20181231

Cerita Ulihape.com Selama Tahun 2018

Ulihape.com berusia 3 tahun dan saat ini memiliki DA/PA 21/24. Bila dibanding teman-teman blogger yang lain maka blog ku ini sangat-sangat biasa. Sebenarnya hobby menulis sudah sejak tahun 2008 di zaman Multiply.com dan sedikit serius ketika sudah menulis di kompasiana. Anehnya sejak tahun 2009 sampai 2015 akhir akus ama sekali enggak tahu kalao dari blog itu bisa menghasilkan job menulis berbayar.



Hingga tiba waktunya aku mengetahui dunia blog, aku mulai masuk ke komunitas menulis, mulai ikut melamar job yang tersedia di sana dan aku hampir hopeless karena nyaris enggak pernah lolos seleksi, dan akhirnya aku tahu bahwa aku harus membuat blog personal dengan membeli domain dan awal 2016 hadirlah ulihape.com dan nama ini adalah nickname yang sudah aku gunakan sejak SMA.

Well, selama 2018 ada 144  artikel di blog personal ku ini, 59 artikel tayang di kompasiana.com dan 1 artikel di platform lain so kalau ditotal ada 204 artikel, dan ini masih biasa saja bila dibanding dengan yang sehari bisa memposting 3 artikel organik hehe dan ini masih jauh dari rencanaku yang ingin one day on posting ya kan ? Semoga saja tahun 2019 aku semakin bisa memanage blogku dengan baik, khususnya untuk blogwalking.


Dan ada banyak lomba yang aku ikuti namun dari ulihape.com hanya ada 5 artikel yang menang lomba dan 3 artikel dari kompasiana. Sisanya adalah sponsor post dan organik post ga sampai 100 artikel hehe. Sementara untuk job di sosial media alhamdulillah ada peningkatan signifikan dibanding tahun lalu dan PR ku adalah menaikkan follower serta engagement semua akun sosial mediaku.

Tentang penghasilan juga masih biasa saja sih , paling gede satu artikel dibayar 1,5 juta dan untuk DA/PA sepertiku menurutku sudah alhamdulillah sih jadi teman-teman kalau memang merasa punya kelebihan jangan sungkan menego harga yang ditawarkan brand ya, gunakan DA/PA sebagai indikator tapi jangan ragu melakukan negosiasi ya, namanya rezeki pasti enggak kelewat kok.

Tahun ini aku juga beberapa kali menolak job karena merasa enggak sesuai bayarannya, enggak sesuai tema, enggak sesuai jadwalnya dan enggak sesuai tugasnya. Jawab saja dengan jujur apa yang menjadi alasan. Jangan bilang karena sibuk eh rupanya malah menerima tawaran serupa dengan fee yang lebih baik. Kadang bayaran bukan satu-satunya bahan pertimbangan untuk menerima job ya, ada hal lain seperti tema, tujuan atau alasan lainnya.

Tahun ini enggak semua juga artikel yang tayang di blogku ada bayarannya, ada beberapa artikel yang dibayar produk, ada yang hanya bertujuan membantu teman atau bahkan artikel organik yang emmang ingin aku share dengan teman-teman.

Total pageview hampir 162.000 artinya rerata per bulan 13 ribuan, aku ingat nasehat mbak shinta bahwa ngepost aja yang rajin katakanlah 1 artikel yang baca 10 orang kalau sebulan 30 artikel paling enggak sebulan ada yang baca 300 juga udah keren. Rajin ngeshare juga koentji gengs, aku kalau ngeshare lwbih senang di linkedin coz aku rasa para pencari kerja disana juga butuh bacaan ringan dan share kedua di kolom komemtar channel yutub orang beken.

Total pendapatan tahun ini nyarus 61 juta, let's say 60 juta setahun artinya perbulan 5 juta (oh iya ini hasil berdua dengan suami) dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga kecil dengan punya cicilan KPR rasanya masih jauh dari cukup. Namun aku dan suami bekerja, jadi kami selalu merasa hasil ngeblog memang untuk dibagi-bagi. Belikan mainan anak bila mereka terlibat dalam job, memberi ke orang tua dan saudara bila fee diatas 1 juta, nah biasanya kalao fee 500 kebawah maka akan habis begitu saja, karena kadang kami membawa anak-anak dan biasanya habis buat ongkos perjalanan, bukan sia-sia sih tapi rasanya hal ini harus kami perbaiki di tahun 2019.

Harapan tahun 2019, aku ingin lebih bijak mengelola hasil dari ngeblog. Kalaulah bisa mencapai 60 juta lagi maka minimal 50% harus bisa stay ditabungan dan kami ingin mendaftar haji, inshaallah dimudahkan ya man teman.

Yuk yang mau jadi blogger jangan mikirin pendapatannya dulu ya. Seriusin update tulisan, jangan lupa gabung komunitas, daftar semua event job yang dishare yang pasti konsisten dengan artikel organik ya. Sampai jumpa tahun depan ya !

No comments:

Post a Comment

Komentar mu Informasi untuk Kita