangan kesempatan ekonomi antara perempuan dan laki-laki
Sebagai blogger tentu kita bisa dengan memulai menulis konten yang bisa mengajak orang lain untuk lebih peduli terhadap isu-isu seputar perempuan dan anak, buatlah konten yang bisa membuat orang lebih menghargai keberadaan kaum hawa, buat konten yang mencerdaskan bagi anak-anak.


Sesi berikutnya diisi oleh seorang Dosen Binus dimana kami melaksanakan acara yaitu Ibu Ina Muwarni, beliau ini seorang konsultan blogger loh. Nah kalau kamu ingin Blog mu mendapat value bisa banget konsultasi dengan Beliau. Beruntung kami yang hadir diberi bocoran oleh Ibu Ina untuk bisa membuat Blog kita lebih kece. Ternyata ada 6 hal yang wajib Blogger lakukan pada Blog supaya Blog nya punya traffic yang bagus, intip yuk 6 kunci sukses ngeblog ala Ibu Ina :

  • Tentukan Blog itu mau fokus ke hal apa ? Dengan fokus pada satu tema maka orang akan mengingat blog kita. So ketika orang menyebut sebuah tema maka hanya akan ada satu nama yang diingat yaitu kamu..iya kamu hehe
  • Setelahnya kamu bisa menentukan temanya, dan tema ini bisa dijadikan kekuatan blog kita.
  • Pilihlah nama blog yang mudah diingat orang banyak, jangan melebihi 15 huruf katanya. Dan buatlah nama blog dengan aura positif ya
  • Pilih warna blog, ternyata warna ini juga mempunyai makna, misal biru itu jujur dan lalu jenis huruf juga menetukan keindahan blog anda, dan buatlah tagline semenarik mungkin tentang blog anda
  • Gunakan foto atau video untuk mendukung tulisan anda. Dan segala dokumentasi yang digunakan harus sesuai dengan isi tulisan.
  • Berani berinvestasi. Banyak ya blog gratisan, katanya mau dapat income dari ngeblog? Ya modal lah beli domain sendiri, pasang iklan di sosial media sehingga blog banyak yang mengunjungi.
Ibu Ina juga mengingatkan blog isinya jangan hanya copy paste karena google bisa ngeband loh, dan ketika isi blog adlaah copy paste maka tidak adaindex digoogle dan buat apa ngeblog yah kalo isinya copy paste hehe. Berusahalah untuk terus mengupdate blog, melakukan share di sosial media dan blog walking juga merupakan kunci keberhasilan sebuah blog.

Dan setelahnya Teh Ani Berta pun menyampaikan materinya, kalau blogger satu ini prestasinya buaanyaaak, dan kadang ikutan numpang bangga deh atas keberhasilannya. Sebenarnya menulis itu gampang katanya, ketika anda hadir disebuah event maka sepulang dari event langsung tuliskan semua kegiatan yang anda saksikan di lokasi, sertakan kaidah penulisan ala reportase maka taraaa sebuah tulisan reportase (Hard News) pun jadi. Dan kalau ingin bergenre Featured Stories yah tinggal ditambahi dengan segala dokumentasi, interview dan pernak pernik informasi pendukung lainnya maka sebuah ulasan menarik bisa dihasilkan.

Kunci sukses Teh Ani dalam ngeblog adalah konsisten dan harus update, maksimal membuat reportase itu adalah 2x24 jam, bahkan jangan sungkan untuk membagikan segala informasi di sosial media sehingga banyak orang bisa mengetahui dan sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama.

Pembicaraan pun semakin seru ketika sesi akhir di isi seorang ahli IT yang hobi ngeblog, beliau adalah Irwin Day, bergabung dengan Nawala untuk memfilter situs-situs yang tak pantas bagi anak-anak dan orang dewasa. Dan ada 4 tips dari Irwin Day agar blog itu bisa kece :

  1. Jadikan blog anda sebagai media untuk mendidik
  2. Konten blog usahakan berisi informasi menarik
  3. Blog menghibur
  4. Dan blog anda menjadi sumber inspirasi banyak orang
Dijamin deh kalo blognya pegang 4 poin yang disebut tadi maka akan punya traffic yang OK, ketika traffic OK maka tawaran untuk blog pun akan kece.

Event kali memiliki drescode yaitu touch of nationality, semua blogger berpakaian dengan keunikan masing-masing daerah, dari sabang sampai marauke sehingga banyak semangat yang hadir dan memeriahkan talkshow ini.

Bagi saya event bersama serempak kali ini cukup membuka mata saya sebagai blogger, banyak hal yang harus sya benahi untuk bisa menjadi blogger andal. Dan saya akan mulai mengangkat tema anak dan perempuan paling tidak dalam satu bulan ada satu tema. So kamu blogger? Kalo iya ayo bantu pemerintah mengakhiri semua bentuk kekerasan dan pelecehan pada perempuan dan anak.

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.