Podcast Mirip Radio dan Ini 4 Perbedaannya - Ulihape.com

Podcast Mirip Radio dan Ini 4 Perbedaannya

Podcast ...

Finally bisa juga memahami apa itu podcast, kenapa akhir-akhir ini banyak orang mulai membuat konten berseri untuk podcast.

Dari beberapa artikel yang aku baca ternyata podcast ini mirip dengan radio, namun tentunya tak sama. Podcast adalah singkatan dari iPod Broadcasting, so ini berawal dari produk Apple right? Podcast sendiri sudah mulai ada sejak tahun 2005 dan setahun lalu yang aku tahu mulai deh booming di tanah air, tak apa terlambat daripada enggak ya khan? It's sound so Indonesia ya haha.

podcast - ulihape.com


Well, beberapa artikel aku baca untuk mencari tahu bagaimana cara kerjanya podcast ini dan kesimpulanku ini mudah guys, apalagi bagi kita blogger. Simple nya ini membuat tulisan menjadi audio. Makanya cara kerjanya mirip radio kamu nikmati dengan mendengar.

Jadi sama seperti ngeblog podcast kita sebaiknya meruncing kepada satu tema, supaya podcastnya asyik kerjakanlah seperti membuat tulisan. Buat kata pengantar, kata penutup dan bikin outlinenya supaya lebih jelas dan terarah.

Podcast bisa segera kita buat bila kalian punya gadget dan pastikan ada menu recorder karena rekaman suara adalah materi utama membuat podcast. Dan sepertinya supaya audio yang dihasilkan bagus kita butuh microphone yang kece nih, tapi dengan mic gadget saja untuk pemula aku pikir ok lah.

Setelah paham sekarang bagian mencari aplikasi yang mudah untuk pemula dalam membuat podcast dan yup! aku temukan dalam satu ulasan dan akhirnya aku memilih anchor and its for free guys! Setelah download kita tinggal sign ini by email saja, lalu klik tanda plus and ready for recording. Setelah selesai kita akan diminta membuat deskripsi, judul dan bisa milih musik sebagai backsound lalu pilih cover dan siap publish.



Menggunakan aplikasi anchor sangat mudah dan bisa satu langkah saja. Karena buat yang sudah pro tampaknya lebih asyik menggunakan banyak aplikasi terpisah. Ada aplikasi buat ngerekam, aplikasi edit dan housting untuk mempublish podcast.

Kali ini sebagai pemula aku cukup puas belajar menggunakan aplikasi anchor. Nah setelah selesai publish sekarang waktunya untuk share, iya sama seperti ngeblog supaya da yang denger kita harus promosiin podcast kita. Dan anchor bisa juga langsung share ke instagram loh.

Lalu apa sih perbedaan dengan radio?

  1. Enggak repot cari channel, dengan podcast kalian bisa mendnegarkan banyak hal tanpa harus cari channel, cukup cari topik yang ingin kalian dengarkan.
  2. Enggak butuh penyiar, podcast ini bisa langsung kalian dengar tanpa harus ada pengantar dari penyiar karena semua topik sudah ada dalam keadaan siap didengar
  3. Bisa diputar kapan saja, nah enggak seperti radio yang ada jam tayangnya dengan podcast kalian bisa putar kapan saja bahkan begitu bangun tidur guys
  4. Bisa dengarin topik yang disuka, nah podcast bisa membuat kita langsung mendengar apa yang ingin kita dengar. Kalau radio kadang kita melewatkan banyak iklan untuk mendengar bagian yang kita suka.
Gimana guys? menarik ya podcast ini. Akhirnya aku berhasil juga membuat satu podcast dengan judul "Mamak Belajar Bikin Podcast" coba dengerin ya hehe dan makasih banyak buat ISB yang sudah kasih challenge tema ini, dan rasanya baru kali ini juga belajar hal yang benar-benar aku gak tahu sama sekali dan ini buat tema berikutnya dong hehe.


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.