-->

5 Makanan Khas Palembang Berbahan Ikan

Palembang, tentulah sudah dikenal dengan Pempek nya. Kalau lagi kenalan "dari mana ?" Palembang, pasti disambar dengan statement "Pempek dong"! Palembang adalah kota yang aku tahu paling banyak mempunyai makanan khas daerah. Dari makanan berat sampe makanan ringan sangat beraneka ragam. Terutama makanan dari bahan ikan sangat banyak ragamnya. Untuk pempek saja bisa banyak judulnya, ada pempek kapal selam, pempek telok, lenjer, pempek bakar, pempek mie dan masih banyak lagi. Kerupuk pun begitu adanya beda bentuk beda pula namanya, bagi kita yang krenyes-krenyes pasti dipanggil "kerupuk", di Palembang bisa jadi itu kerupuk, kemplang atau pilus , sama krenyes nya dengan kerupuk . Hmmm...mau tahu jenis makanan khas Palembang ? mari intip satu per satu dari beberapa jenis yang sudah pernah ku cicip dan layak direkomendasikan ketika anda berkunjung ke Palembang. 

Dan uniknya lima jenis makanan khas Palembang ini terbuat dari ikan, mengolahnyapun sangat mudah. Makanya kalau di Palembang disetiap rumah wajib banget menyimpan tepung terigu, sagu dan telur maka bisa diolah jadi berbagai jenis makanan khas Palembang.


  1. Pempek, Pempek adalah makanan yang sudah dikenal orang banyak sebagai ciri khas     Palembang. Makanan yang terbuat dari sagu (tepung kanji) dicampur dengan ikan giling akan sangat nikmat disantap dikala siang/sore hari. Tapi di Palembang sering disantap dikala sarapan pagi. Disajikan bersama cuka (cuko) yang terbuat dari rebusan gula merah dan cabe rawit. Pempek bisa disantap dalam keadaan di rebus , digoreng bahkan dipanggang. Pempek panggang sering disebut Tunu, dibentuk bulat-bulat kemudian pada bagian tengah disisipkan ebi/udang kering giling yang diberi kecap manis/asin bisa langsung disantap dan banyak orang menambahkan cuka sebagai pelezatnya. Jenis Pempek lainnya : kapal selam, lenjer, keriting, adaan, kulit, tahu, pistel (isi irisan pepaya muda), udang, lenggang (irisan pempek digoreng seperti martabak bersama telur), otak-otak dan lain-lain. 
    Sumber yesijuawara.com
  2. Tekwan, ini juga masih bisa dibuat dari adonan yang sama dengan pempek,  dibentuk bulat-bulat kecil bak bakso ikan, dengan kuah kaldu udang, dilengkapi dengan soun, irisan bengkuang, jamur kuping dan bunga sedap malam menimbulkan aroma dan rasa yang khas. Bedanya dengan Pempek adalah di kuahnya kalau pempek menggunakan cuko nah kalau tekwan kuahnya mirip kuah bakso. 
  3. Model, hanya di Palembang yang bisa makan model hehe. Bahannya masih sama dengan adonan pempek dan tekwan . Dibentuk agak besar dan biasanya diisi dengan tahu (mirip tahu bakso) lalu setelah digoreng model pun diiris dan diberi kuah ikan maka model siap disantap. Bila disandingkan dengan tekwan maka beda di rasa kuahnya, kalau tekwan menggunakan kaldu udang sedangkan model menggunakan kaldu ikan.
    IDNTimes
  4. Celimpungan, adalah makanan yang berasal dari Sumatera Selatan. Bahan dasar celimpungan adalah adonan sagu dan ikan seperti halnya empek-empek yang juga berasal dari Sumatera Selatan. Perbedaan di antara keduanya terletak pada bentuk dan kuahnya. Celimpungan berbentuk bulat dengan diameter 10 cm dan tipis (pipih). Kuahnya terbuat dari santan dan racikan bumbu-bumbu lainnya. Celimpungan dimakan bersama sambal gorengnya (Wikipedia, red) 
    WisataPalembang
  5. Kerupuk, nah bila adonan pempek masih sisa kalian bisa membuatnya menjadi kerupuk, bentuk adonan menjadi bulat pipih dan jemur selama 3-5 hari sampai kering lalu goreng maka adonan pempek tadi sudah menjadi kerupuk ikan. 
    Sriwijayapost
Jadi kalau ke Palembang jangan heran kalau rasa kelima makanan tadi hampir sama semua, berbahan dasar terigu, sagu, telur dan ikan giling maka bisa jadi beberapa jenis makanan khas Palembang. Itu dulu ya man teman-teman nanti kalau sempat aku bahas destinasi wisata yang asyik di Palembang supaya kalian bisa menikmati kuliner dan wisata terbaik di Palembang.

