11 Destinasi Wisata dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi di Kota Medan - Ulihape.com

11 Destinasi Wisata dan Kuliner yang Wajib Dikunjungi di Kota Medan

Assalamu'alaikum,

Semoga ibadah puasanya lancar ya, dan mumpung sebentar lagi mau mudik jadi kali ini Ulihape.com mau bahas dulu wisata kuliner dan destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Kota Medan. Akhirnya untuk pertama kalinya aku bisa mengajak suami dan anak-anak untuk keliling Kota Medan. Dan ini dia 11 lokasi kuliner dan wisata yang kami kunjungi selama berada di Medan.

Cari Hotel  Murah
Aplikasi PegiPegi.Com


Oh iya selama berlibur di Medan kami menginap di hotel, hari pertama sampai ke tiga kami menginap di hotel bintang 5 karena ada sponsor yang membayari hehe, selanjutnya kami mencari hotel di Medan melalui aplikasi PegiPegi, untung sudah punya aplikasi pemesanan hotel sehingga aku dengan cepat bisa menemukan penginapan murah di Medan. Hotel murah di Medan lumayan banyak, jadi kalau kalian mau backpacker dijamin enggak susah menemukan harga hotel murah.

Kenapa memilih aplikasi PegiPegi ? Tentu karena friendly user dan kalau aplikasi macet aku masih bisa pesan melalui website PegiPegi. Login juga gampang karena bisa melalui akun facebook, pencarian hotel tersedia dalam dua pilihan yaitu lokal dan internasional, tersedia juga fitur yang menunjukkan jenis kamar dan menampilkan jumlah kamar yang tersedia. Uniknya lagi promo di PegiPegi selalu tematik jadi ketika kita ingin merayakan momen langsung bisa cari tempat yang pas. Menjadi member di PegiPegi bisa untung karena ada Pepe Point yang bisa kita gunakan pada pemesanan hotel selanjutnya.

Nah penasaran dong kemana saja kami selama di Medan ? dan makanan khas Medan apa saja yang kami cicipi ? Let's talk ya !



  • Mie Aceh Titi Bobrok, lokasi ini sejak dulu memang terkenal dan ternyata sampai aku bersuami dan beranak haha Mie Aceh Titi Bobrok masih eksis. Wisata kuliner satu ini cukup diminati oleh warga Medan, karenanya kalau tak mampir ke sini rasanya belum afdol. Malam itu aku janjian ketemu dengan teman masa kuliah dan alhamdulillah silaturahmi terjalin dan akhirnya kami sekeluarga di traktir haha 

  • Durian Ucok, siapa yang tak kenal Durian Ucok ? Durian Medan memang khas dan kalau mau mendapatkan kualitas yang bagus sebaiknya langsung mampir ke sini. Kalian bisa pilih beberapa jenis Durian dan jangan kalap ya karena memang endes semuanya. Selain menjual durian, disini juga menjual aneka makanan khas Medan seperti Jambu teng-teng.
  • Rumah Tjong A Fie, ini merupakan bangunan bersejarah di Kota Medan. Tjong A Fie adalah pengusaha tembakau di Sumatera Utara. Tjong A Fie terkenal karena semasa hidupnya beliau sangat baik kepada siapapun, tak pernah memandang seseorang dari agama dan suku. Rumah ini sudah ada sejak tahun 1900-an makanya bangunannya juga klasik dan barang-barang di dalamnya antik dan buat kamu yang ingin photo juga cukup instagramable. Sewaktu Tjong Afie Meninggal dunia maka kota Medan cukup berkabung semua hadir untuk mengantar Tjong A Fie ke peristirahatan terakhir.
  • Tip Top, ini bukan supermarket melainkan tempat nongkrong anak muda dan orang kantoran. TipTop sudah ada sejak zaman Belanda. Dan menu favorit disini adlaah aneka es krim dan roti bakar. NAmun hati-hati juga karena ada beberapa menu yang non-halal. Lokasi Tip Top berdekatan dengan rumah Tjong A Fie. 

  • Istana Maimun, merupakan istana kesultanan Deli. Istana Maimun sering dikunjungi pelajar di daeraha Sumatera Utara. Arsitektur istana ini adalah orang italy karenanya bangunan ini sampai kemarin kami kunjungi memang indah. Didalamnya masih ada kursi-kursi kerajaan, kalian bisa juga berpoto ala Raja dan Ratu. Diluar bangunan istana ada bangunan kecil yang kami sebut sebagai Mariam Puntung, legenda tentang Putri Hijau yang menolak di lamar Sultan Aceh dan kalau dari kisah ini aku sedikit percaya kenapa orang Medan dan Aceh suka saling ejek hehe.
  • Mesjid Raya, Ikon kota Medan tentu saja mesjid ini apalagi suka juga muncul di beberapa iklan adzan maghrib yang menunjukkan keindahan Mesjid Raya Medan dan beruntung siang itu kami mampir untuk melaksanakan sholat dzuhur di mesjid raya.
  • Gereja Santa Maria Annai Velangkanni, semula tujuan kami adalah melihat penangkaran buaya, namun karena Kanda masih tidur akhirnya kami mampir ke sebuah gereja, tampaknya seperti kuil orang hindu namun aku salah ternyata itu adalah Gereja orang Katolik. Ramai dikunjungi karena beberapa cerita ajaib yang menyertai pembangunannya. Sejarahnya kenapa gereja berbentuk kuil india adalah pada abad ke 17 di Tamil Nadu India tepatnya didaerah pesisir Velangkanni banyak yang menyaksikan penampakan Bunda Maria.
  • Kampung Madras, sebelumnya selalu disebut kampung keling. Karena memang banyak orang india dan lokasi ini tepat dikunjungi bagi yang mau mencoba kuliner malam di kota Medan. Nama menu makanannya juga lucu-lucu seperti Lonte ‘Lontong Sate’ dan banyak lagi singkatan konyol untuk nama menu nya. Malam itu kami mampir kesini karena ajakan teman mamak.
  • Soto Sinar Pagi, ini juga tempat makan yang wajib dikunjungi. Soto, sate kerang dan agar-agar khas Medan ada di sini. Tempat ini sudah buka di jam sarapan loh dan selalu ramai. 

  • Rahmat International Wildlife Museum and Gallery, ini adalah tempat untuk melihat seluruh jenis hewan yang diawetkan. Setidaknya ada 2000 jenis hewan yang diawetkan disini, dan tentu saja ini legal sehingga dijadikan juga kunjungan oleh sekolah-sekolah di sekitar Medan. Pemiliknya adalah Rahmat Syah yang tak lain adalah orang tua dari Ralin Syah selebriti Indonesia. 
  • Lift Lonsum (London Sumatera), beruntung ada suami teman ku yang bekerja disini dan akhirnya kami sekeluarga bisa juga merasakan naik lift yang sudah berumur ratusan tahun, terasa juga sih horror nya meski hanya naik satu lantai hehe.Meski begitu lift ini masih difungsionalkan oleh karyawan Lonsum, meski tak sedikit yang menolak menaikinya hehe.



When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.