20171020

Perlukah Blogger Menjadi Anggota Sebuah Komunitas ?

Cerita hari ini di omprengan, aku hampir terlelap tapi dua orang disebelah ku malah ceritanya seru banget tentang komunitas yang keduanya menjadi anggota di dalamnya. Entah siapa namanya yang pasti keduanya adalah perempuan, kita sebut saja namanya Mawar dan Sereh. Inti cerita mereka apa ? karena aku ngantuk jadi enggak tahu juga hehe. 

So mari kita buat tulisan tentang perlu enggak sih blogger itu jadi member di sebuah komunitas ? Menurutku PERLU !. Memasuki dua tahun ini aku memang aktif di beberapa komunitas blogger. Yup, memang baru dua tahun saja meski aku sudah meninggalkan jejek menulis digital sejak tahun 2006 dan selama belum menjadi member di sebuah komunitas maka isi tulisanku murni tentang rasa, dan sebagian curhat entah sebagai jomblo, sebagai anak, sebagai karyawan dan sebagai diri sendiri.

Community : Pixabay.com

Pertemuan dengan teman-teman blogger lainnya membuka mata ku, ternyata begitu banyak komunitas yang menaungi blogger dan akupun akhirnya join menjadi member. Rata-rata komunitas blogger ini bersifat tertutup so kalian harus minta join dulu baru bisa menjadi member nya. Dari satu komunitas akhirnya bisa mengetahui keberadaan komunitas blogger lainnya. Dan saat ini aku hanya aktif di tujuh komunitas blogger dan dari tujuh ini yang paling aktif aku hanya di 4 komunitas.

Keuntungan Menjadi Member Sebuah Komunitas



  • Lebih banyak mendapat informasi event blogger baik online maupun offline
  • Menambah teman blogger paling enggak bisa mempengaruhi jumlah follower akun sosial media kita ❤
  • Aku bisa mendapat banyak ilmu dari kegiatan sharing yang dilakukan komunitas
  • Mendapat kesempatan untuk menambah income
  • Syukur-syukur bisa jadi femes kaka hehe
kalau ada untung tentu ada rugi ? Mungkin bukan rugi sih ya, hanya saja sisi buruknya lah. Menjadi member di komunitas bagi diriku sendiri kekurangannya cenderung membuat aku tampak seperti harus mendewakan founder nya. Terkadang enggak mau komen di statusnya namun hatiku lalu berbisik "eh komen deh, dia kan bos komunitas ini, kali-kali komen lu bisa berbuah job". Aish...kalau udah ada rasa begini akhirnya aku menarik diri untuk aktif di komunitas itu. Karena aku takut, takut akan ada persepsi di kepalaku bahwa rezeqi ini dari komunitas itu gue harus baek-baek, sementara disisi lain gue enggak memperbaiki apapun untuk sang pencipta. 

Persoalan lain dari menjadi member komunitas adalah Baper, udah ikutan daftar job dengan sekian persyaratan eh tahu-tahu nya enggak kepilih, langsung deh su'udzon, huhu karena aku enggak dekat sama dia nih ! Lalu masalah hak blogger, jelas komunitas yang sudah tentukan kalau yang rate nya bagus ya said alhamdulillah kalau rate nya yang sadis akupun mingkem aja disana sekedar share tulisan (maybe) ? Ketika kita mendpat job dari komunitas maka kita enggak ada nilai tawarnya, mau ambil, enggak mau diam aja.

Baca juga : Dunia Blooging 

Gitu dulu ya, ini jalanan udah lancar dan siap-siap naik ojek, next post aku mau bahas komunitas yang OK di mata ku. Emang penting li ? Penting enggak penting ya nulis aja hehe.


14 comments:

  1. Penting karena komunitas ibarat infrastruktur yg akan menunjang aktivitas (dalem hihi).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi saat ini banyak job yang dilempar kekomunitas ya, kalo belum femes ga bisa dapat job kalo bukan dari komunitas hehe

      Delete
  2. penting juga untuk bisa gabung ke komunitas
    sebelum di kenal dapet job dari sana sedikit menguntungkan kita juga sebagai member

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang menguntungkan dan beruntung ada yang mau buat komunitas ya

      Delete
  3. Mbk uli bissak aja mah 😊
    Tp alhmdulillah lbih bnyk dpet manfaatnya ya mbk. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah banyakan manfaat nya

      Delete
  4. perlu banget, dan kerasa banget persahabatannya yang saling mendukung dan menguatkan....

    ReplyDelete
  5. Penting sih, tapi saya belum ada keinginan untuk gabung komunitas mana pun. Kadang kita harus menurunkan ego dan idealisme agar sevisi dengan komunita itu. Saya belum bisa untuk melakukan itu (mengingat dulu sering ikut komunitas/organisasi meski bukan blogger). Lagian saya belum siap untuk ikut aktif (semisal gathering apalagi rutin) sebagaimana yang banyak komunitas selenggarakan.

    Beberapa waktu lalu saya kumpul dengan orang-orang yang antar komunitas. Pas ditanya dari komunitas apa, malah bingung jawabnya. Kaya penyusup aja nih, hehe

    ReplyDelete
  6. Iya ya, mba. Rejeki kan ga bergantung pada foundernya... hihihiii... ngakak deh baca part ini.

    Seneng sih ikut komunitas, kalau aku cari yg sesuai sama diri ini

    ReplyDelete
  7. Tambah lagi aku ga bisa coment manis, kecuali kalau memang pas ada yg mau dikomentari.

    ReplyDelete
  8. Menurutku juga penting nih ikutan komunitas. Biar lebih update aja sama info terbaru, semisal blogpost terbaru teman-teman, dan pastinya info job. Hahhaa
    Dan semuanya pada akhirnya kita kembalikan pada hati nurani. Ya gak mba..

    ReplyDelete
  9. Iya perlu ikut komunitas, krn berbagai info pasti bersumber dari sana. Tapi kalo menganggap deket sama founder trs jadi kebanjiran job? Hmm kayanya gak juga :D

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita