Dukung Imunitas Anak Dengan Asupan Nutrisi Yang Tepat Agar Keseimbangan Saluran Cerna Terjaga

3 Tahun lalu aku harus bolak balik ke Rumah Sakit dikarenakan kondisi anak keduaku yang menunjukkan indikator tumbuh kembang yang tidak optimal. Berat badan dan tinggi badannya tak sesuai dengan usianya saat itu. Memang anak keduaku ini setiap selesai makan selalu BAB, tak jarang juga mengalami diare berulang nyaris setiap bulannya.

pentingnya menjaga kesehatan saluran pencernaan
Imun Anak Bekal Tumbuh Kembang Optimal

Saat itu aku mengunjungi seorang Dokter Spesialis Metabolik, dari beliau aku paham bahwa kunci tumbuh kembang optimal anak balita adalah di saluran pencernaannya, mulailah dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan untuk anakku, ternyata banyak juga yang dicek mulai dari kesehatan orang tua, dan tes medis lainnya. Pengobatan dimulai dari membereskan saluran pencernaan anakku, karena ternyata 60-70% sel imunitas anak adanya di saluran pencernaan makanya penting banget menjaga kesehatan saluran cerna anak.

Pada saat itu pula aku memahami betapa penting nya memberikan nutrisi dan salah satunya probiotik dan prebiotik,  kalau bisa keduanya kita berikan seimbang. Nah beberapa hari lalu kebetulan nih aku mengikuti seminar digital bersama Nutriclub dengan tema “Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal”. Aku akan coba sharing buat para mommies dan semoga artikel ini bermanfaat untuk mewujudkan tumbuh kembang anak yang optimal

Pada kesempatan kali ini aku senang banget bisa mendengar langsung ilmu dari Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD beliau adalah Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel di seminar digital. Beliau menyampaikan bahwa saat ini di dunia penyebab kematian pada anak terbesar adalah infeksi saluran pernapasan akut dan diare, kenapa? Hal ini bisa terjadi karena imun balita memang belum sempurna which is disebabkan sel-sel usus anak belum menutup sempurna, makanya memang tidak heran bila balita kerap terserang diare karena masih ada celah pada sel-sel ususnya. Jadi sangat wajar ketika usia balita anak mulai mengeksplor sekitarnya ada kuman atau alergen yang masuk dan sangat mudah menjadi pemicu diare. Untuk itu peran kita sebagai orang tua dalam menjaga kesehatan saluran cernanya sangatlah penting.

Mengenal Mikrobioma Usus

Prof. Yvan sangat concern kepada penelitian mikrobioma, jadi Mikrobioma adalah seluruh ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ. Mikrobioma ini ada dalam sel-sel usus, jadi dalam usus ada yang disebut dengan mikrobiota usus, seperti bakteri baik bifidobacteria yang berperan penting untuk mendukung sistem imun. Mikrobiota ini nanti akan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan. Makanya nih moms sangat penting untuk menjaga keseimbangan komposisi bakteri baik bifidobacteria. Lalu bagaimana caranya? Menurut Prof Yvan kita harus memberikan nutrisi anak yang mengandung prebiotik. Dengan prebiotik  akan menyeimbangkan mikrobioma gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma di dalam usus) yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini. 

Selain Prof. Yvan pada kesempatan ini juga hadir dokter cantik Ariani dan beliau adalah Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi jadi nyambung banget materi Prof. Yvan dengan DR. Ariani sehingga lebih mudah dicerna juga, secara Prof. Yvan menjelaskan dalam Bahasa Inggris hehe.  Beliau menyampaikan betapa pentingnya membentuk sistem imun anak sejak dini, imun yang baik akan menjadi bekal untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Dan sistem imun pada balita akan makin kompleks dan sempurna seiring bertmbahnya usia anak. Dan aku baru tahu, ternyata terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dalam tubuh manusia dan tempatnya paling banyak terdapat di usus loh!

 

Apa Sih Beda Probiotik dan Prebiotik?

