Aku Mamakmu, Kau Bisa Apa ? - Ulihape.com

Aku Mamakmu, Kau Bisa Apa ?

Dear Kanda Kayama,

Selamat Hari Anak Nasional ya..tadi sih kita sudah berpelukan ya nakku, tapi ya sama kek hari spesial lainya ceremony nya sekedarnya saja.

Jadi begini nakku, kalian tuh sejak dalam kandungan sudah mampu merebut seluruh hidupku. Padahal enggak taupun mami kek apa wajah kelen, bahkan Kanda yang didiagnosa Down Syndrome tak melunturkan sayang mami, apapun bentukmu tetap harus kulahirkan.

Hari Anak Nasional

"Que Sera, Sera Whatever will be, will be"
Singkat cerita kalian lahir ke dunia tanpa merepotkan mami, kelen berdua enggak bikin mami harus menjambak rambut papi kalian, tahu kenapa ? Rasa mami sih selain takdir tentu ini bukan karena kelen ya haha, tapi karena do'a mami. Do'a mami sejak gadis, sampe kawin sama papi kelen adalah "ya rab, plislah kalo aku lahiran jauhkan dari rasa sakit, bukan apa-apa tuhan, hamba hanya tak mau mengucapkan kata-kata "woii kurang ajar kelen sama mamak kelen ya, mau mampus aku melahirkan kelen" karena sesungguhnya anak-anak tak pernah meminta dilahirkan. Dulu mami bete banget dengerin kata-kata itu, tiap uci (nenek,red) kelen bilang begitu pasti hati mamak teriak "siapa yang minta dilahirkan, mak!". Jadi taunya aku kelenpun pasti begitu jadi ngapain lah ya kan mami ucapkan juga haha.

Kayama
Kanda



Well, memang beratnya yang jadi orang tua itu. Dulu mami pun jadi anak dan rasanya kesal sama orang tua itu ada aja, pas udah jadi mamak-mamak barulah terasa semua memang berat jadi orang tua, tapi balek lagi memang begitulah siklus hidup. Banyak yang enggak mami suka dari gaya parenting orang tua mami, tapi rupanya memang sifat anak-anak itu bikin bete mamaknya jadi meskipun sekarang udah banyak ilmu parenting modern tetap saja kelakuan anak-anak enggak berubah dari zaman mami kecil dulu, semua anak itu kadang-kadang bikin mamaknya kesal dan capek, maka dari itu kadang menjewer kupingmu memang adalah the best way untuk menunjukkan kalo kelen salah dan harus berubah. Tapi ya nakku meski begitu kalau ada orang yang memarahi kelen wah enggak bisa mami terima, sekalipun itu papi kalian. Pernahkan Kanda ingat mami marah sama papi karena papi nakal sama Kanda ? Kek gitulah mamak-mamak sama anaknya enggak rela disakiti orang lain kecuali mamaknya.

Kalianpun nanti akan menjadi orang tua, jadi enggak banyak nasehat mami karena siklus hidup akan mengantarkan kalian pada rasa yang tak kalian suka, dan akhirnya kalian akan mengerti kenapa dulu mami, papi berbuat hal yang menyakitkan hati kalian (mungkin). Sekarang tumbuhlah dengan cara yang kalian inginkan, selayaknya orang yang dititipi sesuatu maka tugas kami menjaga kalian sampai kita dijemput sang pemilik. Tumbuhlah jadi anak-anak yang periang, seperti apapun mami dan papi kalian harus maklumi, jangan merasa jadi anak yang hidupnya paling sulit, jangan merasa jadi anak yang paling hebat juga pokoknya hidup itu biasa-biasa ajalah.



Selagi kalian menjadi anak, maka tumbuhlah menjadi anak-anak, jangan mencoba menjadi sisi orang tua karena pasti tak akan sanggup. Sejauh ini kalian tumbuh sambil memberikan gambaran masa kecil kami karena itu kadang ada tawa atas kesalahan kalian, ada emosi atas ulah kalian karena mami papi merasa tak seperti kalian saat kecil dulu. Dan mungkin sebagian kesialan yang kalian alami adalah penuaian atas sikap mami papi dimasa lalu. 

Kanda Kayama

Kanda Kayama

Kanda Kayama
Seperti cerita kemarin, Ibu Aida Wali Kelas Kanda mengirimkan pesan kepada mami "Assalamu'alaikum mam, hari ini Kanda BAB nya berantakan dan menimbulkan bau di kelas" bukannya marah tapi mami teringat ke puluhan tahun lalu kala didalam kelas mami mencium bau eek dan mami menyuruh teman-teman untuk tak mengejek teman mami dan lalu hari ini penyebab bau di kelas adalah Kanda, alhamdulillah teman-teman bisa tak mengejek Kanda". Kekacauan yang Kanda timbulkan mirip banget dengan ulah papi yang suka bikin berantakan, jadi kalau dipikir-pikir anak-anak itu ada untuk mempertontonkan apa yang sudah dilalui keduaorangtuanya.

Kanda Kayama
Jadi saat kalian menjadi anak maka itu adalah cerminan kami sebagai orang tua, kelak saat kalian dewasa dan kami menua mungkin saatnya kami mengenang sisi kehidupan yang lain, satu aja pesan mami jangan mendendam kepada kami orang tua kalian, sejelek apapun kami, semerasa tak beruntungnya kalian maka tetaplah bertahan untuk melihat hal baiknya.

Selamat Hari Anak, cepatlah kelen besar supaya mamak bisa fitnes ..


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.