Oh iya kalau ke Palembang enggak usah nunggu punya saudara dulu, karena banyak banget hotel yang terjangkau di Palembang dan biar dapat harga yang paling murah kalian cukup download aplikasi pegipegi. Pegipegi adalah aplikasi untuk mencari Hotel dan tiket pesawat paling murah bahkan ada garansinya loh ! Coba aja cek hotel di Palembang, wow ada 130an hotel yang bisa kalian pilih dan kalian bisa mem-filter mulai dari tarif harga, fasilitas dan peringkat hotel. Dan serunya aplikasi ini bisa juga bisa nampilin peta lokasi update dengan harga, nah jadi kalian bisa langsung sesuaikan dengan itinerary wisata kalian dengan posisi hotel. Dan jangan lewatkan berbagai promo menarik dari pegipegi serta pepepoin yang bisa langsung kalian gunakan untuk pemotongan harga pada transaksi berikutnya jadi enggak usah nungguin ngumpul sekian poin, asyikkan ! Buruan download dan dapatkan tiket liburan terbaik kalian hanya di pegipegi.




When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

27 comments:

Monica Anggen said...

Dari 5 makanan Palembang, Celimpungan yang saya belum pernah coba. Kalo yang lain suka titip pas adik tugas kerja ke Palembang, dan paling suka sih pempek yang dari sana.

Okti Li said...

Celimpungn sama model nih yang belom pernah nyicip. Tapi bikin sendiri kayanya bisa deh. Langsung eksekusi kalau sudah ada bahan. Musim hujan gini mantap tenan makan kuliner berkuah panas.

Bibi Titi Teliti said...

Makanan Palembang yang paling nge-heits emang pempek lengkap dengan kerupuknya yah mbak. Dicocolin gitu kerupuknya ke kuah cuka *jadi laper*

Duh, baru ngeh kalo tekwan itu makanan khas Palembang lho, doyan jugak akutu :))

Putu Sukartini said...

Aku belum pernah makan celimpungan
Kalau yang lainnya mah udah sering banget. Pempek dan Tekwan itu makanan favorit banget

Penasaran euy pengen nyoha celimpungan

Unknown said...

Wahhhh aku baru tau deh makann di atas itu bahannya dari ikan. Jadi ngiler ih hahha

dum spiro spero said...

Saya paling suka pempek, tetapi ternyata ada banyak makanan enak ya...pengen nyoba yang lain

Echi Mustika said...

Ok deh mba kau sudah bikin dosa besar. Karna aku jadi pengen semua. Walau aku orang jawa tapi aku suka semua makanan diatas aduhhh langsung m cari mpek-mpek

Emak Riweuh said...

model sama celimpungan belun nyoba. duh jadi pengenn... pegi pegi yukk

Arenga Indonesia Palm Sugar said...

Aku mau ke Palembang. Insya Allah semua makanan yang direkomendasi di sini nanti tak cari. Makasih atas idenya, Mbak Uli :)

Fenni Bungsu said...

Model dan Celimpungan belum pernah daku coba. Di jakarta nggak ada cabangnya yah Kak? Hmm mungkin ini pertanda daku harus ke Palembang, eaaa

April Hamsa said...

No 3 dan 4 aku baru denger namanya mbak. Kira2 ada yang jual gak di Jkt? penasaran namanya.
Palembang salah satu destinasi yg pengen kukunjungi. Moga2 bisa ke sana nyicip empek2 asli sana :D

Damar Aisyah said...

Nomor 3 sama 4 aku gak paham, Mbak. Belum pernah lihat apalagi nyicip Kalau nomor 2, si Tekwan ini favorit aku banget. Apalagi kalau dibikinin temenku yang orang Palembang. Beuh, sampek pesen-pesen aku sama dianya. Biasanya tekwannya dibuat frozen, nah bumbu untuk kuahnya sudah disiapkan jadi tinggal masukin ke rebusan airnya saja.

bundasugi.com said...

saya baru tahu menu makanan namanya model, sama Celimpungan, sepertinya enak ya mbak? jadi pingin ... tapi kemana nyarinya ya, hehe...

Jalan-Jalan KeNai said...

Dulu buat saya, semua rasa pempek itu enak. Tetapi, sejak menikah dengan suami yang punya darah Sumatera Selatan jadi milih-milih kalau mau makan makanan berbahan ikan. Misalnya tentang pempek, menurut dia gak semua enak. :D

Endah Kurnia Wirawati said...

Saya belum pernah makan celimpungan nih.. jadi penasaran. Lihat kuahnya yang sepertinya kuah kari kental itu rasanya menggugah selera deh..

Kayaknya kalau disantap pas hujan2, dengan kuah pedas dan panas2 tuh nikmat banget kayaknya yaa..

Farhati Mardhiyah said...

Huaaaa jadi pengen pempek sama tekwan, belum pernah nyobain model sama celimpungan kayaknya enak banget

andi nugraha said...

Aduh menggoda sekali, apalagi pempek, jadi pengen. Cuaca mendung apalagi hujan makan pempek seperitnya cocok. Nama tekwan sendiri gak asing menurut saya, tapi belum pernah icip nih, jadi penasaran..

Musim hujan makan yang anget plus berkuah itu mantap :)

Afifah Mazaya said...

Tergoda dengan celimpunyan. Kayak enak. Kalau nggak salah, ada juga makanan Sumatera Selatan yang pakai santan dan adonan ikannya digulung, kan?

Dian Restu Agustina said...

Aku belum pernah makan celimpungan Mbak Uli..enak keknya yaa...
Yang lain memang mantul ya...Akutuuu pengin deh ngerasain langsung di tempat asalnya. Bolahlah aku kepoin Pegipegi dulu kalau gitu

Maria Soraya said...

Penasaran sama Model dan Celimpungan, belum pernah nyobain Mak.

Klo pempek dan tekwan, Ibu Mertua suka bikin. Enaaaak nyammm.

Ria Fasha said...

Pempek tekwan dan model paling saya suka.. Enak bgt, ga bisa berhenti kalo Makannya

Riri Restiani said...

Makanan model dan celimpungan yang belum pernah aku cobain nih, nampaknya enak yah. jadi kepingin cobain deh. hehe

Liswanti said...

Aku paling suka Pempek dan Tekwan. Duuh jadi laper, udah lama banget ga makan Pempek

andyhardiyanti said...

Banyak yaa ternyata. Saya baru pernah cobain pempek dan kerupuk khas Palembang nih.

Visya Al Biruni said...

Jadi inget saat ke Palembang. Aku pikir model ini nams aosan ternyata nama makanan hehe. Tapi teteup pempek juara di hatiku :D

sie-thi nurjanah said...

Saat bertandang ke palembang memang banyak banget beraneka kudapan berbahan ikan, pempeknya paling jadi favorite

Anonymous said...

Learning Indonesian
Indonesian Courses
Indonesian Courses
Lembaga Kursus Terbaik Indonesia
Service Center HP Indonesian
Lembaga Kursus Terbaik Indonesia
Makalah Usaha Bisnisilmu konten