Dari materi DR. Ariani aku jadi paham apa perbedaan Probiotik dan Prebiotik, kita sering ya mendengar Probiotik dan Prebiotik apa sih bedanya? Jadi probiotik itu terdiri dari mikroorganisme hidup sedangkan prebiotik merupakan serat yang menjadi makanan bagi mikroorganisme. Karena seringnya permasalahan diare pada anak maka kini susu pertumbuhan anak sudah  ada kandungan Probiotik dan Prebiotik, hal ini untuk membantu para orang tua menjaga kesehatan saluran pencernaan anak. Perbedaan lainnya Probiotik terkandung dalam makanan atau minuman yang difermentasi seperti yoghurt sedangkan prebiotik diambil dari serat alami tumbuhan.

Meski berbeda namun prebiotik dan probiotik punya kesamaan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara memelihara keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus. Hal inilah yang menjadi penelitian Prof Yvan, so lebih spesifik, prebiotik yang merupakan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan oleh bakteri dalam usus mampu merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria. Dan zat ini juga yang akan membantu tubuh menghasilkan Vitamin K dan B12 which is gak bisa di produksi oleh tubuh. Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.  

 

FOS dan GOS juga mampu membantu mendukung daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi - Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD -

Prof. Yvan juga melakukan GIANT study pada 767 anak sehat berusia di atas 1 tahun di lima negara yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebotik lcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA yang sengaja ditambahkan ke dalam susu. Dan dari penelitian ini Prof Yvan mendapati fakta bahwa ke 767 anak tadi mengalami risiko infeksi yang lebih rendah dibanding anak yang menonsumsi susu sapi tanpa adanya tambahan prebiotik.

Nah sekarang sudah paham kan bagaimana peran penting saluran pencernaan yang ternyata berdampak pada daya tahan tubuh si kecil. Untuk itu  pemberian asupan nutrisi yang tepat juga dibutuhkan, dan tentunya kita sebagai orang tua memiliki peran besar untuk menjaga kesehatan sang anak ya.

So buat para orang tua yang ingin belajar lebih jauh seputar tumuh kembang anak, bisa banget nih untuk mencoba akses website nutriclub.co.id. Jangan lupa segera kunjungi dan dapatkan beragam informasi menarik serta informatif seputar si kecil ya!

Saya pribadi juga berharap agar semakin banyak orang tua yang paham akan isu seperti ini sebagai upaya untuk memberikan yang terbaik  bagi si kecil. Semoga saja Nutriclub terus mengedukasi masyarakat Indonesia sehingga para orang tua akan memberikan nutrisi anak terbaik dalam menghasilkan generasi masa depan yang sehat!


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

7 comments:

Rina said...

Saya termasuk yang masih sering ketuker antara probiotik sama prebiotik mbak. Makasiih bermanfaat artikelnya. :)

nirma said...

Setuju banget, memang asupan makanan itu paling mempengaruhi kesehatan anak. Termasuk orang dewasa juga sih.

Maria G Soemitro said...

Hebat ya Nutriclub selalu tahu kebutuhan anak dan berinovasi
Dulu anak sulungku allergic susu dan sering sembelit
Bingung dong sebagai ortu karena ngga banyak solusi seperti sekarang

diane said...

Yes.. edukasi dengan cara seperti Nutriclub ini cukup efektif ya.. karena bisa diakses siapa saja kaoan saja dan dimana saja

Fenni Bungsu said...

Saluran cerna ini pengaruhnya luar biasa ya kak untuk tumbuh kembang anak. Makanya perlu dijaga kesehatannya sistem pencernaan

Dwi Ananta said...

Masalah tumbuh kembang ini perihal paling sensitif dan bikin stress plus baper mamak-mamak hhehehe... Apa lagi kalau anak punya riwayat alergi duh bapernya ditambah bingung juga mau mencukupi gizinya tapi banyak bahan murah bergizi malah gak cocok di tubuhnya... elah malah curhat aku hahaha

Putri Haneen said...

Setuju banget sama mba uli... Kesehatan saluran cerna anak sangatlah penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Sehingga sekarang ini sebagai orang tua dituntut untuk terus belajar memberikan nutrisi terbaik pada anak.