Jangan Terpaku Pada Blog Sendiri, Menulis di Platform Lain Bisa Menguntungkan

Kalau cerita tentang ngeblog jelas ya prens kita balikkan ke masing-masing tujuannya. Kalau aku tahun 2006-2014 adalah masa hobi menulis dengan tema suka-suka tanpa imbalan apa-apa yang penting aku hepi, bisa berbagi banyak hal tentang diri dan lingkunganku.

Pixabay.com

Tahun 2015 akhir aku mulai memahami bahwa ngeblog bisa menghasilkan dan akhirnya lahirlah blog ulihape.com ini dengan tujuan memang untuk menghasilkan rupiah. Namun supaya punya nilai raport yang baik di mata tools pengukur DA/PA maka ada usaha juga menulis hal-hal organik dan memaksakan diri juga supaya selalu update, meski kala buntu ide aku membuka ratusan artikel di kompasiana dan me-writenya disini.

Well, ketika kalian memang mengharapkan rupiah dari menulis maka jangan terpaku pada blog pribadi. Karena ada banyak klien yang membutuhkan produknya tayang di platform lain. Aku kerap mendapatkan job yang lumayan dari klien yang meminta aku menulis di kompasiana, dan akhir tahun kemarin sebuah platform  berita juga mengajak kerjasama penulisan  3 artikel dan awal tahun ini meski platformnya enggak gede tapi seperti ada secercah harapan disana.

So buat kalian blogger yang mirip aku boleh mulai diasah membuat akun di platform lain karena kita enggak pernah tahu tulisan kita bermuara kemana, jadi menulis saja dimana saja supaya membuka peluang lebih luas lagi.

Asyiknya menulis di paltform lain selain memperkaya tema tulisan kita juga bisa menitip link artikel blog pribadi kita lalu sekalian promosi channel akun sosial media kita sehingga lamban laun akan ada toh yang akan penasaran mengklik semua tautan itu hehe.

Asyiknya yang lain tentu saja kita membuka peluang kerjasama dan ini bisa menambah income sekaligus relasi baru.

Usahakan selalu menulis karya sendiri ya gengs, jangan tergoda sedikitpun untuk copas sana sini. Menulis itu juga harus punya tanggung jawab, pikirkan tema dan isinya dan kemungkinan pertanyaan dari pembaca yah mirip menyusun skripsilah kalau kita bisa menguasai materi dengan baik tentu pembaca akan senang.

Nah itu dulu sharing dari aku ya, dan per hari ini aku baru punya 5 artikel di blog ini, 7 artikel di kompasiana dan 4 artikel di sebuah platform berita so far enggak kerasa sudah 16 artikel eh tapi aku masih punya hutang di komburmamak.com hehe belum ada update terbaru disana.

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

26 comments:

Dwi Wahyudi said...

Wah... produktif banget Kak. Selalu merasa salut dengan seorang blogger seperti Kakak, sehari bisa menghasilkan beberapa artikel sekaligus. Tetap semangat ya Kak...

Cindy Vania said...

Aku kangen nulis di banyak tempat 😁 sekarang emang lagi ngurangin dan nulis di blog sendiri aja.

Belom sanggup kayak dulu lagi karena punya bayi 😅

Mbak Avy said...

setujuuuuu
kita satu alumni juga ya hehehe

Reni said...

Wah, blm aktifin akun di K lagi nih dan setuju bgt kita hrs punya banyak blog di platform lain.

Mugniar said...

Setuju bangeet.
Btw kita belum saling follow, yah di Kompasiana. Saya nulis di sana sejak 2011. Tapi jarang update euy hahaha.

Unknown said...

Wahhhh inspiratif bgt kak, good job!
Jadi makin semangat ini nulis heheh & buka akun di platform lain

dum spiro spero said...

Saat ini banyak medium untuk menulis entah apa maksud dan motivasi di baliknya. Kadang yang menjadi soal adalah apakah kita punya waktu untuk itu? hehe ini soal saya sih sebenarnya

Arenga Indonesia Palm Sugar said...

