-->

5 Manfaat Kolaborasi Dalam Tim Kerja

Kalo aku mendengar Kolaborasi itu berarti ada dua atau lebih keahlian disatukan sehingga menjadi wow!

Sedangkan secara bahasa Kolaborasi adalah proses bekerja sama untuk menelurkan gagasan atau ide dan menyelesaikan masalah secara bersama-sama menuju visi bersama. 

Kali ini aku mau membahas apa sih untungnya kolaborasi dalam tim kerja? Selama ini dalam satu departemen aku berkumpul dengan berbagai skill dan semua skill ini kami satukan untuk mencapai tujuan kami dalam bekerja.

Menurut pengalamanku ada 5 manfaat dari kolaborasi dalam tim, yuk kita bahas.

Kolaborasi Dalam Tim Kerja

  1. Beban Kerja Menjadi Ringan, manfaat pertama yang aku rasakan adalah beban yang ditanggung masing-masing orang dalam tim menjadi rungan. Tujuan dicapai dengan melakukan hal sesuai kemampuan. Katakanlah aku kebagian mensortir data karena aku memang ahlinya pekerjaan ini bisa saja selesai dalam hitungan jam. Namun tak kantas membuat aku merasa bebas, kita bisa menawarkan bantuan untuk memudahkan pekerjaan tim.
  2. Efisien Tapi Tak Menjamin Efektif, kolaborasi bisa membawa keuntungan bila tim kerja mampu berkolaborasi, hal ini tentu nya membuat perusahaan lebih efisien karena tak harus meminta tambahan tenaga ahli. Namun efisien belum tentu efektif, kadang kolaborasi justru bisa menambah waktu penyelesaian pekerjaan karena menyatukan ide dari banyak kepala gak mudah
  3. Muncul Ide Baru, kolaborasi juga memberi manfaat akan ditemukannya ide-ide baru dalam mencapai tujuan. Hal ini terjadi karena dalam tim banyak orang dengan latar belakang beragam.
  4. Terbiasa Berdiskusi, dalam tim kerja manfaat lain kolaborasi adalah terjalin diskusi yang asyik, komunikasi antara tim menjadi lancar karena banyak keahlian disatukan demi mencapai sebuah tujuan
  5. Belajar Hal Baru, ketika dalam tim kerja ada banyak kehalian maka gunakan kesempatan ini untuk mempelajari hal baru. Tak jarang aku menemukan ketertarikan akan hal baru dan bahkan bisa menjadi ahli. Hal ini tentu akan menambah kualifikasi kita sebagai pekerja


Kolaborasi akan selalu menghasilkan hal baik bila dilakukan untuk tujuan yang baik. Tapi ada gak yang melakukan kolaborasi untuk hal tak baik? Tentu saja ada, dan banyak kasus kriminal yang terungkap dilakukan secara bersama dengan keahlian masing-masing.


Kolaborasi bisa menjadi shortcut untuk mencapai sesuatu yang tak bisa kita selesaikan dengan sendiri. So saatnya mencoba kolaborasi untuk hal yang besar!!

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: