3 Tips Sukses Menjadi Karyawan Tetap - Ulihape.com

3 Tips Sukses Menjadi Karyawan Tetap

Tips ini murni hanya berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa kali aku share ke adik ku dan teman-teman, buat mereka yang menduplikasi tips ini biasanya berhasil selama memang punya pengalaman yang mumpuni.

Biasanya kalau melamar kerja dibidang yang sama dengan pengalaman sekian tahun entah kenapa Perusahaan yang membutuhkan selalu mencari yang berpengalaman tetapi selalu menawarkan status kontrak bagi karyawan yang direkrut meski dia sudah berpengalaman.

ulihape.com
-ulihape.com-


Sejak bekerja dan memiliki pengalaman (paling enggak 3 tahun menekuni bidang yang sama) setiap aku memutuskan pindah perusahaan maka aku selalu menegosiasikan status karyawan tetap di hari pertama aku diterima bekerja, emang bisa ? BISA ! aku selalu mendapatkannya, nah kalian harus punya modal yang mumpuni untuk bisa melakukan negosiasi ini. Nah mau tahu tips nya ? Let's talk guys !

  • Pengalaman, pindah perusahaan kerap aku lakukan demi perbaikan jenjang karir atau sekedar ingin punya nominal gaji yang lebih baik dan biasanya aku akan mengintai jabatan yang sama sesuai dengan pengalaman yang aku miliki. Melamar pekerjaan dengan bidang yang sudah kita kuasai akan lebih mudah. Saat di interview maka yakinkan mereka bahwa anda adalah karyawan yang mereka butuhkan. Ceritakan tanpa keraguan sedikitpun tentang pengalaman yang dimiliki, yakinkan mereka bahwanpekerjaan yang anda lamar saat ini adalah hal yang sudah biasa anda lakukan, ceritakan sedikit prestasi anda.

  • Percaya Diri, ini adalah bagian terpenting. Jangan pernah gugup didepan pewawancara, biasanya sehari sebelum jadwal interview aku akan berkunjung, sekedar mengecek situasi dan menguasai lingkungan baru. Percaya diri bisa kita pupuk bila kita mencari pekerjaan masih dalam status menjadi karyawan. Jadi semacam nothing to loose lah..dan hal ini membuat kita punya nilai tawar yang OK karena kita masih bisa menceritakan kelebihan perusahaan saat ini sehingga si pewawancara bisa merasakan bahwa saat ini memang tujuan anda adalah untuk mendapatkan posisi yang lebih baik.

  • Mintalah Status Karyawan Tetap, nah koentji nya adalah momen sesaat sebelum kalian signing new appointment. Kalau memang mereka mencari karyawan yang berpengalaman maka saatnya kita meminta yang sesuai juga. Maksudnya begini, kita melepaskan pekerjaan lama dengan status karyawan tetap, masuk ke perusahaan barupun mintalah status yang sama. Aku selalu begitu, nego akhir pasti aku minta status tetap dengan alasan punya pengalaman dan yakinkan mereka bila 3 bulan tidak sesuai bisa diputus sesuai undang-undang yang berlaku. 

Status karyawan tetap biasanya aku dapatkan, alasannya masuk akal karena kalau mereka mau kontrak silahkan cari yang fresh graduate. Komposisi gaji juga harus kalian perhatikan ya, jangan gede di tunjangan. Sebagai karyawan kita berhak loh untuk mengetahui komposisi gaji kita dan bisa kita negoisasi bila komposisi tak menguntungkan kita.

Gimana ? Mudahkan buat dapetin status karyawan tetap di awal bekerja ? Well selamat mencoba ya !

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.