Karena Aku Tak Butuh ART

Karena Aku Tak Butuh ART

Bicara tentang Asisten Rumah Tangga (ART) pasti banyak kisah, siapa yang tak bahagia ketika ada orang lain membantu meringankan tugas kita. Aku masih ingat betul sewaktu aku kecil kami banyak sekali ART bisa 3 - 4 orang, ada yang untuk memasak, membantu mamak mencuci setrika, membantu mamak belanja dan membantu menjaga adik bungsuku. Namun mamak selalu mengajarkan kepadaku bahwa ART (dahulu disebut Pembantu) tugasnya adalah membantu bukan mengambil alih semua kewajiban kita, thats why meski punya 4 ART maka mamak masih memberikan tugas kepada aku anak perempuannya, dan thanks to mamak yang sudah mengajarkan banyak hal termasuk urusan ART.



Aku baru merasakan betapa capeknya mencuci pakaian, menyetrika pakaian ketika aku kuliah, sambil menangis aku gosok baju kotorku, bukan menangisi nasib tapi aku jadi teringat betapa dulu aku sesukanya berganti baju tanpa memikirkan si mbak tukang cuci dan sejak jadi anak kuliahan maka aku belajar mengirit menggunakan pakaian, kalau baru dipakai sebentar maka jangan langsung dicuci. Urusan memasakpun aku baru bisa selepas menikah, dulu mamak gak pernah izinkan aku ke dapur, alasannya setiap perempuan itu bisa masak maka tunggu saja waktunya ucap mamak.


Lalu dalam perjalanannya banyak hal yang aku dapatkan, bahwa memiliki ART adalah sebuah pengorbanan perasaan, tak ada orang yang mau rugi maka ART pun begitu, lu harus bisa menjaga ART dengan memanjakannya, mengalah demi ada yang membantu, belum lagi kalo ART nya hobi macem-macem maka lu akan bersabar demi sebuah alasan ada yang meringankan pekerjaan. Pengorbanan lu membuat lu lupa bahwa lu sebenarnya bisa mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga, sehingga tak jarang majikan menderita hanya karena takut tak memiliki ART.

ART di rumah kami rata-rata betah, hanya saja kami berpindah-pindah karena pekerjaan papa, ada beberapa yang sempat ikut bersama kepindahan kami, Mamak selalu memberikan sebuah pendidikan kepada ART kami, misal ada yang diberikan kursus menjahit, ada yang disekolahkan pokoknya banyak cara yang dilakukan mamak supaya ART betah di rumah, terkadang mamak menimbulkan rasa cemburu di hati kami anak-anaknya, ada masanya ART dibelikan sesuatu tapi kami tidak. Pada akhirnya kami bertemu juga dengan seorang ART yang jahat, dia bertugas menjaga si bungsu, menjaga disini adalah mengantar dan menjemput si bungsu ke sekolah, oneday si mbak tukang masak sedang membuat snack bubur kacang ijo, sibungsu merengek meminta ke mbak nya, siang itu aku dengar pekikan adikku, aku berlari menuju dapur dan aku lihat badan adikku penuh tumpahan kacang ijo yang mendidih. Segera aku seret adikku ke kamar mandi aku siram dia, dan mamak langsung memberhentikan ART. Trauma membuat mamak mengurangi jumlah ART sampai akhirnya kami tak memiliki ART seorangpun.

Yang terjadi setelah kami tak memiliki ART adalah kami bahagia, kami semakin sering berkomunikasi dengan mamak, papapun jadi lebih leluasa bila sedang di rumah, papa bebas mengenakan singlet dikala malas menggunakan baju kaos, papa leluasa menggunakan sarung di pagi hari, aku jadi hobi membersihkan lemari keramik mamak, mamakpun semakin bervariasi dalam menyajikan masakan. Ehmm kenapa baru sekarang aku merasakan kebahagiaan ini ? Diusiaku yang sudah 19 tahun aku membuat kesimpulan "bisa jadi ART meringanku tugasmu, akan tetapi keberadaan ART membuat batas kebahagiaanmu". Dan sampai sekarang di rumah mamak tak ada ART, pekerjaan rumah tangga mereka lakukan berdua, mamak mencuci pakaian, papa menyetrika, mamak memasak papa membantu membereskan meja makan, kerja sama itu justru menimbulkan rasa sayang terhadap pasangan.

Akupun menikah dan memilih tidak akan menggunakan ART, bukan karena sok idealis karena memang aku sudah kenyang dengan segala jenis ART, mereka hanya bertahan bila kita memperlakukan mereka seperti inginnya, dan aku tak mau seperti mamak yang harus memberitahu kami begini begitu hanya supaya ART betah di rumah, aku tak mau seperti mamak yang melarang papa menggunakan ini itu hanya karena ada ART di rumah dan aku tak mau ambil resiko ada ART menyakiti anak-anakku kelak, akupun tak mau bete seperti mamak melihat ART tak bekerja sesuai ekspektasinya, bahkan aku tak mau memarahi orang lain karena hanya tak seperti isi kepalaku. Toh pada akhirnya aku melihat kebahagiaan di keluarga kami dulu sangat terasa ketika tak ada ART , karena itu aku tak butuh ART !

Saat ini sudah banyak jasa yang hadir untuk memudahkan urusan rumah tangga, misal malas beberes bisa panggil jasa cleaning service online, bahkan sampai urusan mencucikan piringpun ada, kalau malas setrika jangan lupa ada jasa setrika tok, malas masak juga ada jasa titip beli makanan online, ah rasanya memang tak butuh ART kok, jangan sampai lupa potensi diri mu. Aku tetap butuh bantuan orang lain, ya untuk urusan menjaga anak aku memilih daycare, anak-anak berada didaycare selama kami bekerja , urusannya lebih profesional karena berurusan dengan lembaga bukan individu, selama anak-anak didaycare maka per 2 jam aku melakukan kontak, menanyakan kabar anak-anak, melakukan video call dan itu tak jadi masalah karena kami menggunakan XL so no budget khusus untuk urusan kuota karena XL banyak gratisnya.

Maksimalkan kemampuan diri, ajak suami bahkan anak-anak untuk mengurus rumah, percaya deh tanpa ART hidup akan lebih indah ! 


44 Komentar

  1. Hehe Amel dari jaman lahiran anak pertama sampai saat ini ga pake ART soale ga kuat bayar hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mel, itupun salah satunya, tp bersyukurlah jd lbh tenang loh sebenarnya

      Hapus
  2. Memang kalau kompak bagi-bagi tugas ga perlu ART, karena kebanyakan ngeselin.

    BalasHapus
  3. Kalo aku butuh buat beberes sm nyetrila aja mba. Ke laundry suka gak keburu buat seragam sekolah anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bs diakali tuh mbk, yg bj seragam gosok sdri, aku bj srgam papi setrika sdr klo lg mls yg lain msk laundry

      Hapus
  4. Emang kebutuhan tiap ibu beda ya mbk. Aku termasuk yg gk bisa kalau ada org asing (ART) seliweran di rmh. Dulu pernah pakai jasa ART tapi yg khusus cuci seterika aja, skrng sih gk, malah gk pernah seterika. Sbnrnya tanpa ART pun kita jg bisa survive kok. Yg penting semangat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, kdg byk yg ga pede ya hehe

      Hapus
  5. Kebalikan aku butuh ART, udah ngerasa kecapekan sendiri, beberes rumah sendirian, lagi LDM nih. Keren tak butuh ART.

    BalasHapus
  6. Aku pun gak ada ART, PR dikerjain berdua bareng suamiku, jadi gak capek, aku bantuin cari uang buat kekuarga, suamiku bantuin pekerjaan rumah, jadi kita team work 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk saling menghargai, dan klo suami ikut bantu2 kitanya jg jd respek kan ya hehe

      Hapus
  7. Ga butuh ART tapi tetep butuh AIC alias Asisten Internet Cepat ya Kak ;-)

    BalasHapus
  8. Suka salut ama ibu2 yg bisa tanpa art :). Jujurnya aku blm bisa mba. Krn itu sampe akr masih memakai jasa art dan babysitter utk anak2ku.. Alhamdulillah sih, 2-2 nya ini walopun aku ksh benefit lumayan, tp mereka ga ngelunjak dan ttp tau apa tugas2nya. Krn itu aku bersyukur bisa dapaT mereka berdua. Apalagi anak2 juga sayang banget.. Mereka ini udah aku anggab anggota kekuargaku sendiri :) ..

    Itu art yg nyiram adekmu pake bubur kacang ijo panas, kalo aku laporin polisi itu. Jahat banget :( ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya zaman itu belum musim laporpolisi, sejak itu aku trauma hiiks

      Hapus
  9. Aku juga tanpa ART dari awal nikah sampai punya 2 anak. Kadang capek sekali rasanya. Tapi baca tulisan Mba' Uli jadi mikir2 mau nyari ART. Thanks for sharing. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga kadang ada rasa lelah, jd kalo pas lelah cuekin aja urusan rumah tangga, dan ingat lagi anak2 ini bentar lagi gede, bentar lagi aku banyak waktu hehehe

      Hapus
  10. Alhamdulillah sekarang banyak kemudahan ya Mbak. Saya masih butuh ART untuk jaga anak-anak kalau pas lagi ada kerjaan keluar rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah anak2 di daycare mbak hehe

      Hapus
  11. mbak uli kereeeenn..msh bisa ngeblog lagi suka bingung giman tuh atur waktunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah urusan ngeblog aku sebagian bsr ngerjainnya pas diomprengan perjalanan PP dr rumah-kantor 4 jam hehe

      Hapus
  12. Dulu waktu aku masih kecil apa2 selalu minta sama ART karena ibuku malesnya minta ampun dan apa2 selalu nyuruh ART. Dan aku maupun adekku jadi beban dan tertekan. Aku dan adekku selalu diurus sama ART pas kecil bahkan sampe SMP. Aku mulai bisa ngomong pas aku usia 6 tahun karena berkat ART. Walaupun mengerjakan tanpa ART ibuku semakin teledor dan keteteran. Ibuku selalu nyuruh aku dan adekku beresin rumah. Sementara papa tiri aku selalu ngurus masjid. Nggak pernah ngurus air dan rumah. Kadang2 aku nggak sempet dan nggak ada waktu buat beresin rumah. Plingan cuma cuci piring sama beresin kamar aja masih dibilang nggak beresin. Aku merasa sangat marah bahkan teriak ditengah jalan sampe diliatin orang. Aku beruntung banget punya ART yang baik hati, sabar, dan taat ibadah. Meskipun nggak ada ART di rumah ortu ku. Aku selalu berkomunikasi dengannya.

    nurazizahkim.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak semoga selalu bahagia ya aamiin

      Hapus
  13. Wah denger cerita anak kcil disiram bubur kacang ijo yg lagi mendidih. Kok bawaanya saya pengen nyiram balim si mba itu ya hihihi

    BalasHapus
  14. Dulu aku pakai art yang beberes rumah 2jam pulang, Alhamdulillah enak, gesit dan lama juga ikut aku. Malah yang sampai sore dan niatnya bantu jaga anak eh bikin pening kepala akhirnya qpecat, balik lagi ke art 2jam tadi. Tapi saat LDM dan nyambi sekolah lagi, mau ga mau pakai art alias pengasuh, pernah juga sih daycare tapi tepar karena malam juga ga ada suami kan, sementara kadang ada tugas harus presentasi di kampus dll. Kalau kendala dan kesel karena art bertingkah ini itu sih pasti ada, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sesuaikan dengan kondisi, aku juga belum tahu kedepannya hihi

      Hapus
  15. Aku juga gak pake art. Memang kalau udah keenakan pake art, begitu art nya gak balik, badan syok kecapean karena gak biasa kerja.

    BalasHapus
  16. Aku juga sebenernya gak perlu ART , semua bisa dikerjakan sendiri.
    Tapi kalau aku lagi keluar kota akan jadi repot tanpa ART
    Kalau pas di rumah, waktu yang buat nyuci nyetrika dan beres-beres rumah kalau buat nulis bisa dapet puluhan halaman ... hehhehhe

    BalasHapus
  17. aku bekerja dan gak apkai ART, pakai ART saat anakku masih kecil2, setelah SD aku PHKkan ARTku. aku jg sdh kenyang dg siaft ARTku yang bikin nyesek tp krn butuh aku sabarin dulu dan aku mulai mendidik aankku mandiri agar suatu saat ketika aku memberhentikan pembantuku, anak2 sdh siap dan memang happy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kitanya mesti ngalah dan gak jarang ngelus dada hehe

      Hapus
  18. Makasih sharenya mbk ulii, jd pertimbangan aku mau pakai jasa art atau nggak, :)

    BalasHapus
  19. Aku pakai ART, mba. Sempat nggak pakai ART saat anak belum sekolah. Tapi kalau anak sekolah, mau tak mau ya harus pakai ART untuk menungu di rumah saat TK, mba :)

    BalasHapus
  20. Aku masih pakai ART nih. Aku dan suami sama-sama bekerja, sementara anak kalau pulang sekolah (anak masih TK), nggak ada yang menemani. Tapi sebelum berangkat kerja atau saat weekend, pekerjaan rumah tangga yang bisa kulakukan, ya tetap kulakukan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak disesuaikan saja, aku karena anak2 di daycare sih jd mmg blm perlu ART

      Hapus
  21. aku pun enggak ada ART sejak nikah sampe skrg, seringnya gotong royong sama suami untuk bebenah,nyuci dan setrika... eh kadang setrika ama nyuci taro di laundry kiloan deng hahahha kecuali daleman atau bahan2 baju yang ringkih, biasanya nyuci sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kok, yg penting berusaha aja yes hehe

      Hapus
  22. Aku gak tau si bakal gimana, tapi liat ibu bapakku mampu tanpa ART, kayaknya aku juga bakal gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya harus lebih setrong donk ya hehe

      Hapus

Komen ya biar aku tahu kamu mampir