-->

Tahun 2021 Target Ngumpulin Duit dari Kompasiana

Sebagai orang yang spontan aku jarang banget membuat resolusi, berjalan apa adanya adalah kesuakaanku. Namun demikian aku bukan pula tipe orang tanpa rencana, dan untuk urusan ngeblog sejak pandemi ku akui memang ada penurunan penghasilan dalam ngeblog. Ada banyak event yang dibatalkan dan kalaupun ada event karena dilakukan online ternyata pendapatan juga masih menurun hehe, karenanya akhir tahun lalu aku berpikir untuk mencari peluang lewat kompasiana.

resolusi yang tercapai
Target Tahun 2021

Kompasiana adalah platform menulis online dan aku sudah punya akun sejak 12 tahun lalu serta ada banyak pengalaman juga yang aku dapatkan dari menulis di kompasiana. Namun aku pernah jenuh menulis di sana karena bingung mau nulis apa lagi? Ditambah aku masih harus mengurus dua blog yang aku miliki.


Pandemi membuat aku melirik kembali Kompasiana makanya salah satu rencanaku akhir tahun 2020 adalah mengumpulkan cuan dari Kompasiana. Kompasiana selama ini memang masih memberi reward kepada Kompasianer dengan persyaratan tertentu, nilainya mungkin kecil kalau buat para freelancer tapi buatku selama masih bisa menghasilkan kenapa tidak dilakukan ditengah susahnya mendapat job ngeblog karena terbentur jumlah follower haha. 

Tentu saja untuk mencapai niatan tersebut aku harus membuat strategi, gimana aku bisa menulis setiap hari atau minimal dalam satu bulan bisa menulis 10 artikel, dengan harapan 10 artikel kalau dibaca 300 saja berarti aku sudah bisa mendapat reward minimum. Awalnya bingung mau nulis apa aja di kompasiana? Lalu aku terpikir untuk menulis topik pilihan yang dilemparkan oleh admin dalam seminggu bisa ada 3-4 topik pilihan. Artinya kalau aku menulis topik pilihan maka target 10 artikel bisa aku dapatkan.

upah menulis di kompasiana
Pendapatan dari K-Rewards

Alhamdulillah sudah masuk bulan keempat dan hasilnya nggak mengecewakan karena dari Januari sampai Maret aku akhirnya bisa meraih K-Rewards dan masih bisa mendapatkan Content Affiliation dengan pencapaian 1,3 juta satu artikel. Sayangnya untuk Content Affiliation nggak setiap saat ada hehe.
kompasiana
Pendapatan dari Content Affiliation

So far aku bersyukur banget masih bisa produktif bersama Kompasiana, bahkan karena aku aktif beberapa waktu lalu aku diajak untuk ikut dalam sebuah acara Kompas TV "Kata Netizen" dan ini nggak ada dalam resolusiku namun ini adalah bonus karena aktif menulis di Kompasiana. Betapa bahagainya mamak papa ketika tahu anaknya masuk TV haha bahkan aku saja tidur karena aku pikir bisa nonton tayangan ulangnya, tapi mamak papa melek sampai jam 12 malam hanya karena ingin melihat aku di televisi. Dan ternyata saudara di kampung juga menonton dan menelepon mamak haha sungguh sebuah kebahagiaan yang tak bisa dinilai dengan uang.




Well, bagaimana dengan kalian? Apakah target sudah tercapai? lakukan segera jangan tunda karena kata kakek Sim Deok Cheoll yang udah menua ternyata hidup itu tak pernah sempurna, maka lakukanlah meski kau tak siap kejar apa yang kau impikan.

Masuk Tipi hahaa






When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

4 comments:

Yustrini said...

Wah keren bisa berpenghasilan lewat Kompasiana dan masuk tv. Double bonus dari nulis ya mbak :))

@arfia.pure said...

MasyaAllah, keren banget Mba. Tq sharing nya Mba

kartika said...

Semoga masuk ya target tahun ini kak. Aku sendiri punya akun di kompasiana udh berlumut saking lamanya gak dipake. Belakangan blog pun tidak terurus. Kayaknya emang harus set rarget baru lagi ya biar semangat ngeblognya

Agustina Purwantini said...

keren pencapaiannya, Mbak. Sejak akhir tahun lalu aku juga punya semangat sama, tapi masoh kalah semangat darimu. Hehehehe.. Namun kebangkitanku kbali di K rupanya mulai nampakin hadil lah ya. Menangin lomba2 kecilnya, bisa dapet gopay ratusan rebu dan barang2, malah ikutan antologi buat ultah Pak Tjip segala. Pokoke Alhamdulillah aku dah ada niatan bangkit.