PAPUA Pemenang FWD Hackathon 2017 - Ulihape.com

PAPUA Pemenang FWD Hackathon 2017


FWD Hackathon ? Bingung ? Aku kasih tahu deh, jadi sejak bulan Agustus kemarin tuh ada ajang FWD Hackahton 2017 dimana ini merupakan terobosan pertama yang dilakukan PT FWD Life Indonesia. Udah paham donk ya kalau FWD Life merupakan perusahaan pionir asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia. FWD Life Indonesia mengadakan event ini untuk mengajak generasi muda menciptakan inovasi terbaik nya dalam menciptakan ekosistem digital sekaligus membangun era asuransi jiwa digital.

Selama bulan Agustus -September FWD Life yang bekerjasama dengan Founder Institute mengadakan road show ke kampus-kampus wilayah Jakarta, Bandung dan Surabaya untuk memperkenalkan event FWD Hackathon 2017. Rasanya sih aku baru kali ini tahu event begini, dimana untuk pertama kalinya industri asuransi mengajak generasi muda untuk berpikir dan mengeksplorasi kreatifitas nya dalam menciptakan aplikasi yang fokus pada kemudahan berasuransi. Seperti kita ketahui masih banyak masyarakat Indonesia yang tak mau berasuransi, selain masalah akidah sebenarnya persoalan mendasar seperti susahnya mencari agen terpercaya, susahnya klaim atau susah mau mencari Rumah Sakit rekanan  merupakan persoalan yang harus segera diatasi oleh perusahaan asuransi di Indonesia. Saat ini sudah serba digital, sebaiknya perusahaan asuransi menggunakan momen ini untuk menghadirkan sebuah aplikasi yang user friendly sehingga semua orang bisa melek asuransi. Thats why FWD Life mencari anak muda lewat event ini untuk menghadirkan berbagai inovasi digital teknologi untuk mendukung transformasi bisnis asuransi dari aspek underwriting, manajemen risiko sampai klaim sehingga memungkinkan untuk menciptakan pengalaman berasuransi yang lebih mudah, cepat dan nyaman.


PUNCAK ACARA FWD HACKATHON 2017

Aku adalah saksi dari event bergengsi ini, so selama 3 hari kemarin (22-24 September 2017) FWD Life Indonesia bersama Founder Institute mengumpulkan peserta FWD Hackathon dengan ide digital yang OK, ada 40 ide aplikasi yang menarik, kemudian dalam waktu 90 menit para peserta menjelaskan dihadapan juri sehingga tersisa 15 ide aplikasi asuransi dengan 108 peserta. Dan setiap tim minimal 5 peserta dan karena ada yang tidak memenuhi kriteria akhirnya terjadilah penggabungan tim dan menyisakan 12 ide inovasi aplikasi digital asuransi.



Puncak acara yang dinanti pun tiba yaitu 24 September berlokasi di Wisma Barito Pacific Jakarta ke dua belas tim memasuki babak final, ada lima dewan juri dan setiap team memiliki waktu 5 menit (3 menit presentasi dan 2 menit sesi Q&A) untuk meyakinkan juri bahwa aplikasi mereka adalah one solution untuk bisnis asuransi. Sebagai orang yang ikut menyaksikan aku merasa kagum, gilaaa ! Anak-anak muda ini semuanya putra putri Indonesia, mereka memiliki ide brilliant, mereka semua membuat aplikasi hanya dalam 3 hari! Wow! Saat presentasi aku memang sudah jatuh hati pada Tim PAPUA (PAten PUnya Aplikasi) karena idenya benar-benar menggunakan teknologi bukan semi konvensional, mereka menyebut aplikasinya FWD GO, berbasis AR (Augmented Reality) dengan aplikasi ini maka semua orang akan di mudah kan untuk bertemu dengan agen terdekat dan lokasi rumah sakit rekanan terdekat. Aplikasi ini sederhana namun merupakan solusi dasar dari problem orang yang memiliki asuransi. Sebagai agen asuransi memang sering banget dihubungi nasabah hanya untuk menanyakan dia bisa dirawat dimana, sementara sebagai agen aku juga enggak hapal dengan daftar RS rekanan makanya pas melihat tim papua presentasi dalam hati 'nah ini dia'. Lalu tim LIFE juga mempunyai aplikasi game dengan tema asuransi, dimana anak diajak untuk memahami resiko, untuk menabung sehingga dengan sendirinya mereka memahami bagaimana menjadi seorang Financial Planner, padahal ini game tapi keren deh !. Lalu Team EVA (Electronic Virtual Assistant) hadir menawarkan agent virtual, dimana setiap user langsung bisa mengcreate chatbots dengan mudah sehingga dia bisa memiliki agen pribadi yang bisa menjawab semua kebingungan nasabah. Hebatnya Tim EVA ternyata bukan pemula mereka adalah pebisnis muda yang sudah menjual aplikasinya ke perusahaan swasta maupun instansi pemerintah. Dan dari sekian banyak ide aku kurang sreg dengan Tim NFC Cash karena mereka hanya menawarkan sistem pembayaran premi lewat aplikasi NFC, sementara cara pembayaran premi sepertinya bukan masalah bagi nasabah, karena perusahaan asuransi sudah punya banyak cara yang sangat mudah dipilih nasabah. Lalu tim dengan nama terunik pun ada loh yaitu WAKWAW hehe jadi terdengar tahu bulat lima ratusan wakwaw hehe


Setelah dewan juri berdiskusi cukup alot akhirnya pukul 16.00 wib hal yang dinanti semua peserta pun tiba, kami masuk ke ruangan dimana semua tim bekerja, dan rasanya kata hatiku sejalan dengan para dewan Juri, benar saja Tim LIFE dan EVA keluar sebagai juara harapan pada ajang FWD HACKATHON 2017 dengan hadiah uang tunai 10 juta dan pemenang utama dengan hadiah uang tunai 100 juta plus pelatihan bisnis di Founder Institute hingga ke Sillicon valley diberikan kepada tim PAPUA!. Congratz anak muda dan teruslah berkarya!


Rudi Kamdani selaku Vice President FWD Life Indonesia berharap semua ide para finalis bisa dikembangkan untuk memudahkan dunia asuransi digital, karenanya para pemenang akan terus diberikan pelatihan sehingga aplikasinya akan menjadi nyata membantu era digitalisasi perasuransian di Indonesia umumnya dan khususnya bagi FWD Life. Bapak Andy Zain selaku Director of Founder Institut Jakarta juga menyambut baik ajang FWD HACKATHON dari ajang ini beliau bisa mengetahui bahwa banyak anak muda yang memiliki inovasi teknologi tinggi yang bisa menjadi solusi bagi dunia asuransi digital.

Dan ini adalah ke dua belas tim yang idenya masuk ajang final FWD HACKATHON :
  1. Tiny Giant, aplikasi untuk penyimpanan data
  2. AmforA, aplikasi curhat nih jadi bisa curhat tentang persoalan yang anda dapatkan dalam berasuransi.
  3. Karin, aplikasi pengetahuan tentang dasar berasuransi
  4. Bima Sakti
  5. Steelearn
  6. Instandard
  7. Life90
  8. Wakwaw
  9. NFC cash
  10. EVA
  11. Life
  12. PAPUA

PAPUA FWD GO LAYAK MENANG


So menurutku memang tim papua ini layak menang karena aplikasi mereka menggunakan inovasi teknologi yang update dan merupakan one solution bagi dunia asuransi, nah apa sih aplikasinya ? cekidot genks !


FWD Go adalah aplikasi yang ditawarkan tim PAPUA untuk FWD. FWD Go adalah platform augmented reality (seperti pokemon go) untuk berburu benefit berupa diskon promo bagi nasabah dan menjaring calon nasabah baru. Untuk mengetahui benefit terseutb, kita mesti googling, mesti bolak balik ketik data, habis donk kuota ya, makanya FWD Go hadir untuk mendapatkan benefit yg ditawarkan FWD Insurance,  semudah mengambil foto. 

Caranya ketika kita di mall, coba arahkan kamera misalnya ke tenan exc##so (tempat ngopi) celebrity fitne$$ dengan aplikasi ini maka akan muncul semua info promo yang didapat si nasabah FWD Life. Kalau anda sudah jadi nasabah maka tinggal klik menu reedem dan kalau belum jadi nasabah kudu klik tombol buy artinya meski kamu belum jadi nasabah tetap bisa menikmati promo setelah kamu membeli produk asuransi nya, cocok kan aplikasinya buat agen jualan nih hehe. Keunggulan aplikasi FWD Go lainnya adalah Cover Me memberikan informasi Rumah Sakit rekanan FWD TERDEKAT. Bukan sekedar info alamat rumah sakitnya loh, melainkan jumlah bedkosong juga langsung disediakan genks dan bisa langsung di booking. Fitur ketiga adalah extreme sport yakni asuransi khusus untuk kelompok pecinta extreme sport.

Saran : semoga acara seperti ini terus diadakan dan untuk pemenang mungkin bisa ditambah donk, karena ini semua anak muda dengan inovasi keren. Pemenang mungkin bisa jadi 3 kategori, lalu ada kategori tim terkompak, nama tim paling konyol, tim dengan aplikasi terjelek, atau tim favorit hal ini supaya semua peserta pulang dengan membawa label masing-masing, dan seru juga kan kalo semuanya dapat hadiah hehe.

Sampai jumpa dalam event FWD Life lainnya !


  


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.