Tips Jitu Mengembalikan Akun Twitter Yang Di Suspend

Twitter semakin ketat! Maka berhati-hatilah dalam memberikan interaksi baik cuitan,RT, Like maupun komen. Algoritma twitter memang berubah semakin baik. Akun boot sudah sangat sedikit, makanya gak heran kalau banyak brand lebih suka melakukan promote di twitter karena memang lebih terukur insightnya.

Twitter dulu juga bisa beli follower namun sejak dua tahun lalu jasa beli follower di twitter sudah bangkrut, makanya akunku yang yang komburmamak followernya hilang 2 ribu lebih karena memang banyak akun boot, bukan beli sih tapi memang disuntik dari dalam karena dulu dipakai untuk urusan partai. Namun sekarang udah gak bisa lagi makanya kalau ada yang nawari jasa beli follower dipastikan tipu dan pasti kena tendang sama twitter.


Lantas apa sih yang membuat akun twitter kena semprit dan di banned? Aku sharing beberapa hal yang aku ketahui dan semua dari pengalamanku selama melakukan pekerjaan menggunakan twitter.

Sebab Akun Kena Setrap 

  1. Akun Pasif, twitter memang mengacak melakukan suspend dan biasanya dengan mudah akan kena pada akun yang sudah lama pasif lalu tiba-tiba ikutan ngejob. Jarang ngetwit sekalinya hadir bikin 10 cuitan, maka dipastikan akun ini akan langsung kena pembatasan.
  2. Ngetwit beruntun, atur irama cuitan kita. Jangan tergesa-gesa usahakan per 1 menit hanya ada 1 cuitan.
  3. Hestek di report, biasanya kalau ada yang melaporkan hestek maka secara acak twitter akan patroli dan kalau apes akun kita bisa kena setrap.
  4. Jarang ngetwit organik, jadi bukan blog saja yang harus diramein artikel organik. Twitter pun pengennya user nya meramaikan twitter dengan cuitan organik. Makanya deh akhir-akhir ini aku suka ngetwit organik demi menghindari satpol PP di twitter hehe
  5. Ngetwit hal sensitif, isu-isu politik juga rawan ges, jadi sebisa mungkin jangan gunakan istilah sensitif, cari padanan katanya.
  6. Ngetwit Isu Yang Di Boost Twitter, belakangan tiap ngetwit Corona pasti akun-akun langsung dilockdown. Awalnya aku pikir kenapa? Ternyata Twitter lagi ngiklanin tentang Corona dari WHO jadi jangan mencuit apapun yang sedang diboost twitter soalnya takut dianggap mengaburkan kerjaan dia jadilah akun-akun yang nyebut Corona kena semprit.
Akunku sudah beberapa kali kena peringatan dan 3x kena banned. Jadi peringatan yang diberi twitter juga bermacam, gak langsung suspend kok.

1. Peringatan Lewat Email, twitter masih baek nih, kita diemail pemberitahuan buat gak ngetwit aneh-aneh. Berarti sebelumnya sudah ada interaksi kita di twitter yang bikin akun kita ditandai, aku pernah mengRT twit teman dan itu tentang Corona eh kena jewer hehe. Jadi interaksi itu seperti RT, Like, Comment memang diawasi.

2. Pembatasan Fitur, nah ini tiba-tiba mau ngetwit eh diminta verifikasi apakah kita robot apa bukan dan masukkan nomor telepon or email dan kalau OK akun kita bisa di akses namun gak bisa ngetwit tapi kita masih bisa liat profile dan timeline. Usahakan main aman kalau sudah begini usahakan ngetwit organik, lalu interaksi ke teman dan jangan main hestek dulu.

3. Suspend, kalau ini yang terjadi maka tampilan akun kita gak bisa kita akses, lalu teman kita juga gak bisa lihat akun kita. Sebagian akan menganggap kita mengunfoll mereka.

Khusus poin 3 perjuangannya agak berat, harus maju terus memohon ke twitter.

Cara membuka suspend

1. Masuk ke akun kita lalu isi form komplain lewat HELP Centre

2. Biasanya akan diarahkan untuk meklik tombol call me, tapi 3x kejadian ternyata tombol itu gak berfungsi. Aku bahkan sampai isi pulsa tapi sama aja no respon.

3. Setelah isi form biasanya twitter akan membalas ke email kita dengan jawaban standard. Nah emailnya ga bisa di reply. Lalu masuk lagi ke akun dan isi lagi form komplain dengan alasan "bahwa kita sudah melakukan sesuai instruksi tapi ga ada hasil". Ntar ada lagi balasan dan kita diminta menunggu, sama ini juga gak bisa di reply.

4. Besoknya lakukan lagi poin 2 & 3, sampai ada email yang isinya kita boleh mereply emailnya.

5. Balas emailnya dan jelaskan kapan aktivitas terakhir, apa yang kalian cuitkan dan sebutkan alasannya,  lalu screen shoot akun twitter kalian yang tersuspend dan minta kembalikan dengan menyebut alasan

6. Biasanya akan dibalas dengan bahasa standard dan coba cek akun kalian kalau posisinya sudah bisa melihat profile kalian dengan jumlah following dan follower 0 maka besar kemungkinan akun kalian bisa selamat.

7. Twitter akan mengemail bila dia sudah membuka akun kita.

Pokoknya memang harus rajin melakukan poin 2 dan 3 secara berulang. Waktu ke suspend pertama aku butuh waktu 3 minggu, dengan 10x mengulang poin 2 dan 3. Suspend kedua aku butuh waktu 1 minggu dan yang ke 3 kalinya hanya 5 hari dan mengulang poin 2 dan 3 sebanyak 2x saja.

Entah apa indikator twitter melakukan suspend, yang pasti sekarang aku lebih rajin ngetwit organik, melakukan interaksi organik supaya bebas dari kecurigaan mesin algoritma twitter.







When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: