-->

Berbagi Tips Lewat Artikel Adalah Kebaikan Sebuah Blog

Menjadi blogger itu menurutku harus siap direpotin pembaca, aku sering di chat hanya untuk menanyakan harga dari barang yang aku review dan menyikapinya aku biasa saja, nggak perlu marah karena dikira sales hehe. Jawab saja bahwa artikel yang dibacanya adalah ulasan kita dan kalau kalian punya Contact Personnya boleh sekalian bantu saja. Mungkin seperti nggak ada kerjaan meladeni chat begitu tapi bagiku itu termasuk dalam tanggung jawab sebagai blogger.

Blog Baik Menulis Hal Baik

Lalu bagaimana supaya blog juga punya amal kebaikan? Salah satu cara yang aku lakukan supaya blog punya amal kebaikan adalah sering berbagi tips tentang ngeblog. Yang palings ering mampir adalah pertanyaan tentang ngeblog di Kompasiana, karena itu aku pernah membuat tulisan tentang menjadi kompasianer, dan sampai hari ini ada saja pembaca yang menemukan artikel tersebut, meski sudah di tulis detail tetap saja ada yang ngechat buat nanya ulang, dan aku jarang banget menjawab " semuanya sudah ada di blog silahkan baca". Menurutku bila dia menemukan apa yang dicarinya maka dia juga nggak perlu buang waktu menghubungi orang yang nggak dia kenal.

Aku juga pernah menulis artikel bagaimana mendulang cuan dari blog, dan artikel ini juga masih menemukan pembacanya hingga hari ini. Berbagi tips bukan berarti mengurangi rezeki kita, ada kebahagiaan bila orang lain juga bisa merasakan apa yang aku rasakan lewat ngeblog. Bukan hanya berbagi tips seputar ngeblog, aku juga kerap menuliskan perasaanku. Sebagian orang mengatakan artikel tentang perasaanku sebagai ajang buka aib, padahal niatnya bukan begitu. Aku merasa bahwa ada orang yang merasa dia hanya hidup sendirian, mungkin lewat artikel perasaanku akan ada pembaca yang meyakini "bahwa dia tak sendiri", beberapa artikel yang menarik pembaca adalah artikel tentang perasaan ku sebagai ibu pekerja, kesalahan working mom dan banyak artikel tentang bagaimana memaknai hidup juga kerap mendapat komentar "terima kasih" 

Pengalaman aku menggunakan jasa Rumah Sakit juga kerap mendapat respon, bahkan beberapa orang memutuskan untuk mendapatkan perawatan di sebuah Rumah Sakit karena artikel ku. Review produk juga demikian, ada saja pembaca yang merasa bersyukur sebelum membeli sesuatu dia menemukan ulasan terlebih dahulu.

So aku yakin sih semua blogger pasti membuat konten untuk kebaikan, kita ingin apa yang kita tulis bisa membantu orang lain. Dan niat seperti ini tentu adalah sebuah kebaikan, karenanya aku memang menolak tulisan yang negatif, review produk yang tak sesuai agama atau hal yang kontroversi. 

Tapi jujur sih aku nggak pernah mikirin "kalau aku meninggoy blog aku gimana?" haha buat aku menjalani hidup apa yanga da hari ini saja, fokus saja kepada hal yang ada. Setelah meninggoy nanti aku juga nggaka kan ngerepotin orang dengan blog aku, belum tentu toh orang tersebut senang diwarisi blog hehe.

So far sih aku merasa banget beberapa artikel yang aku tulis emmang membawa manfaat bagi orang lain. Bahkan artikel Papa stroke yang aku tulis tahun 2009 sampai sekarang masih menemukan pembacanya, bayangkan usia tulisan nyaris 12 tahun masih membawa kebaikan buat orang lain. Artikel penyelesaian kartu kredit almarhum juga banyak banget membantu orang yang terkena masalah yang sama.

Jadi tulislah hal baik, selama itu membawa manfaat bagi orang lain berarti kita sudah menjadi manusia terbaik, begitu pula dengan blog kita.


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: