-->

5 Cara Mudah Untuk Menghindari Burnout

Pernah mengalami burnout? Burnout adalah sebuah istilah medis untuk menjelaskan kondisi kelelahan fisik dan mental seseorang. Burnout biasanya hadir karena ekspektasi diri kita sendiri, istilah ini populer pada tahun 70an. Burnout sama nggak sih sama stres? Menurutku sih sama hanya saja pemicunya berbeda, kalau lelah karena memang kita melakukan suatu pekerjaan yang menguras tenaga maka ini memang lelah fisik, tapi pernah nggak kalian merasakan sudah tidur seharian tapi tetap merasa lelah? 

burnout
Hindari Burnout dengan 5 Cara Ini

Lelah yang hadir karena tekanan diri sendiri inilah yang mengacu kepada definisi burnout dan gejalanya biasanya memang nggak bisa kita rasakan, tapi orang lain mungkin akan merasa heran melihat anda nggak ngapa-ngapain tapi tampak tak bahagia. Aku sendiri merasa tak pernah terjebak pada burnout, beberapa tips ini semoga bisa bermanfaat bagi pembaca blog ulihape.com ya dan boleh juga kasih komentar bila ada opini lainnya. 

5 Cara Mudah Untuk Menghindari Burnout

  1. Kenali Kemampuan Diri, bila kalian adalah working mom seperti aku maka ada baiknya bekerjalah sesuai job desc dan kemampuan kalian. Seringkali burnout hadir hanya karena kita merasa harus menantang diri sendiri melakukan sesuatu diluar kemampuan kita. Ujungnya pekerjaan nggak selesai dan dapat penilaian yang tak menyenangkan akan memicu anda kecewa sehingga membuat anda merasa tak mampu dan perasaan seperti ini pasti akan menguras energi yang ada bahkan cenderung menghindari teman kerja karena merasa malu. Jadi bekerjalah sesuai kemampuan dan bila memang ingin menchallenge diri sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan atasan dan kalau perlu mintalah bantuan atasan untuk mencapai goal yang kalian rencanakan.
  2. Abaikan Perkataan Orang Lain, ada banyak orang yang nggak bisa bergerak hanya karena terlalu mendengar perkataan orang lain. Aku pribadi lebih senang mengabaikan perkataan orang lain karena menurutku apapun kondisi kita pasti selalu ada orang-orang yang memberikan komentar untuk membuat kita tampak tak baik. Mendengar omongan orang bisa membuat lelah, apalagi kalau kita selalu mengikuti ekspektasi orang atas diri kita duh kapan beresnya!
  3. Bersyukur, bisa jadi memang tak ada kaitan antara iman dan lelah fisik tapi menurutku kemampuan bersyukur bisa membuat kita jauh lebih menerima keadaan kita. Mengingat tuhan menurutku selalu mampu mengembalikan aku pada diriku dan aku melihat langsung seorang penderita gangguan mental yang rajin sholat dan mengingat tuhan ternyata memiliki kontrol diri yang lebih baik. Mungkin memang tak terkait  tapi aku yakin ketika kita dekat dengan sang pencipta maka dia tak akan membiarkan kita menjauh dari kehidupan nyata.
  4. Berhentilah Untuk Memuaskan Orang Lain, burnout kadang muncul hanya karena diri kita terlalu berjuang untuk membahagiakan semua orang. Ingatlah kita nggak bisa menyenangkan semua orang, tak mengapa kalau ada yang merasa tak puas oleh kita, tak mengapa kalau dia menghindari kita stop membuat orang harus menerima diri kita.
  5. Jangan Tergantung Pada Orang Lain, satu lagi tips dari ku adalah jangan tergantung pada orang lain dalam sisi apapun, Di kantor berusahalah bekerja secara mandiri, tingkatkan skill untuk bisa menguasai pekerjaan. Begitu juga hidup bertetangga jangan berharap bantuan orang lain sebelum berusaha. Dengan membebaskan diri dari ketergantungan maka kita akan jauh lebih bebas melakukan apapun, kalau kita bergantung maka kita akan merasa ada beban ketika ada hal yang tak mengenakkan hati dari orang yang suka membantu kita. Bebaskan diri kalian dari ketergantungan kepada orang lain akan mampu menghindarkan kalian dari rasa lelah yang tak penting.
Burnout bisa akan parah kalau kalian punya mental yang lembek dan saranku bila kalian sudah merasa lelah tanpa tahu sebabnya ada baiknya curhatlah kepada teman, atau konsultasi kepada tenaga medis yang bisa membantu kalian. Cara yang termudah mungkin bisa ambil waktu untuk jeda dari rutinitas kalian karena rasa bosan juga bisa jadi pemicu burnout.


Well, tetap semangat dan yakin bahwa pertolongan tuhan selalu tepat waktu dan bahwa tuhan memberikan ujian sesuai kemampuan kita!


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: