-->

4 Cara Mudah Mengenal Karakter Orang

Hati adalah salah satu organ dalam tubuh yang menurutku selalu berkata jujur dan memberi petunjuk pada ku. Namun seringnya aku abaikan karena kadang logika melarang aku manut kepada kata hati. Begitu kejadian sesuai bisikan hati maka sejak itu aku akan selalu percaya pada kata hati ku, untuk berbagai hal termasuk dalam menilai seseorang.


Mengenal Seseorang Dalam Waktu Singkat

Aku punya banyak teman dengan berbagai kalangan, salah satu keuntungannya adalah aku bisa dengan mudah beradaptasi dan mengenal orang-orang yang baru aku temui. Kebiasaan ini membuat aku dengan mudah mengenali karakter seseorang dalam satu kali pertemuan. Penilaianku bisa dibilang jarang meleset, namun meski demikian penilaianku ini gak mengurangi aku untuk bergaul dengan mereka baik menjadi lebih akrab atau jadi menjauh. Penilaian itu hanya aku jadikan sebagai alarm, sehingga aku tahu kapan harus bertindak menolak atau menerima kebaikan/kejahatan seseorang.

Misal aku bertemu dengan si A dan dalam penilaianku si A ini baik, hal ini tak lantas membuat aku bersikap baik kepada dia, sebaliknya bertemua dengan si B dan dia adalah orang yang tak baik dalam penilaianku maka aku tak lantas menjauh darinya. Apapun penilaian ku terhadap seseorang maka selalu ada hal-hal yang bisa terjadi dikemudian hari which is bisa membalikkan penilaian di awal meski ini jarang banget terjadi.

Nah, selama ini ada 4 hal yang aku perhatikan dalam menilai seseorang secara cepat,

  1. Senyuman, pertama kali bertemu seseorang maka aku bisa merasakan hal baik, biasa saja dan hal tak baik dari senyumannya. Tarikan garis dibibir bagiku mampu menunjukkan apakah orang tersebut mau berteman atau tidak. Bila senyumannya tak lepas dalam 10 detik bisa dipastikan dia orangnya ramah dan mau diakrabi tapi kalau senyuman sudah lepas sebelum 5 detik maka sebaiknya jaga jarak saja, tak usah terlalu akrab.
  2. Tatapan Mata, mata adalah anggota tubuh yang bisa memberikan informasi lebih. Dan biasanya tatapan mata ini seirama dengan senyuman, perlu diwaspadai ketika senyuman dan tatapan mata berbeda maka itu adalah alarm bagi kita bahwa dia bukan seseorang yang bisa diajak bekerjasama.
  3. Gaya Bicara, seseorang yang selalu ingin menguasai pembicaraan biasanya egois, sebaliknya bila dia mau mendengar dan tak selalu merasa unggul atas topik yang kita bahas dia adalah orang yang supel dan ramah.
  4. Raut Wajah, poin empat ini yang aku suka keliru karena manusia zaman now pintar banget acting hehe, namun begitu untuk mengenal dalam waktu singkat ini juga membantu meski selalu ada kemungkinan aku salah menilainya. 
Well, sebenarnya apapun karakter orang yang kita temui bagiku memperlakukan orang lain itu harus seperti inginnya kita diperlakukan oleh orang lain. Agama manapun selalu meminta umatnya untuk selalu berprasangka baik terhadap siapapun. Prasangka baik ini juga bisa membuat orang mengubah niatnya kepada kita.

So secepat apa kalian bisa menilai seseorang? Boleh dong share di komentar ya...




When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: