Bloggercrony Apresiasi Member dengan Ajak Berlibur Sarat Ilmu - Ulihape.com

Bloggercrony Apresiasi Member dengan Ajak Berlibur Sarat Ilmu

Rasanya baru kali inilah saya sebagai anggota sebuah komunitas di apresiasi dengan sangat baik, ya bayangkan saja 100 anggotanya diajak holiday bareng, dengan akomodasi yang sebagian besar sudah dijamin oleh komunitas Bloggercrony. Baru kali ini juga saya melihat sebuah komunitas menganggap membernya sebagai 'asset' yang harus dijaga, bukan berarti komunitas lainnya tak baik ya, ini hanya gambaran saya saja terhadap apa yang telah dilakukan Bloggercrony.

Pose cantik dengan pouch sisternet


Bloggercrony adalah sebuah komunitas yang saya ikuti setahun belakangan ini, bahkan sampai semester pertama bergabung di komunitas ini saya belum pernah 'dapat' job darinya, lah iya iya lah wong daftar aja nggak pernah, habis rasanya kok ribet amat ? Kudu ngemail dulu, nggak seperti komunitas yang lain, ya adu cepat-cepatan saja, daftar pada thread yang di lempar admin di grup komunitas. Dan ternyata sistem mendapatkan job dengan mengirimkan email terlebih dahulu memang terlihat lebih "fair", adanya proses seleksi sejauh ini juga sangat baik menurut saya, dan segala fasilitas yang akan kita dapatkan juga disampaikan lewat email, yup! sangat elegan caranya. Kok bisa ya se elegan ini ? Jangan heran ! Founder komunitas ini adalah Mbak Wardah Fajri, aku mengenalnya sewaktu menjadi salah satu admin di Kompasiana dan beberapa kali bertemu di acara komunitas kompasiana. Saat itu Mbak Wawa pun menjadi koordinator banyaknya komunitas di dalam Kompasiana, jadi gak heran beliau bisa membawa Bloggercrony menjadi seperti ini, sebuah komunitas yang dikelola dengan hati dan professional, segala sesuatunya terkonsep dengan baik. Lalu semester kedua di komunitas ini akhirnya aku mencoba untuk mendaftar beberapa event yang diadakan dan benar saja semuanya berjalan dengan baik, dari pemberitahuan event, apa saja kewajiban kita dan hak kita dipenuhi dengan baik tanpa harus membuat lelah karena semuanya disampaikan secara profesional melalui email.





Nah, 24 Februari kemarin komunitas ini merayakan hari jadinya yang kedua dan hebatnya komunitas ini mengajak membernya berlibur 2D1N, ya kami diajak menginap ke sebuah kawasan wisata di Bogor, tepatnya Kampoeng Wisata Rumah Joglo (KWRJ). 100 member dan beberapa undangan lintas komunitas hadir pada event kali ini. Keberuntungan buat aku dan suami karena sesama blogger jadilah kami seperti liburan keluarga. Dan sukses itu gak bisa sendirian yes ? So kali ini Bloggercrony menggandeng Soman untuk merealisasikan event akbar BCC, sebelum event ini berlangsung setiap member yang serius ingin ikut diminta untuk menshare flyer event ini, dan agak bingung juga sih membaca Soman ? apa sih ini So Man (sangat manusiawi gitu?) dan salah satu komentar temanku adalah "Kak ini soman yang obat ajaib bukan ? yang suka diiklanin di radio-radio pantura ?" alamak apalah itu akupun tak paham dan aku berjanji akan menjawabnya selepas aku menghadiri acara tersebut. Pagi itu meski hujan rintik kami tetap bersemangat menuju tempat liburan, sesampainya disana tampak admin komunitas sedang sibuk mempersiapkan panggung utama tempat acara akan dimulai, jam 10 an beberapa teman mulai berdatangan dan akhirnya setelah makan siang acara pun dimulai. Beberapa spanduk tentang Soman sudah mengelilingi area, soman bukan obat tapi menyembuhkan lebih dari obat, ehm semakin penasaran awak dibuatnya kan ?

dua hari bersama Yozh :)


Di panggung utama MC kondang Yozh, sudah membuka acara dengan suara khasnya dan sempat membuat beberapa member BCC yang baru kenal mas Yozh jadi histeris #hallaaah, dan belum apa-apa kami sudah dibuat bahagia, dengan diumumkannya 10 best post facebook dan aku salah satu pemenangnya, nah disini lah aku mengenal Mas Ario yang mewakili Soman, langsung saja aku tanya mengenai kebenaran komentar temanku, dan aha ternyata benar bahwa selama ini Soman memang iklannya di radio lokal dan tahun ini berencana mengembangkan marketing penjualan melalui sosial media, so tentang Soman ini akan aku bahas khusus ya, karena saat ini aku dan suami masih dalam tahap mengkonsumsi Soman dan mulai merasakan manfaatnya. Setelah acara pembukaan ditutup dengan pembagian hadiah kepada 10 pemenang, kami pun beralih ke pendopo dimana acara inti akan dimulai. Jadi yang membuat asyik itu semua yang hadir dicekokin ilmu yang berkaitan dengan kegiatan ngeblog dan two thumbs semua pembicara yang dihadirkan keren habis ! Great job mbak wawa and team ! Siapa saja ya ? Lets talks genks 😁


FERRY YUNIARDO



Materi di layar sudah terbaca "Social Media vs Real World" sederhananya dunia maya vs kehidupan nyata. Sampai aku membaca judul ternyata pembicara baru saja menapakkan kaki nya di lokasi acara, dan ternyata beliau ijin untuk melaksanakan sholat dzuhur, wah ini penggiat sosmed ingat akhirat yes hehe. Lalu dengan gaya casual menggunakan topi hitam, mas Fery memperkenalkan dirinya dengan sangat sederhana, bahwa beliau saat ini membawa bendera Dikidi.com (Dunia Komunikasi Digital), memulai usaha ini dari nol, yah like we said from zero to hero, beliau ingin mengajak generasi muda untuk lebih realistis terhadap kemajuan teknologi, khususnya dunia maya, orang indonesia ini terlalu baper (bawa perasaan, red) sehingga cenderung tersesat ketika masuk ke sosial media. Kehadiran Dikidi.com ingin mengajak generasi muda memahami apa sih dunia maya itu ? Ketika lu paham maksud dan tujuan kehadiran dunia maya maka dijamin kehidupan lo akan normal, nggak seperti sekarang "baca status teman lagi holiday lu sirik, liat postingan poto teman cakep dikit ga bisa, pasti langsung ngejudge "yaela camera 360 kalle.", atau apapun yang menurut lu palsu ! Nah disnilah letak kesalahan orang timur dalam memperlakukan sosial media, terlalu baper. Lu harus sadar bahwa sosial media itu memang diciptakan untuk sebuah kepalsuan, lu mau jadi apa, siapa saja bisa ! Ketika orang berkomentar negatif pun lu harus bisa stay cool ! Apapun yang ada di sosial media hanyalah sementara, jangan seret kehidupan nyata lu ke dunia maya !. Sampai disini aku sangat menikmati penyampaian mas Fery, yah yang dikatakannya sangat benar, kita belum dewasa dalam bersosial media, selanjutnya ucapan mas Fery juga cukup nabok buat diriku, kesentil banget brai !. Mas Fery bilang di Indonesia itu meski seorang seleb punya follower jutaan tapi yang respon cuitannya jarang banget bisa mencapai 10% followernya, sementara di barat follower ribuan justru bisa mendapat feedback yang jutaan, kok bisa ? Bisa ! Karena paham apa sosial media , sementara kita sangat hitung-hitungan di sosial media, padahal buka aplikasi tapi melihat teman melempar cuitan, yaelah cuman dibaca dan ogah banget tuh ngklik cuitan dengan berbagai alasan. Hmm.., iya..aku pun begitu mas (ngaku), entahlah kadang memang merasa gak mau saja, kadang malah mikirin ini cuitan dapat job dari mana sih ? Malah tak jarang malah inbox hanya buat kepo ! Asli , setelah mendengar nasehat mas Fery , sejak itu aku mulai membiasakan memberikan feedback terhadap postingan teman, dan benar saja meski aku tak paham, setelah aku retweet ada saja yang ngefollow, ah ternyata sedekah jari di dunia maya juga bisa nambah follower yes ! Nah genks, ubah mindset kita ya, jangan baper, semua orang berhak melakukan apapun di sosial media nya, stop baper !

Lalu sesi mas Fery pun usai, dan giliran Soman and team yang tampil, sesi ini juga seru banget karena selain marketing Soman ternyata kehadiran dr. Grace juga membuat blogger antusias, banyak blogger yang berdiskusi tentang kesehatan orang-orang tersayang nya. Topik ini akan aku ulas didalam tulisan berikutnya, so kalian bisa tahu apa sih Soman ? Se ajaib apa sih pengaruhnya buat kesehatan kita ? Lalu siapa dr Grace ? Sabar ya semuanya akan terjawab di next blogpost ya .



