5 Makanan Khas Palembang Berbahan Ikan - Ulihape.com

5 Makanan Khas Palembang Berbahan Ikan

Palembang, tentulah sudah dikenal dengan Pempek nya. Kalau lagi kenalan "dari mana ?" Palembang, pasti disambar dengan statement "Pempek dong"! Palembang adalah kota yang aku tahu paling banyak mempunyai makanan khas daerah. Dari makanan berat sampe makanan ringan sangat beraneka ragam. Terutama makanan dari bahan ikan sangat banyak ragamnya. Untuk pempek saja bisa banyak judulnya, ada pempek kapal selam, pempek telok, lenjer, pempek bakar, pempek mie dan masih banyak lagi. Kerupuk pun begitu adanya beda bentuk beda pula namanya, bagi kita yang krenyes-krenyes pasti dipanggil "kerupuk", di Palembang bisa jadi itu kerupuk, kemplang atau pilus , sama krenyes nya dengan kerupuk . Hmmm...mau tahu jenis makanan khas Palembang ? mari intip satu per satu dari beberapa jenis yang sudah pernah ku cicip dan layak direkomendasikan ketika anda berkunjung ke Palembang. 

Dan uniknya lima jenis makanan khas Palembang ini terbuat dari ikan, mengolahnyapun sangat mudah. Makanya kalau di Palembang disetiap rumah wajib banget menyimpan tepung terigu, sagu dan telur maka bisa diolah jadi berbagai jenis makanan khas Palembang.


  1. Pempek, Pempek adalah makanan yang sudah dikenal orang banyak sebagai ciri khas     Palembang. Makanan yang terbuat dari sagu (tepung kanji) dicampur dengan ikan giling akan sangat nikmat disantap dikala siang/sore hari. Tapi di Palembang sering disantap dikala sarapan pagi. Disajikan bersama cuka (cuko) yang terbuat dari rebusan gula merah dan cabe rawit. Pempek bisa disantap dalam keadaan di rebus , digoreng bahkan dipanggang. Pempek panggang sering disebut Tunu, dibentuk bulat-bulat kemudian pada bagian tengah disisipkan ebi/udang kering giling yang diberi kecap manis/asin bisa langsung disantap dan banyak orang menambahkan cuka sebagai pelezatnya. Jenis Pempek lainnya : kapal selam, lenjer, keriting, adaan, kulit, tahu, pistel (isi irisan pepaya muda), udang, lenggang (irisan pempek digoreng seperti martabak bersama telur), otak-otak dan lain-lain. 
    Sumber yesijuawara.com
  2. Tekwan, ini juga masih bisa dibuat dari adonan yang sama dengan pempek,  dibentuk bulat-bulat kecil bak bakso ikan, dengan kuah kaldu udang, dilengkapi dengan soun, irisan bengkuang, jamur kuping dan bunga sedap malam menimbulkan aroma dan rasa yang khas. Bedanya dengan Pempek adalah di kuahnya kalau pempek menggunakan cuko nah kalau tekwan kuahnya mirip kuah bakso. 
  3. Model, hanya di Palembang yang bisa makan model hehe. Bahannya masih sama dengan adonan pempek dan tekwan . Dibentuk agak besar dan biasanya diisi dengan tahu (mirip tahu bakso) lalu setelah digoreng model pun diiris dan diberi kuah ikan maka model siap disantap. Bila disandingkan dengan tekwan maka beda di rasa kuahnya, kalau tekwan menggunakan kaldu udang sedangkan model menggunakan kaldu ikan.
    IDNTimes
  4. Celimpungan, adalah makanan yang berasal dari Sumatera Selatan. Bahan dasar celimpungan adalah adonan sagu dan ikan seperti halnya empek-empek yang juga berasal dari Sumatera Selatan. Perbedaan di antara keduanya terletak pada bentuk dan kuahnya. Celimpungan berbentuk bulat dengan diameter 10 cm dan tipis (pipih). Kuahnya terbuat dari santan dan racikan bumbu-bumbu lainnya. Celimpungan dimakan bersama sambal gorengnya (Wikipedia, red) 
    WisataPalembang
  5. Kerupuk, nah bila adonan pempek masih sisa kalian bisa membuatnya menjadi kerupuk, bentuk adonan menjadi bulat pipih dan jemur selama 3-5 hari sampai kering lalu goreng maka adonan pempek tadi sudah menjadi kerupuk ikan. 
    Sriwijayapost
Jadi kalau ke Palembang jangan heran kalau rasa kelima makanan tadi hampir sama semua, berbahan dasar terigu, sagu, telur dan ikan giling maka bisa jadi beberapa jenis makanan khas Palembang. Itu dulu ya man teman-teman nanti kalau sempat aku bahas destinasi wisata yang asyik di Palembang supaya kalian bisa menikmati kuliner dan wisata terbaik di Palembang.

Oh iya kalau ke Palembang enggak usah nunggu punya saudara dulu, karena banyak banget hotel yang terjangkau di Palembang dan biar dapat harga yang paling murah kalian cukup download aplikasi pegipegi. Pegipegi adalah aplikasi untuk mencari Hotel dan tiket pesawat paling murah bahkan ada garansinya loh ! Coba aja cek hotel di Palembang, wow ada 130an hotel yang bisa kalian pilih dan kalian bisa mem-filter mulai dari tarif harga, fasilitas dan peringkat hotel. Dan serunya aplikasi ini bisa juga bisa nampilin peta lokasi update dengan harga, nah jadi kalian bisa langsung sesuaikan dengan itinerary wisata kalian dengan posisi hotel. Dan jangan lewatkan berbagai promo menarik dari pegipegi serta pepepoin yang bisa langsung kalian gunakan untuk pemotongan harga pada transaksi berikutnya jadi enggak usah nungguin ngumpul sekian poin, asyikkan ! Buruan download dan dapatkan tiket liburan terbaik kalian hanya di pegipegi.




When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.