Gaya Hidup Minimalis Belum Tentu Murah - Ulihape.com

Gaya Hidup Minimalis Belum Tentu Murah

Tentang gaya minimalis seyogyanya adalah memaknai hidup untuk lebih teratur, fokus dan hemat. Dulu aku berpikir demikian, minimalis berarti hidup sederhana dan bisa membawa perbaikan untuk bumi kita.

Ulihape.com
Ulihape.com
Dalam benakku bila memilih hidup minimalis maka aku enggak butuh banyak baju dilemari, dengan minimalis berarti rumah enggak usah diisi aksesoris macem-macem, dan tentu saja minimalis itu sederhana. 

Ternyata saat ini "minimalis" itu justru sebuah trend yang membutuhkan dana tak sedikit. Minimalis zaman now itu enggak murah ges! Coba kalian main ke real estate dengan konsep minimalis, selain bangunan kecil tentu design interior nya pun wow bikin gemesh, murahkah? Tidak!

Bila konsep minimalis yang dimaksud adalah lebih menata diri untuk tak boros tentu aku setuju, itu baik dan harus dilaksanakan. Misalnya dulu sering gonta-ganti sepatu namun dengan memilih  prinsip hidup minimalis akhir memutuskan hanya membeli satu sepatu saja, karena toh fungsinya sama saja. 

Kalau dulu suka menumpuk barang, dengan prinsip hidup minimalis maka tak akan barang bertumpuk tak terpakai di dalam rumah. Minimalis itu seyogyanya menambah ruang terbuka sehingga membawa dampak bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Namun era sosial media menurutku justru membuat makna minimalis ini bergeser menjadi sebuah trend hidup yang diekspos ke sosial media, sehingga orang berlomba-lomba menciptakan suasana rumah minimalis dengan budget yang lumayan. Bahkan ada teman yang rela menggesek kartu kredit demi menciptakan rumah minimalis nuansa shabby chic dengan budget yang wow menurutku.

Dekorasi minimalis memang lucu namun tidak dengan dananya, rumah minimalis memang cute tapi tidak dengan biaya yang dikeluarkan, pola hidup diet sehat juga minimalis tapi tidak dengan rupiah yang dikeluarkan, ehmm is it something wrong here ?

Entahlah apakah ini hanya yang terlihat oleh mataku? Untuk aku pribadi menjalani hidup minimalis itu enggak usah repot dengan konsep dan trend. Kembalilah kepada makna minimalis sebenarnya seperti :

  1. Perabot rumah enggak usah macem-macem wong dulu mamak punya sofa mahal tetap aja kalau ada saudara pengennya duduk ngelantai. Dulu lemari hias mamak diisi macam-macam dengan pernak pernik namun fungsinya apa sih? sekedar pajangan ges. Karena itu saat ini rumah sederhana kami memang minimalis dalam makna sebenarnya, sofa ada satu, lemari hias enggak ada dan ruangan kecil kami lebih tampak luas dan tentunya jadi hemat energi karena tidak butuh tenaga lebih dalam perawatannya.
  2. Membeli Barang, konsep minimalis juga aku terapkan dalam menentukan membeli baju, makanan dan perlengkapan lainnya. Pokoknya setiap ingin membeli sesuatu harus dipastikan memang barang lama layak diganti dan bila tidak layak ganti harus rela memberikan ke orang lain sehingga enggak ada cerita punya TV dua hehe.
  3. Menanam Tanaman, dan konsep minimalis bisa diterapkan dalam memilih tanaman bila ada halaman maka tanamlah pandan, serai, kunyit, lengkuas dan jahe sehingga bisa menghemat serta menyuburkan tanah.
Saat ini aku baru bisa menjalankan ketiga hal diatas saja, yang terpenting adalah jangan sampai mengaku hidup minimalis tetapi pengeluarannya lebih banyak dari orang yang hidup pas-pasan hehe. So kalian sudah menerapkan hidup minilais dalam hal apa saja? Share ya siapa tahu bisa menjadi manfaat bagi yang mampir di blog ulihape.com

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.