6 Ide Minuman Khas Medan Untuk Berbuka Puasa - Ulihape.com

6 Ide Minuman Khas Medan Untuk Berbuka Puasa

Aku memang menghabiskan banyak waktu di Pulau Sumatera khususnya Sumatera Utara, kalau ada yang bertanya kangen apa sama Sumut ? Maka jawabannya adalah kulinernya, minuman dingin khas Sumatera kerap kami sajikan di rumah dan setiap bulan puasa maka rindu itu semakin membumbung dan kami akan berusaha membuat semua minuman yang kami rindukan sehingga ketika berbuka semakin terasa nikmat sembari melepas rindu.

resepkoki.id

Meski tak persis rasanya namun sudah mampu membuat kami bahagia bisa menghadirkan minuman khas Sumatera saat berbuka, semalam aku membuat salah satu minuman khas Sumatera yaitu Es Timun Serut, banyak yang bilang ini khas Aceh tapi aku justru mengenal minuman ini di dalam rumah kami, artinya mamak lah yang mengenalkannya pada ku. Ada enam jenis minuman dingin yang menjadi favorit kami, mungkin bisa dijadikan ide saat berbuka nanti ya..

Es Timun Kerok, rasanya segar dan aromanya khas banget dan membuatnya pun cukup mudah. Bahan yang digunakan adalah Timun yang masih muda, sedikit garam, cabe merah satu potekan (pokoknya sebagai syarat aja) dan gula putih. Belah dua timun kemudian kerok dengan menggunakan sendok atau garpu, setelahnya siram dengan air gula putih, beri sedikit garam dan masukan potekan kecil cabai merah, lalu beri es batu maka es timun siap dinikmati. 



Es Tebak, membacanya gunakan 'e' orang medan ya. Banyak yang bilang ini adalah minuman khas Sumatera Barat, tapi aku pribadi mengenal minuman ini saat stay di Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan. Setiap mampir ke warung sate pocal maka akan lengkap rasanya bila ditutup dengan sajian es tebak. Tebak adalah adonan tepung beras dan sagu, bentuknya seperti cendol hanya saja berwarna putih, disajikan dengan sirup merah namun ada juga yang memvariasikan ditambah dengan berbagai jenis makanan lain seperti cincau hitam, tape ubi bahkan roti tawar. Kalau aku biasanya cukup dengan sirup merah saja maka es tebak sudah nikmat banget dan segar rasanya.

- Es Tebak : saribundo.biz
- Es Tebak : saribundo.biz

Es Cincau Hitam, kalau di Medan es cincau hitam ini rasanya seger banget dan aku biasanya suka membuat juga saat berpuasa, selain segar kandungan cincau juga baik untuk mencegah- panas dalam. Membuatnya mudah banget kalau aku cukup serut cincau atau potong dadu kemudian siram dengan teh manis, ehm cobain deh rasanya sempurna sebagai pelepas dahaga! 

Es Cincau : ummufatima.blogspot.com
Es Cincau : ummufatima.blogspot.com

Es Toge Panyabungan, aku lahir di Panyabungan, Tapanuli Selatan, Daerah ini kini menjadi Mandailing Natal (Madina) nah kalau kalian sempat berkunjung ke sini maka minuman Toge ini adalah minuman khas dan orang bilang enggak sah ke Madina kalau enggak minum es toge.  Dulu ada penjual yang terkenal namanya Butet Taing, entah sekarang siapa penjualnya yang pasti es Toge ini selalu nikmat buat disantap. Bahannya komplit ada lupis kecil, candil, ketan hitam, tape, cendol dan disiram dengan santan dan gula merah, violaaa endess. Penasaran ? Aku pernah pesan di cafe mandailing yang ada di Jakarta.

- Es Toge : sioayo.com
- Es Toge : sioayo.com

Es Sirop Kurnia Patung Liberty, dulu sirup ini hanya ada di Sumatera Utara dan Aceh, namun sekarang di Pulau Jawa juga sudah banyak yang menjual. Sirup ini segar banget cukup sajikan dengan es sudah mampu mengusir dahaga seharian berpuasa. 

- Es Sirup Kurnia : carousell.com
- Es Sirup Kurnia : carousell.com

Es Fanta Susu, kalau ini mungkin khas Indonesia ya tapi ini merupakan es favorit kami ketika berbuka puasa, puas banget kalau bukanya dengan minum fanta susu dingin.

- Es Fanta Susu : Dokumentasi Pribadi
- Es Fanta Susu : Dokumentasi Pribadi

Nah itu dia enam minuman favorit saat berbuka, dan untuk bisa memvisualisasikan minuman tersebut maka saya cari refrensi photo yang menyerupai aslinya

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.