-->

Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" Untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bismillah, alhamdulillah kemarin aku sekilas membaca informasi kalau Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Kementerian Keuangan baru saja meluncurkan Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” trus kenapa aku bahagia? Iya dong, bahagia karena ini sebuah semangat bagi Indonesia untuk memulihkan ekonomi mikro.

Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit"
Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" 

Kalian pasti juga sering lihat sekarang jajanan di kaki lima udah sepi, bahkan aku sedih abang ketoprak langganan udah nggak dagang lagi karena dia bilang yang beli sepi jadi kadang modal juga nggak balik akhirnya dia pulang kampung deh. Pandemi memang memberi dampak bagi semua sektor namun yang paling merasakan adalah para pelaku usaha ultra mikro (UMi) nyaris 50% pelaku usaha sektor ini menutup usahanya karena sepinya permintaan.

Bersama Sahabat – UMi Bangkit , Penguatan Ekosistem Ultra Mikro (UMi) di Beberapa Daerah di Indonesia

Kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit” diluncurkan pada 1 September 2021 dan dihadiri oleh Bapak Ludiro selaku Direktur Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan. Beliau menyampaikan pesan dari Direktur Jenderal Perbendaharaan Hadiyanto dengan berharap kampanye ini akan menjadi kabar yang menggembirakan bagi pelaku usaha ultra mikro (UMi).

Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" 

Pusat Investasi Pemerintah bukan hanya sekedar memberikan pinjaman tetapi juga memberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal pemasaran, keuangan, masalah legal, digitalisasi, dan lain-lain sehingga pelaku usaha mikro bukan sekedar bisa survive melainkan bisa berkembang, hal ini tentu saja sebagai bagian mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 23/2020.

Kampanye ‘Bersama Sahabat – UMi Bangkit” menurut Ibu Ririn Kadariyah bertujuan untuk memperkuat Ekosistem UMi di Jawa dan Maluku Utara which is kedua daerah ini nantinya adalah sebagai percontohan untuk daerah lain di Indonesia. Kampanye ini dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak baik dari lingkungan Kementerian Keuangan, akademisi, pihak swasta, dan instansi terkait lainnya.

Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" 

Nah apa saja program dalam Kampanye ‘Bersama Sahabat – UMi Bangkit” ? Diantaranya ada program inkubasi UMi di Jawa Barat (Bandung Barat dan Majalengka) dan Jawa Timur (Malang), serta terbentuknya satu wadah untuk para pelaku usaha UMi di Maluku Utara. Sementara itu inkubasi UMi di Jawa Barat dilakukan dengan menggandeng Pusat Inkubator Bisnis Oorange Universitas Padjajaran. Saat ini ada 35 debitur UMi di Kabupatan Bandung Barat dan Majalengka, mereka diberikan pelatihan dalam hal peningkatan pengetahuan, perbaikan kualitas produk, legalitas produk, dan peningkatan pengetahuan digital.

                              Debitur UMi asal Telaga - Majalengka, Ibu Nonoh Ukinah (60 tahun) 
sedang menggoreng tahu yang akan dijual.

Lalu inkubasi UMi di Jawa Timur dilakukan melalui kerjasama dengan Badan Inovasi dan Inkubator Wirausaha Universitas Brawijaya (BIIW-UB). BIIW-UB fokus terhadap dua hal yaitu pengelolaan pemasaran digital dan pembukuan keuangan dan diadakan di Kota Malang. Pusat Investasi Pemerintah akan menjadikan program inkubasi UMi di Jawa Barat maupun di Jawa Timur menjadi acuan sebagai percontohan Kampung UMi. 

Selain Jawa   Kampanye ‘Bersama Sahabat – UMi Bangkit” juga menyentuh wilayah Ternate sehingga terbentuklah wadah bagi para pelaku usaha UMi di Ternate, Maluku Utara. PIP mlekaukan melakukan pendampingan dan pelatihan bagi 13 debitur UMi Ternate dan pembahasannya adalah mengenai nama produk, manajemen, pinjaman, dan pemasaran. Kesempatan ini sangat baik sebagai salah satu jalan untuk pelaku usaha mikro di Ternate bisa naik kelas menjadi pengusaha UMKM.

                                             Ibu Nonoy dan Suami Pelaku usaha kuliner Sorabi Jaya


Lelang UMi – Wujud Sinergi Antar Lembaga

Pusat Investasi Pemerintah berkolaborasi bersama lembaga di bawah Kementerian Keuangan seperti Koperasi Pegawai Kantor Pusat Perbendaharaan (Koppbn) – Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Lelang – Ditjen Kekayaan Negara, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) – 1 Jakarta untuk mengadakan Program Lelang Produk UMi Unggulan Tahun 2021, diharapkan kegiatan ini bisa membantu memasarkan produk dari debitur UMi, mendukung penguatan Ekosistem UMi, menambah saluran penjualan produk UMi, serta sebagai wujud sinergi antar lembaga dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Suami Ibu Dedoh Debitur UMi Asal Banjaran

Ibu Ririn menyampaikan bahwa program lelang ini sudah terlaksana pada 30 Agustus kemarin, sistem lelangnya diadakan secara terbuka dan tertutup. Ada 76 paket/lot dari 15 debitur yang ditawarkan kepada masyarakat yang terdiri dari berbagai produk seperti makanan dan minuman, kerajinan tangan seperti kain batik, hasil rotan, pakaian, kerajinan kayu dan lain-lain. Dari 76 paket maka 66 lot paket dilelang tertutup sementara 10 lot dilelang secara terbuka. Nah bisa nih tahun depan para pelaku usaha mikro mengikuti program lelang di website www.lelang.go.id yang disediakan oleh Direktorat Lelang supaya jangkauan pasar lebih luas, dan tips sukses ikut lelang  tentu harus bisa memilih produk yang punya nilai jual dan bisa nentuin harga awal ya.

Well? Aku juga berharap support pemerintah seperti ini bisa berkelanjutan supaya pelaku usaha mikro survive sampai badai pandemi berlalu, ayo semangat negeriku menuju kebangkitan ekonomi!

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: