-->

Menahan Diri Memang Tak Mudah, Tapi Bisa Diusahakan

Dalam kehidupan memang selalu diminta untuk bersabar. Sabar bagiku adalah mampu menahan diri dari hal apapun. Memang susah tapi sangat bisa diusahakan kalau kita mau. Bagiku jangan sampai orang lain yang mengontrol peraasaan kita makanya aku sangat susah sih dipengaruhi hehe.



Trus paling susah menahan diri tuh pas ngapain sih? Berdasarkan pengalamanku paling suah itu menahan diri dari rasa menunjukkan kepada orang lain bahwa kita tahu segalanya. Bahkan aku mengenal seseorang yang entah memang wataknya atau apa setiap aku cerita tenta poin A maka dia akan menimpali poin A.1 dan seterusnya, baiklah dia paling paham sedunia. Responku biasanya akan memilih diam dan tak melanjutkan apa yang ingin kusampaikan.

Nah kalau dikaitkan dengan belajar hal baru, kira-kira orang yang tak bisa menahan diri begitu pasti akan selalu merasa sudah tahu, ini mirip deh dengan anak keduaku yang tiap mau diajari selalu bilang "iya aku udah tahu kok" hehehe tapi nyatanta hanya tahu sedikit saja.

Lalu apakah kita harus selalu mengosongkan gelas ketika ingin menyerap sesuatu? Menurutku tak perlu sampai kosong, tapi sebaiknya kalian bisa menahan diri, serap ilmu baru tersebut tanpa interupsi lalu renungkan apakah ada perbedaan yang kalian dapatkan dari yang sudah ada didalam kepala.
Kan gak enak ya saat kita antusias share ilmu eh ada yang nyeletuk udah tahu hehe, padahal bisa toh memilih untuk pura-pura gak tahu atau penasaran dengan hal yang sama namun dari kepala yang berbeda. Lantas gimana sih menahan diri untuk bisa mendengarkan orang lain?

Tips Menahan Diri Saat Menyerap Hal Baru

Akan selalu ada godaan untuk menunjukkan bahwa kita juga mengetahui berbagai hal, lalu gimana ya cara menahan diri ?
  1. Berusahala Menjadi Pendengar Yang Baik, memang gak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Namun bisa diusahakan kok, saat seseorang ingin bercerita maka kesampingkan dulu semua ego kalian, cukup dengarkan saja dan sampaikan pendapat disaat yang diperlukan. 
  2. Perbedaan Sebagai Wawasan Baru, ketika belajar hal baru meski kita sudah mengetahuinya maka usahakan meninggalkan ego kita. Terima semua informasi, serap dengan baik dan bila berbeda maka jadikan sebagai sebuah sudut pandang baru. Dan kalau bisa digabungkan dengan pengetahuan yang kalian pahami maka akan ada banyak sudut pandang yang bisa diceritakan dari sebuah peristiwa.
  3. Menghargai Orang Lain, seringkali kita terlalu sibuk dengan pemikiran kita sehingga kita sering mengabaikan hal baru yang disampaikan orang baru. Cobalah menghargai orang lain maka kita akan bisa memandang positif terhadap hal baru.
  4. Jangan Menilai Kemampuan Seseorang, hal lain yang membuat kita tak bisa menahan diri adalah kita sudah melakukan penilaian terhadap seseorang "yah bisa apa sih? wong anaknya aja gak bisa diurus?" padahal seringkali antara satu hal ke hal lainnya tidak berkaitan namun karena penilaian kita akhirnya kita membuat batas dalam menerima pendapat orang lain.
  5. Haus Akan Ilmu, ketika kita selalu merasa kekurangan maka kita akan semangat untuk menerima apapun dari orang lain. 
5 poin di atas kerap aku gunakan saat aku bertemu dengan orang baru, tak jarang apa yang disampaikan dengan serius oleh seseorang adalah hal yang sudah lama aku ketahui, namun selalu ada hal baru yang aku temui karena memang aku membiarkan diriku menerimanya. Aku juga selalu profesional menilai orang lain, disatu sisi mungkin pernah tak mengenakkan namun disisi lain memang dia mumpuni dalam sesuatu.

Menahan diri memang susah tapi yakinlah kalau mau diusahakan pasti bisa!





When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: