Perlukah Blogger Menjadi Anggota Sebuah Komunitas ? - Ulihape.com

Perlukah Blogger Menjadi Anggota Sebuah Komunitas ?

Cerita hari ini di omprengan, aku hampir terlelap tapi dua orang disebelah ku malah ceritanya seru banget tentang komunitas yang keduanya menjadi anggota di dalamnya. Entah siapa namanya yang pasti keduanya adalah perempuan, kita sebut saja namanya Mawar dan Sereh. Inti cerita mereka apa ? karena aku ngantuk jadi enggak tahu juga hehe. 

So mari kita buat tulisan tentang perlu enggak sih blogger itu jadi member di sebuah komunitas ? Menurutku PERLU !. Memasuki dua tahun ini aku memang aktif di beberapa komunitas blogger. Yup, memang baru dua tahun saja meski aku sudah meninggalkan jejek menulis digital sejak tahun 2006 dan selama belum menjadi member di sebuah komunitas maka isi tulisanku murni tentang rasa, dan sebagian curhat entah sebagai jomblo, sebagai anak, sebagai karyawan dan sebagai diri sendiri.

Community : Pixabay.com

Pertemuan dengan teman-teman blogger lainnya membuka mata ku, ternyata begitu banyak komunitas yang menaungi blogger dan akupun akhirnya join menjadi member. Rata-rata komunitas blogger ini bersifat tertutup so kalian harus minta join dulu baru bisa menjadi member nya. Dari satu komunitas akhirnya bisa mengetahui keberadaan komunitas blogger lainnya. Dan saat ini aku hanya aktif di tujuh komunitas blogger dan dari tujuh ini yang paling aktif aku hanya di 4 komunitas.

Keuntungan Menjadi Member Sebuah Komunitas



  • Lebih banyak mendapat informasi event blogger baik online maupun offline
  • Menambah teman blogger paling enggak bisa mempengaruhi jumlah follower akun sosial media kita ❤
  • Aku bisa mendapat banyak ilmu dari kegiatan sharing yang dilakukan komunitas
  • Mendapat kesempatan untuk menambah income
  • Syukur-syukur bisa jadi femes kaka hehe
kalau ada untung tentu ada rugi ? Mungkin bukan rugi sih ya, hanya saja sisi buruknya lah. Menjadi member di komunitas bagi diriku sendiri kekurangannya cenderung membuat aku tampak seperti harus mendewakan founder nya. Terkadang enggak mau komen di statusnya namun hatiku lalu berbisik "eh komen deh, dia kan bos komunitas ini, kali-kali komen lu bisa berbuah job". Aish...kalau udah ada rasa begini akhirnya aku menarik diri untuk aktif di komunitas itu. Karena aku takut, takut akan ada persepsi di kepalaku bahwa rezeqi ini dari komunitas itu gue harus baek-baek, sementara disisi lain gue enggak memperbaiki apapun untuk sang pencipta. 

Persoalan lain dari menjadi member komunitas adalah Baper, udah ikutan daftar job dengan sekian persyaratan eh tahu-tahu nya enggak kepilih, langsung deh su'udzon, huhu karena aku enggak dekat sama dia nih ! Lalu masalah hak blogger, jelas komunitas yang sudah tentukan kalau yang rate nya bagus ya said alhamdulillah kalau rate nya yang sadis akupun mingkem aja disana sekedar share tulisan (maybe) ? Ketika kita mendpat job dari komunitas maka kita enggak ada nilai tawarnya, mau ambil, enggak mau diam aja.

Baca juga : Dunia Blooging 

Gitu dulu ya, ini jalanan udah lancar dan siap-siap naik ojek, next post aku mau bahas komunitas yang OK di mata ku. Emang penting li ? Penting enggak penting ya nulis aja hehe.


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.