Lalu saya pun dikejutkan kehadiran Ibu Kartini Rustandi, beliau adalah salah satu Direktur di jajaran Kementerian Kesehatan, yah saya pernah membaca status mbak Wawa yang pernah mengikuti serangkaian kegiatan di Kementerian Kesehatan Kuningan, Mbak Wawa menularkan informasi ini dengan menghadirkan beliau sebagai salah satu pengisi materi bloggerday, Ibu Kartini membawahi bidang Kesehatan dan Olahraga, makanya di awal beliau langsung mengajak 100 member untuk berdiri dan melakukan gerakan sederhana dengan efek yang luar biasa bagi tubuh, semua blogger yang berjam-jam sudah duduk langsung bersemangat dan benar saja badan terasa pegal juga kelamaan duduk, gerakan 3 menit ini membuat tubuh terasa nyaman kembali, Ibu Kartini memberi nasehat buat para buzzer hehe usahakan per 20 menit alihkan mata dari gadget selama 2 menit, alihkan pandangan dari cahaya beradiasi, pandang ke area yang lebih luas dan berwarna hijau, dengan begini bisa mengurangi beban mata loh ! Dan kehadiran team kemenkes juga untuk melakukan pengecekan kesehatan para blogger, siapa yang lulus syarat sehat diperkenankan untuk mengikuti tes kebugaran esok harinya, yah karena sehat belum tentu bugar loh ! Keesokannya teman-teman yang lolos tes kesehatan akan diajak berlari mengelilingi lapangan sejauh 1,6 KM nah baru deh ketahuan siapa yang bugar baik, yang ngos-ngosan itu kriteria sehat tapi tidak bugar hehehe, aku gimana ? Duh mamak anak dua ini sudah dipaksa berenang bareng anak-anak , mau tak mau kebahagian anak adalah prioritas haha #alasan !

Setelah sesi Kementerian Kesehatan, seluruh blogger dipersilahkan masuk ke tempat istirahat, untuk bersiap makan malam dan melanjutkan sesi sharing ilmu lagi. Dan wow kami tidur bareng didalam satu rumah joglo yang besar, suasana KWRJ memang sangat asri, adem dan baru kali ini juga aku bisa berkumpul dengan banyak blogger, kami berada dalam kamar yang sama, semua orang mendapat satu bed dan anak-anak di ekstra bed yang sudah dipesan terlebih dahulu, setelah membereskan bawaan, akupun memandikan anak-anak, selanjutnya akupun mandi, duh adem nya suasana hutan membawa damai, akupun menuju lokasi tempat makan, dan beres dinner kami pun menuju pendopo kembali untuk menerima materi yang minggu itu sedang hot dibahas oleh banyak blogger, yaitu attitude . Emang penting banget ya etika itu bagi seorang blogger ? Wong orang cuman baca blog saya, terserah orang mau bilang apa !

Attitude Bagian Personal Branding yang Harus dimiliki Blogger.



Ibu cantik ini bernama Ririn Rosaline, memiliki sepasang putra dan putri yang lucu, kok tahu li ? Iyakami bertemu di kolam renang KWRJ dan dari bahasanya memang mbak Ririn ini ahlinya dalam speaking yes. Suasana pendopo masih ramai oleh blogger, semangat untuk menyerap ilmu dari Mbak Ririn. Di awal pembicara mengajak blogger untuk bersalaman, dan menurut beliau dari bersalaman ini bisa loh ketahuan siapa yang excited dan siapa yang tidak, so kamu kalau diajak salaman sama klien kudu kenceng yes biar semangatnya dapat hehehe. Moderator malam ini adalah Mbak Zata, mbak Zata langsung menodong pembicara dengan "penting gak sih attitude bagi seorang blogger ?". Well blogger harus bisa mengiklankan dirinya, itu supaya orang mau bekerjasama dengan blogger, nah cara membranding ini ada yang alami dan ada yang harus kita"create". So ketika kamu mau mengiklankan dirimu tentu lu harus peduli dengan apa pendapat orang lain, lu harus mau mendengar apa kata orang lain tak cukup hanya semau lu ! Ciptakan brand anda dengan cara anda, ketika anda menciptakan brand sebagai blogger travelling tapi isi blog justru hanya riview produk maka jangan salahkan orang akan salah kasih label kepada anda, branding itu akan sukses bila respon orang lain pun sama terhadap image yang anda ciptakan, bila belum maka harus belajar banyak lagi. Attitude adalah hal yang melekat kepada proses branding so jangan coba memisahkannya karena akan ada ketimpangan disana. Pastikan bila kamu hadir di event maka baca undangan dengan seksama, datang tepat waktu, ambil apa yang menjadi hak dan lakukan kewajiban dengan baik.



