6 Hal yang Ingin Aku Lakukan Bila Berkunjung Ke Perbatasan Indonesia - Papua Nugini - Ulihape.com

6 Hal yang Ingin Aku Lakukan Bila Berkunjung Ke Perbatasan Indonesia - Papua Nugini

Beberapa waktu lalu sempat ada wacana ingin mengajak blogger untuk berkunjung ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) pilihan saat itu ada dua Entikong dan Papua Nugini, pilihanku ? Karena aku sudah pernah ke Entikong maka aku memilih Papua Nugini.

ulihape.com
ulihape.com
Excited banget setiap mendengar kesempatan berkunjung ke PLBN namun ternyata belum langkah ku ke sana hiks! Nah omong-omong kalian sudah tahu belum sih Negara kita berbatasan dengan negara mana saja? Jadi tentang perbatasan itu ada dua kategori yaitu perbatasan darat dan perbatasan samudera/laut. 

Untuk perbatasan daratan negara kita hanya berbatasan dengan tiga negara yaitu Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini. Sedangkan negara perbatasan samudera ada India, Thailand, Singapura, Philipina, Australia dan Republik Palau.

Kenapa aku ingin ke PLBN Papua Nugini ? Karena unik ges, jadi Indonesia - Papua Nugini ini merupakan perbatasan daratan dan laut di titik yg sama yaitu Pulau Papua. Lantas kenapa enggak kunjung ke sana li ? ya belum ada yang ngajak hehe. 

Nah , aku mau berandai-andai aja nih kalau suatu saat ada kesempatan ke sana maka aku ingin melakukan 6 hal yang sudah ku impikan sejak lama dan tentunya ini terinspirasi dari berbagai media yang sudah aku baca, enggak lantas terpikirkan oleh ku spontan. Wong keinginan berkunjung ke PLBN juga muncul setelah aku pernah nonton acara tentang negara-negara lain yang berbatasan dan itu terlihat keren banget dimataku.

  1. Melihat Petugas Patroli, lama mikirin itu tentara kita ngapain aja sih kerjanya ? Negarakan damai begini ya ? dan ternyata mereka tuh bergantian loh dikirim ke berbagai wilayah untuk menjaga keamanan negara kita maupun keamanan negara lain. Jadilah aku ingin melihat ngapain aja ya petugas penjaga perbatasan itu? Berdiri teruskah? Bertandang ke negara sebelahnya kah ? Atau memang harus standby dengan senapan?
  2. Melihat Pos Batas Negara, lalu gimana sih bangunan di wilayah perbatasan? Dibuat semacam pos ber AC macam depan Sarinah kah ? atau hanya sekedar pos semi permanen? Ehm googling aja li? Duh aku takut ketipu editingnya haha
  3. Mau Olahraga, gara-gara melihat perbatasan Amerika di TV which is para petugas bermain volli akutuh jadi bikin wishlist one day kalau ke PLBN Papua Nugini pengen main badminton jadi aku di wilayah Indonesia dan suamiku di wilayah Papua Nugini hehe serukan itu ges ?
  4. Destinasi Wisata, trus akutu penasaran ges kira-kira kalau wilayah perbatasan itu punya destinasi wisata gak sih ? Nah kalau ada apakah ramai dikunjungi antara warga negara ? Penasaran pokoknya.
  5. Mau Tahu Tentang Budaya, pernah nih aku nonton TV ada warga Entikong yang halaman depannya tuh masuk wilayah Indonesia sedangkan bangunan area dapur malah masuknya wilayah Malaysia. Wah kalau begitu gimana rasanya ya? Apa masuk ke dapur harus pakai paspor ? haha. Tentu poengaruh budaya dari kedua negara akan masuk, gimana menyikapinya? 
  6. Belanja ke Pasar, satu lagi ges yang mau aku lakukan adalah belanja ke pasar. Apakah transaksi pasar menggunakan mata uang dari kedua negara ? Bahasanya bagaimana? dan pengen tahu negara mana yang suka jualan dan negara mana yang suka belanja haha, jawabannya sepertinya Indonesia haha, soalnya beberapa negara yang aku kunjungi selalu bilang Indonesia suka shopping haha.
Doain ya aku bisa segera merealisasikan impian mengunjungi perbatasan Papua Nugini dan kalau boleh tahu apakah kalian pernah berpikiran mengunjungi perbatasan juga ? Kalao iya kemana dan mau ngapain ges ?

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.