Dilema Ibu Pekerja Ketika Izin Ngantor - Ulihape.com

Dilema Ibu Pekerja Ketika Izin Ngantor

Hello Working mom !

Ketika ada isu negara akan membayar pengangguran, harapan ku itu bisa seperti beberapa negara maju dimana negara memang kasih 'gaji' buat Ibu untuk mengurus anak-anaknya. Para Ibu enggak usah lagi sedih ketika ada yang komen "dih lulusan Sarjana tapi di rumah saja". Namun harapan itu belum tiba sodarah jadilah saya memilih bekerja untuk menjamin keberlangsungan rumah tangga kami.

workingmom
ulihape.com
Menjadi working mom sama saja seperti full time mom, selalu ada yang support dan selalu ada yang nyinyir apapun keputusan kita. Sebenarnya apapun pilihan kita maka jalani dan jangan urus pilihan orang lain. Kondisi kita berbeda, latar belakang kita berbeda jadi enggak akan pernah klop kok. Wong sesama working mom saja punya banyak cara yang berbeda juga kan? 

Diantara banyak dilema sebagai working mom, nah urusan yang paling menyita emosional adalah saat harus izin ngantor. Apalagi anaknya lebih dari satu, udah deh urusannya enggak udah-udah, alasannya ya itu mulu izin karena anak harus berenanglah, izin karena ada rapat wali muridlah, izin mendampingi anak kemanalah. Dan atasan komennya "kamu izin urusan anak mulu", duh matilah aku!

Sikap atasan yang seolah enggak pernah mengalami masa seperti ini jujur bisa membuat stres . Kan bisa li minta suami gitu ?

Bukan Suami Enggak Mau Tapi...

Ok moms, aku pernah meminta suami yang ke sekolah, dan tahu komen suami apa ? Saat dia ada di sekolah langsung nge-WA "duh mi ini isinya ibu-ibu semua mi, papi enggak tau harus nunggu dimana?"Lain waktu nge-WA lagi "Mi, ini kenapa ibu-ibu ngegosip mulu sih?" dan alasan lain selain suami enggak merasa nyaman adalah si anak sendiri. 

Anak lebih nyaman bersama ibu nya meski dia akrab sama Ayahnya. Namun karena teman-temannya didampingi oleh ibunya maka anakku pernah bilang "kapan dong mami nemani aku ke sekolah, semua temanku Ibu nya loh yang datang".

Nyes ya   kalau anak menyuarakan isi hatinya. Akhirnya sejak saat itu aku dan suami selalu bergantian untuk menghadiri acara sekolah. Kalau bos ku lagi baik ya aku mohon izin, kalau situasi lagi enggak dukung ya sudah aku beri pengertian pada anak-anak supaya mau didampingi papi nya. Dan minta kebaikan suami untuk melapangkan hatinya melihat ibu-ibu di sekolah hehe.

Tips Working Mom Supaya Nyaman Saat Minta Izin

Berdasarkan pengalamanku ada beberapa tips yang bisa aku sharing supaya kita merasa nyaman izin dari kantor :

  1. Update selalu kegiatan anak-anak, karena urusan mendampingi anak biasanya sudah terjadwal selama setahun. So mommies bisa langsung atur jadwal izin dan menyesuaikan pekerjaan, jadi aku akan mengusahakan saat izin tak ada pendingan kerjaan.
  2. Minta Support Teman Kerja, alhamdulillahnya aku ada rekan seruangan jadi selalu aku diskusikan dan minta bantuannya untuk menghandle kerjaan selama aku izin
  3. Berikan Pendapat ke Sekolah, saat awal sekolah pasti ada rapat wali muridkan? Nah working mom harus datang untuk menyampaikan suara. Aku selalu hadir kalau awal sekolah begini, aku meminta agar sekolah mempertimbangkan keberadaan working mom. Misal, aku minta bila ada kegiatan sekolah sebaiknya diatas tanggal 15an supaya urusan laporan awal bulan selesai dan tutup buku masih jauh. Alhamdulillah didengar dan setiap kegiatan sekolah diadakan setelah tanggal 17 jadi aku selalu bisa izin karena kerjaan kantor juga tanggal segitu lagi slow.
  4. Bila Tak Bisa Minta Maaflah, kalaupun situasi enggak memungkinkan maka sebaiknya beberapa hari sebelum kegiatan minta maaflah pada anak, jelaskan alasannya dan ceritakan betapa nanti menyenangkan bila didampingi Ayah atau siapapun yang mendampinginya dan berjanjilah dikegiatan berikutnya untuk menemaninya.
  5. Ontime, kadang izinnya enggak seharian juga sih jadi berusahalah ontime. Misal aku izin hanya sampai jam 11 maka tibalah di kantor jam 11. Usaha ontime ini akan dinilai atasan bahwa kalau kita berjanji selalu tepat waktu sehingga next kalau izin lagi maka atasan sudah bsia memprediksi pekerjaan kita dan dia.
Well moms itu dulu sharing kali ini ya, dan kalian apakah merasakan hal yang sama? Atau justru kalian tak ada masalah ketika harus menemani kegiatan anak di sekolah ? 




When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.