Dan waktu sudah menunjukkan pukul sembilan, kedua anakku sudah mengajak untuk merebahkan tubuhnya, akupun pamit kepada suami untuk absen di sesi berikutnya. Sampai di rumah joglo kedua anakku langsung tidur, lalu terdengar suara moderator sesi selanjutnya Mbak Yayat dan riuh gemuruh suara blogger menyambutnya, "ahh .. nyonya Vale sedang membawa acara batinku, tapi keriuhan tak berhenti, ini kenapa semakin malam ketawa makin jadi ya ? Keesokan paginya sembari menemani suami yang test kebugaran aku tanya donk ke doi, emang semalam itu bahas apa ? kok pada heboh ya ? Nah ceritalah suami ku tentang keseruan materi terakhir , yang kasih materi nya kocak mi, pokoknya papi jadi ngeh banget deh bagaimana membuat review yang elegan. Namanya mas Anwari Natari, di panggil mas away, nah rupanya kalau menulis itu mami jangan sok pakai bahasa gaul, udah benar pakai bahasa nasional lah mi, jangan buat ambigu pembaca, tanda baca juga harus diperhatikan, mas away mencontohkan suka kan kita pas lagi jajan di tukang soto mi, tiba-tiba yang jual nanya "Ibu mau dibungkus?" saking kita nya anggap remeh pasti kita jawab iya, padahal bahasanya salah yang dibungkus Ibu atau soto nya ? Ohh i see pi, jawabku ke suami dan mendadak aku merasa menyesal melewatkan sesi pamungkas workshop tadi malam, dan berharap semoga ada kesempatan untuk bertemu mas away untuk curi ilmu nya, yah maklum genks aku kalau ngereview rasanya hard selling banget hehehe.



Suami sudah bersiap untuk berkeliling lapangan, aku dan anak-anak menikmati suasana kolam renang yang sepi dan setelahnya kami pun sarapan bareng di pendopo, lalu Mas Yoszh mengajak seluruh blogger untuk memberikan kesannya terhadap penyelenggaraan bloggerday sekaligus mas Ario dari PT. Soman mengucapkan terima kasih atas kedatangan blogger,dan menunggu pengalaman blogger yang hadir dalam menggunakan Soman, iya kami semua di kasih satu botol Soman senilai Rp.210.000, dan wajib mencobanya sebagai bahan untuk lomba blog, jadi besok kalau pada nulis khasiat Soman, kalian harus percaya itu sudah kami coba sendiri loh, dan sepertinya kami harus segera membeli Soman lagi nih, dua botol Soman kami sudah habis dan saat ini setelah pemakaian rutin selama 10 hari memang sudah terasa manfaatnya, khususnya luka kaki Kanda yang kami tetesin Soman eh bisa langsung kering lukanya loh, ah tak sabar menuliskannya !.




Sebelum berpisah, ternyata Bloggerday BCC masih memberikan banyak hadiah bagi blogger, ada blogger yang teraktif, blogger yang paling awal datang, blogger yang datang sama orok hihihi, blogger yang datang terjauh , ah pokoknya keren deh BCC bisa aja buat hepi membernya, yah selayaknya yang ulang tahun semua tamu undangan merasa puas.



Most Wanted Blog Award

Ini kalo jempol tangan ada sepuluh, semuanya buat Mbak Wawa and team deh, gile ini komunitas buat event udah kek ajang-ajang seleb itu, ada award nya. Dan ini efeknya luar biasa loh, bahwa share di grup komunitas itu bukan suatu kesia-siaan, bahwa yang rajin berbagi banyak cerita apalagi membawa manfaat nyata di apresiasi si empunya komunitas, bahwa siapa saja yang rajin merawat blog nya nyata dan share dengan hestek BCC #updateblog tetap dipantau, so kamu harus rajin menulis, menulis apa saja yang penting blognya dirawat hehehe. Bloggerday 2017 memberikan award ini kepada dua blogger yang memang layaka mendapatkannya, Mbak Amanda Ratih dan Ophi, kalau sama mbak Ophi aku sudah beberapa kali bertemu dan mampir ke blognya,memang iyes sih isinya memang organik deh hehe, nah mbak Amandaini langsung donk aku kepoin FB nya dan wow, bukan hanya sekedar blogger tapi yang bersangkutan sudah menerbitkan buku,bak dicambuk untuk maju rasanya diri ini tersemangati untuk terus mengupgrade diri dan harus belajar banyak menghadirkan tulisan organik yang menebar manfaat.



Tulisan ini hanya berusaha merangkum semua kegiatan yang terlaksana, rasanya sampai saat ini semua ilmu pemateri masih melekat sempurna dalam ingatan ku, apalagi tentang ada sandal yang lenyap hihih, sabun yang terpakai dan keseruan lainnya, but overall salut dengan BCC yang bisa menghadirkan event kece buat member seperti saya, siapa lah saya yang layak mendapatkan apresiasi seperti ini, tapi yakin lah ketika komunitas mampu menghargai member sebagai asetnya maka komunitas ini akan awet, thanks BCC see you next event !

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.