-->

Komik Indonesia dan Jepang Menemani Masa Kecilku

Siapa yang suka membaca komik? Komik memang bacaan yang menarik dan biasanya komik terbit dengan beberapa episode yah mirip sinetron gitu deh. Aku yang lahir tahun 79 ini masa kecilnya juga udah baca komik, tapi pada tahun 80an komik yang aku baca tuh beneran komik yang sangat Indonesia, belum kenal dengan komik dari luar, baru deh tahun 90an ketika aku sudah SMP aku mulai mengenal komi-komik Jepang dan mendekati tahun 2000an banyak serial komik yang tayang di televisi, ehm sejak saat itu minta baca komik surut karena aku pikir lebih asyik menonton saja.

komik masa kecilku
Komik Masa Kecil

Biasanya kami menyewa komik, jadi dulu bisnis penyewaan komik juga menjamur namun orangtuaku sering membelikan kami komik, alhasil akupun menyewakan komik kepada teman-teman hehe. Komik tahun 80-an apa aja ya yang masih aku ingat? Here we go

  1. Komik Siksa Neraka, haha ini kocak sih kalau diingat ini komik cukup legend bahasa kekiniannya tahun 80an komik ini viral. Bahkan isi komik ini masih terekam jelas dalam ingatanku dan aku meyakini begitulah memang siksa neraka. Komik ini sepertinya udah nggak beredar karena memang menyeramkan sih, ilustrasinya menggambarkan siksaan neraka yang mengerikan. Bagi penzinah ada ilustrasi kemaluannya di tusuk kayu gede berdarah-darah, yang suka bohong lidahnya digunting-gunting, ada juga ilustrasi manusia direndam dalam nanah darah nan kotor. Tuhkan aku masih ingat betul! Ilustrasinya sih memang agak gimana ya karena manusia telanjang namun saat itu nggak mikirin itu sih haha. Pokoknya komik ini membuat aku takut melakukan dosa hehe, bisa nggak sih dikategorikan komik religi? Hihihi
  2. Komik Cerita Silat, komik di Indonesia udah ada sebelum zaman kemerdekaan loh! Jadi tahun 40an tuh banyak komik dengan tema silat dan aku masih menikmatinya ketika aku kelas 3 SD senang banget membaca komik salah satu komik tema silat yang aku ingat adalah Wiro Sableng, Kho Ping Hoo komik cerita silat ini saat itu yang aku tahu memang bagus sih pokoknya aku nggak ada mengingat komik yang aku baca tuh ada cerita mesranya. Komik cerita silat yang aku ingat selalu memberi pesan moral untuk semangat, pasalnya tokoh dalam komik biasanya pendekar yang malang, pemuda miskin nan sengsara trus nanti ketemu guru silat yang baik hati dan biasanya jadi anak mudanya deh. Komik cerita silat ukurannya nggak gede hanya kertas A6 gitu jadi kadang nggak terasa dalam sehari bisa baca puluhan seri hehe.
  3. Komik Perwayangan, nah ini sangat Indonesia juga kalian ada yang tahu komik Petruk? Ini adalah komik karya Tatang S biasanya tulisan Tatang S lebih gede dari judul hehe. Komik petruk yang aku ingat selalu menceritakan kisah horor seperti pocong, tuyul, setan apalah haha, tapi entah kenapa ya dulu baca nya sih nggak serem haha. Komiknya ukuran A5 dan tipis biasanya mamak suka membelikan banyak nih, kalaupun sewa dulu harganya nggak sampai seratus rupiah. Ada lagi judul komik Rama dan Sinta tapi aku kurang suka entah karena terlalu serius atau apa ya? Beda dengan komik Petruk ini meski seram tapi kocak haha.
  4. Komik Candy-Candy, ketika aku SMP maka komik yang aku baca sudah mengarah ke komik luar nah komik Jepang favoritku adalah Candy-Candy, berkisah tentang anak kecil yang tinggal di panti asuhan dan bertemu pangeran tampan. Candy-candy ini tahun 90-an juga hadir dalam bentuk animasi yang bisa aku tonton dan sejak ada animasinya malas deh aku baca komiknya hehe. Seru ceritanya karena pada akhirnya Candy-Candy tahu bahwa Albert adalah pangeran di bukit dan juga Paman William yang selalu melindunginya, ah! Jadi kangen hehe
  5. Komik Detektif Conan, satu lagi komik Jepang yang aku suka adalah Detektif Conan kisah seorang anak laki-laki yang bisa memecahkan misteri kejahatan, teori-teori yang ada dalam komik kadang aku gunakan juga untuk memecahkan sebuah misteri haha, tak berapa lama juga serial komik ini hadir di televisi dan sampai hari ini aku masih suka menonton versi kartunnya di salah satu televisi swasta.
Udah deh itu aja komik yang aku masih ingat membersamai masa kecilku, ada banyak judul yang aku baca tapi nggak ingat lagi hehe yah namanya juga kalo lupa suka nggak ingat wkwk. SMA dunia komik udah nggak begitu digandrungi, mungkin karena masa remaja juga ya lebih senang bersosialisasi main dengan teman, saat ini kedua anakku juga belum membaca komik, sepertinya karena lebih seru yutuban sih. Ehm jadi pengen cekokin anak-anakku baca komik deh! Ada yang punya rekomendasi komik anak zaman now?

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: