-->

Aku Melakukannya Untuk Diriku (Makna IKIGAI Bagiku)

ODOP ISB kali ini banyak memberikan pengetahuan baru bagiku, challenge bukan sekedar ngeblog tapi diminta bikin talkshow di youtube jadi kontennya bukan hanya buat blog! benaran seru so buat kalian yang belum pernah ikutan aku pikir ini saatnya kalian bergabung dengan ODOP ISB biar makin greng ngeblognya.


Tema hari ini membahas IKIGAI dan ini hal baru bagiku, IKIGAI adalah istilah dari bahasa Jepang, terdiri dari dua kata yaitu IKI memiliki makna Kehidupan dan GAI bermakna nilai dan katanya gak ada terjemahannya sih makanya buat orang Jepang IKIGAI itu seperti sebuah ungkapan apa sih alasan yang bikin hidup mu bahagia?

AKU Melakukannya untuk AKU

Bila ditanya pada diriku apa yang menjadi kekuatanku dalam menjalani hidup? Maka IKIGAI ku adalah Diriku! Ketika Mamak menanyakan kenapa aku mau menikah dengan seorang suami yang tak memiliki materi jawabanku karena aku menginginkannya. Ada banyak temanku yang berlimpah materi namun menurut mereka hidupku jauh lebih bahagia, dan karena aku yang memutuskan maka aku tak pernah bermimpi ketika menikah denganku maka mendadak suamiku menjadi kaya. Karena aku yang menginginkannya maka tak pernah aku berkhayal suamiku akan membelikan aku ini itu dan alhamdulillah sampai hari ini aku merasa bahagia.

Ketika aku memutuskan menjadi working mom itu juga karena aku menginginkannya, bukan atas dorongan suami atau keluarga. Aku sadar betul untuk bisa memiliki jiwa yang sehat maka aku harus bekerja, lelah memang tapi karena aku berbuat untuk kebahagiaan diriku maka lelah itu menjadi energi. Dengan berangkat bekerja aku bisa membebaskan diri sejenak dari isi rumah yang sangat menguras energi, bertemu dengan orang lain selain tetangga membuat aku bahagia, pada akhirnya aku berbuat memang untuk diriku, bonus bisa memenuhi kebutuhan kami adalah sebuah berkah.


Ketika aku memutuskan menitipkan anak-anak di daycare itu juga aku lakukan demi diriku. Aku tak akan pernah tenang bila menitipkan anak kecil dengan pengasuh, berbagai kasus pengasuh nakal akan menghantuiku sepanjang hari, CCTV juga nggak bisa mencegah tindak kejahatan karena itu aku memutuskan anak-anak stay di daycare karena di sana pengasuh ada banyak, so harapanku mereka bisa saling mengingatkan dan alhamdulillah Kanda menuju usia 8 tahun dan masih di daycare.


Ketika aku memutuskan memasak setiap hari itu juga karena diriku, bukan untuk sebuah kata hemat. Aku memasak demi kebahagiaanku, dengan memasak aku bisa mendapatkan aneka menu yang sesuai selera lidahku, ada banyak kecewa yang harus ditelan ketika mendapati makanan di warung tak sesuai selera, namun dengan memasak aku hanya ingin melakukannya untuk ketenangan jiwaku, aku merasa lewat masakan anak-anak dan suami bisa merasakan ketulusanku kelak ketika mereka 'mengabaikanku' maka aku nggak akan menyalahkan diriku dengan sebuah penyesalan 'andai aku memasak untuk mereka'

Bila aku melakukan semuanya untuk diriku maka aku yakin tak menimbulkan kekecewaan karena memang aku tak pernah berkorban apapun, yang aku lakukan hanyalah untuk kebahagiaanku sendiri, IKIGAI ku adalah diriku sendiri makanya orang yang melihatku bisa saja merasa iba tapi bagiku itu sebuah kesalahan, mereka justru sedang iba dengan dirinya sendiri.

So stop doing something hanya untuk sebuah pembuktian dan pengorbanan, just do everything karena kau menginginkannya, percayalah kalau alasanmu adalah dirimu sendiri maka yang ada hanya bahagia dan semangat menjalani kehidupan ini.


Sama seperti yang heran melihat aku kok masih bisa sih nulis blog? Masih sempat drakoran, masih go to work naik motor pula, masih juga masak dan beresin rumah? Yup! Itu semua kulakukan karena diriku jadi semuanya hanya kesenangan bukan lelah.



When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: