-->

5 Tips Survive Ngeblog Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 di negara kita belum juga menunjukkan penurunan, bahkan dua hari lalu kasus positif mencapai angka tertinggi yaitu 1.600 kasus positif.


Pandemi bukan hanya tentang kesehatan fisik, efeknya juga melemahkan perekonomian. Banyak perusahaan yang sudah lemah terpaksa mengakhiri nasibnya saat pandemi.

Pandemi membuat banyak orang terpaksa merombak rencana di semester kedua tahun ini, perusahaanku tak terkecuali sampai harus rombak budget untuk menyesuaikan kondisi keuangan. Memang belum terlihat efeknya tapi kami harus bersiap.

PELUANG BLOGGER

Lalu bagaimana dengan blogger? Apakah semester kedua akan tetap memberikan penghasilan yang sama seperti tahun lalu?

Dari catatan keuangan blogku pendapatan semester I tampak ada penurunan sebesar 33% namun demikian aku tetap bersyukur karena penghasilan blog masih memberikan kontribusi bagi kehidupan kami.

Semester kedua akankan bisa mengejar ketertinggalan semester satu? Sepertinya tidak dan aku harus mengubah beberapa rencana supaya kehidupan bisa berjalan apa adanya.

Tips Survive Ngeblog Semester II

1.  Tetap Menulis Artikel, sepinya job ngeblog jangan membuat malas mengupdate blog. Justru selama ini kewalahan nulis artikel organik karena banyaknya tawaran job so gunakan momen saat ini untuk mengupdate artikel organik. Ide blogpost bisa seputaran pandemi atau berita viral yang ada bahkan segala tips selama menghadapi pandemi.

2. Mengambil Peluang Yang Ada, peluang saat ini bukan melulu masalah uang.  Aku sudah beberapa kali menerima job dibawah ratecard, bahkan ada banyak yang gratis. Kita harus bisa berdamai dengan keadaan saat ini dan pastinya sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

3. Membantu Promosi Usaha Teman, aku percaya saat ini banyak teman-teman yang memulai bisnis dengan berbagai alasan, mumpung paid promote sepi mari kita bantu promosikan bisnis teman-teman kita. Inshaallah bisa membawa rezeki bagi orang lain itu baik kok.

4. Tetap Menabung, nah jangan lupa untuk tetap menyisihkan sebagian pendapatan dari ngeblog sesedikit apapun itu. 

5. Berhemat, kondisi saat ini memaksa aku berhemat. Jujur pendapatan ngeblog alokasinya buat nambal ongkos ke kantor jadi selama ini aku selalu gunakan akses tercepat dengan biaya yang lumayan. Nah sejak sepi job mau gak mau aku mengubah kebiasaan dengan memilih transportasi yang lebih hemat. Dan sudah 3 bulan bisa terlewati.

Selebihnya berbuat baik dan jalin silaturahmi dengan sesama blogger, karena kita gak tahu pintu rezeki datangnya dari arah mana. Alhamdulillah selama ini ada saja teman-teman yang mengingat dan mengajak aku untuk terlibat dalam project mereka.

Tetap semangat ya teman-teman! Semoga segera berlalu pandemi dan undangan event akan banyak lagi, aamiin.



When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

1 comment:

Ikrom Zain said...

tetep konsisten nulis ya teh peluang selalu ada