Aku punya tiga blog. Salah satunya di Kompasiana. Tapi memang yang rajin ditulis hanya blog utama. Kompasiana sekarang malah lupa password-nya. Setuju Mbak. Seharusnya kita menulis juga di platform lain ya biar lebih nyebar tulisannya :)

Okti Li said...

Pertama nulis saya juga di Kompasiana. Pertama dapat duit, hadiah dll disana. Masalah buka K sulit banget buat saya di desa ini. Jadinya sering saya tinggalkan

farhatimardhiyah said...

Aku termasuk malas nulis di platform lain karena merasa udahlah buat domain sendiri aja tulisannya hehe

Tapi sebenarnya manfaatnya besar kl mau nulis di platform lain

Dian Restu Agustina said...

Produktif banget mbak Uli..dulu sebelum ngeblog aku duluan nulis di portal berita..tapi kini fokus di blog aja.
Wah betul juga ya..bagus kalau jalan semua.
Thanks untuk inspirasinya

Evi Fadliah said...

Kak Uli ini emang selalu memberikan inspirasi, aku pun udah mulai tertarik buat nulis di platform lain selain blog pribadi. Rasanya bagus ya Ka untuk memperkaya tulisan dan pengalanan kita.

Sara Neyrhiza said...

Boleh juga ini sekali2 menukis diplatform lain. Tapi kadang2 bukan karena terpaku dengan blog sendiri, cuma menjaga konsistensi menulis di blog sendiri sudah butuh effort yang besar..

Inna Riana said...

masih nulis di blog sendiri yg ada 4. itu juga ga updet rutin semua krna keteteran :D
punya kompasiana udah ga kepegang. apalagi pas blog detik juga (yg udah almarhum)

Damar Aisyah said...

Kak Uli produktif abis, Rek! Aku masih di blog aja yang paling update. Kompasiana suka ngadat akhirnya rodo-rodo males, hehe. Tapi selama akun masih ada aku akan menulis di sana. Siapa tahu tulisanku juga bermanfaat di sana. Ya kan, Kak?

Nchie Hanie said...

Kereen Mba Uly..
Masa2ku lagi seneng nulis dimana-mana udah lewat, karena ada yg lebih focus offline hahahah..

Ophi Ziadah said...

Naah aku nih suka berpikirnya...fokus aja dulu ke blog sendiri jangan smp berlumut jd ajakan kontribusi di bbrp paltform lain cm jd bahan pertimbangan
kok sudah bagi waktunya
mba Uli niih keren banget time managementnyaa.

Keke Naima said...

Saya pernah coba menulis untuk Kompasiana dan platform lain. Tetapi, memang paling aktif hanya di blog utama. Paling di platform lain seringnya saya pakai untuk komen di postingan yang memiliki platform sama

CeritaIbun said...

Wah iya ya... Saya harus rajin nulia di tempat lain. Saya belum terpikir seperti apa yg kamu ungkapkan. Hehe

Anissa Putri said...

Saya juga nulis di platform lain. Eh makin kesini saya jadi jatuh cinta sama blog sendiri.

Amanda ratih pratiwi said...

Aduh iya nih.. apa kabar tulisanku di kompasiana udh kayak sarang laba2 kayaknya, *gtu mo ternak blog yg satu aja malas ngerjainnya 😬😬

andyhardiyanti said...

Wih keren mbak Uli, produktif sekali. Akun kompasiana saya belum diapa-apakan nih. Sepertinya belum ada tulisan satu pun di sana. Huhuhu

Liswanti said...

Aku kadang ga sempet nulisnya, tapi lagi pengen nulis lagi di platform lain, kayak detik travel dan kompasiana.

Visya Al Biruni said...

Aku banget nih mba pengen di platform laij tp belun kesampean, hehe. Pdhl disana juga bs berpenghasilan

Riri Restiani said...

pengen sih mencoba sesekali, cuma takut gak sanggup deh rasanya

Sukma Putri Cahyawening said...

Noted noted ilmunya buat Ume yang masih baru ini. hehehee