20180228

Sarapan Itu Semudah Energen

Membahas sarapan seperti tak berkesudahan, bahkan pemerintah pun ikut andil untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya sarapan hal ini dapat dilihat pada Pedoman Gizi Seimbang sarapan adalah salah satu bagiannya.



Ibu Kuat Awali Hari dengan Energen

Aku adalah seorang istri, ibu sekaligus wanita pekerja. Banyak orang takjub melihat padatnya kegiatanku. Mengurus seluruh kebutuhan rumah tangga tanpa bantuan asisten, tiba di kantor masih harus berkutat dengan segudang kewajiban, belum lagi aku meluangkan sedikit waktu untuk menulis sebagai hobi ku, semua orang bertanya apa sih rahasianya ? Energen ! Iya itu jawabannya, semua teman tahu aku memulai hari ku sejak jam 3 pagi, memasak bekal keluarga, mencuci dan menjemur baju, mempersiapkam suami dan anak-anak untuk beraktivitas adalah tugasku. Begitu aku bangun di jam 3 pagi aku akan membasuh muka terkadang sholat dua rakaat untuk menyapa pencipta, setelahnya aku ke dapur menyeduh Energen lalu menghangatkan perut dengan berbagai pilihan rasa Energen, mood pun segera hadir untuk memulai rutinitas pagi.


Kenapa Harus Sarapan ?


Sarapan itu penting karena merupakan bahan bakar yang kita butuhkan untuk memulai kegiatan kita. Di pagi hari setelah beristirahat selama delapan jam mungkin kita merasa masih baik-baik saja, padahal fakta nya selam delapan jam beristirahat tubuh kita pun mengeluarkan energi, karena itulah mengapa kita harus sarapan di pagi hari untuk mengisi tubuh dengan energi baru. Bila tidak ? Maka energi yang ada akan terus terkuras dan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. 

Apasih Sarapan Itu ?8

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Sarapan memiliki arti " makan di pagi hari". Di setiap negara mempunyai ciri khas menu sarapan, katakan di Amerika mereka terbiasa dengan menyantap telur, roti dan daging, sedangkan di negara lainnya sarapan itu hanya minuman dan roti sebagai temannya. Artinya semua memahami betapa sarapan itu penting di lakukan.

Bagaimana di Indonesia ? Mengejutkan! Berdasarkan riset ternyata orang dewasa dan anak-anak banyak yang melewatkan kegiatan makan di pagi hari ini. Alasannya bermacam-macam mulai dari enggak punya waktu, ribet, khawatir akan BAB, takut kekenyangan sehingga mengantuk atau bahkan karena enggak tahu mau sarapan apa ?

Aku pribadi sangat terbiasa dengan sarapan, sejak aku kecil kami harus sarapan dulu sebelum berangkat sekolah dan ketika hari libur kami pun tetap sarapan sebelum melakukan aktivitas lainnya. Berdasarkan pengalaman ku tersebut nyatanya alasan malas sarapan diatas tidak pernah kami alami. Bisa karena terbiasa, dan aku sangat yakin alasan terbesar orang malas sarapan hanya ada dua yaitu Tidak ada waktu dan selalu merasa repot untuk menyiapkan sarapan..


Manfaat Sarapan

Untuk mendapatkan manfaat sarapan maka pastikan jam sarapan anda berjalan dengan baik, biasa kan lah untuk sarapan sebelum jam 9 pagi. Sejak kecil hingga saat ini aku merasakan banyak manfaat sarapan diantaranya adalah :

  • Meningkatkan Konsentrasi/Kemampuan Otak, percayalah dengan menu sarapan yang tak berlebihan maka kita konsentrasi kita akan semakin baik. Khususnya anak-anak mereka akan bersemangat, tidak lesu sehingga dipastikan mereka akan mudah untuk menyerap ilmu yang disampaikan oleh Ibu/Bapak guru.
  • Menjaga Tubuh Tetap Sehat, sebelum berangkat kerja aku selalu sarapan di rumah, hal ini tentu membuat aku tak butuh jajanan di pagi hari. Begitu pula dengan anak-anak kalau mereka kenyang maka mereka akan malas jajan di sekolahan yang tidak terjamin kebersihan nya. Sarapan akan membantu tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.
  • Menghindari Makan Berlebihan, bila sudah sarapan maka perut akan terasa kosong ketika menjelang makan siang. Sebaliknya bila tak sarapan maka ketika jam santap siang tiba kalian akan makan sepuas nya, bisa 2x lipat dan ini tentunya tidak baik karena sudah berlebihan. Dengan sarapan kalian sudah mencicil asupan energi ke dalam tubuh sejak mengawali hari.

Fakta Tentang Sarapan

Kalian harus tahu betapa fakta mengenai sarapan ini akan mengubah pandangan mu tentang sarapan.
  • Dari sebuah riset ternyata 1 dari 8 anak tidak suka sarapan, +/- 12% remaja tidak sarapan dan orang dewasa bahkan lebih banyak yang mengabaikan sarapan ini
  • Dari hasil penelitian sudah membuktikan bahwa anak-anak yang tidak sarapan cenderung memiliki zat besi, kalsium dan vitamin yang lebih rendah karenanya mereka susah untuk konsentrasi
  • Orang yang tidak sarapan lebih cenderung gemuk, awalnya saya pun bingung namun hal ini benar adanya, semakin kita tidak sarapan maka porsi makan akan lebih banyak di siang hari dan hal ini membuat lemak menumpuk dan metabolisme tubuh melambat
  • Sebuah studi Diabetes juga sudah memaparkan hasil riset mereka bahwa orang yang sarapan memiliki 32% lebih kecil kemungkinan untuk terkena diabetes, hal ini dikarenakan orang yang tidak sarapan akan resisten terhadap insulin.
Ayo ? dengan fakta demikian apakah kalian masih malas sarapan ? Saya yakin akan berat memulainya, tetapi kalau kalian mau mencoba saya yakin dua minggu kedepan kalian akan terbiasa dan merasakan manfaat baik sarapan untuk tubuh kalian.


Energen Solusi Mudah Sarapan Sehat


Beberapa waktu lalu Energen ikut andil dalam Pekan Sarapan Nasional, Energen ingin mengajak masyarakat untuk memulai sarapan pagi, kalau merasa ribet, enggak punya waktu maka Energen hadir sejak lama untuk menjadi pilihan sarapan sehat dan praktis di pagi hari. Dalam campaign ini Energen mengajak masyarakat untuk sarapan sebelum jam 9 pagi. Bukan waktu yang mutlak karena jam sarapan itu dimulai jam 6 pagi sampai jam 10 pagi, namun pastinya aktivitas kita sudah dimulai sebelum jam 9 kan ? Seperti saya malah butuh Energen sehabis bangun tidur, anak-anak tentu sarapan sebelum jam masuk sekolah, begitu pula dengan pegawai kantoran yang sudah masuk kantor jam delapan pagi.

Energen hadir untuk memudahkan sarapan kita, kandungan gizi nya pun sempurna melengkapi kebutuhan energi harian kita. Energen mengandung susu, telur, sereal dan sigmavit, sehingga memenuhi standard sarapan sehat yaitu rendah lemak, tinggi protein dengan kandungan telur dan susu serta mengandung serat lewat sereal nya.

3 Alasan Sarapan dengan Energen


  1. Kandungan gizi seimbang, gizinya memenuhi standard sarapan sehat khususnya sigmavit nya 
  2. Penyajiannya mudah, alasan orang malas sarapan adalah ribet nah Energen hadir menjadi pilihan sarapan yang mudah dalam penyajian cukup seduh dalam gelas saja.
  3. Hadir dengan banyak pilihan rasa, alasan lain orang malas sarapan adalah bosan dengan rasa, Energen saat ini punya 5 varian jadi dijamin kalian enggak akan bosan. Di rumah aku sedia semua rasa dan paling suka dengan Energen rasa Jagung.


Cara Asyik Konsumsi Energen


Di rumah kami selain untuk sarapan maka Energen juga kami jadikan snack sehat. Anak-anak stay di daycare dan mereka biasanya aku bekali berbagai snack dan salah satunya adalah puding susu Energen Kacang Ijo. Biasanya akan jadi rebutan karena bentuknya lucu dan rasanya bikin nagih. Selain puding kami juga menjadikan Energen sebagai toping untuk martabak mini, rasanya enak !

Berikut Resep Puding Susu Energen Kacang Ijo



Bahan :

- Energen Kacang Ijo 1 bungkus
- Puding instant 1 bungkus
- pandan 1 lembar
- Air 500 ml

Cara Membuat :

- Larutkan puding instant dengan 500 ml air, masukkan Energen dan masak dengan api sedang hingga mendidih dan selanjutnya puding siap di cetak.

Martabak Mini Toping Energen Coklat



Bahan :

- Adonan Martabak
- 1 Sachet Energen Coklat
- Margarin

Cara membuat nya :

Cetak marbak mini, tunggu sampai matang dan mengembang , angkat dan olesi margarin dan lalu tuang energen coklat di atasnya, asli ini enak banget karena crunchy gitu, anak-anak doyan banget.


Nah, itu dia cerita ku bersama Energen, jangan lupa untuk selalu menyiapkan sarapan sehat bagi keluarga ya mom's




15 comments:

  1. Aku doyan banget energen rasa vanilla mbak. Manisnya pas banget buat sarapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku kalo malam juga ladang energen aja hehe

      Delete
  2. Replies
    1. cubolah sedap, tapi kalo mau toping yg jagung masukkannya pas adonan martabak setengah ngembang biar jagungnyo ikut lembut

      Delete
  3. Aku suka banget minum Energen rasa vanilla buat sarapan. Tapi kayaknya divariasi jadj martabak enak nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak semua kok kecuali yg jahe agak aneh rasanya hehe

      Delete
  4. Aq suka minum energen ini yang rasa coklat

    ReplyDelete
  5. Emang paling enak kalau sedia energen buat pagi ya mbak
    Yaampun dari kecil suka ini

    ReplyDelete
  6. suka sama energen praktis. Dulu klo pas masi ngekos dan kerja kantoran aku suka setok dibeliin mamak hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama hehe nolong banget kalo pas lapar mau ujian haha

      Delete
  7. Kreatif banget olahan energennya. Bisa nih di contek 😅

    Jangan lupa mampir ke blog aku juga di www.catch-the-feels.blogspot.com thanks

    ReplyDelete
  8. Aku juga selalu sarapan mak, makannya pinter :D kata suamiku klo manusia nggak mau sarapan bisa gak pintar :D

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita