-->

Terapi Disleksia Lewat Membaca Dongeng

Ketika anak keduaku di vonis Disleksia aku sebenarnya nggak kaget tapi lebih lega karena pada akhirnya aku menemukan penyebab anakku tak mampu mengenal abjad A sampai Z. Sejak saat itu kami rutin menjalani dua terapi dalam satu minggu kami tiga kali melakukan terapi yaitu terapi wicara dan okupasi.

Pembicara Dongen Aku dan Kau

Saat terapi wicara anakku dilatih mengenal huruf dan terapisnya kerap memberi pekerjaan rumah buatku untuk membacakan dongeng. Meski anakku belum mengenal huruf ternyata dia mulai antusias melihat buku dongeng bergambar yang aku bacakan. Kini dia tak menangis lagi karena dia sudah bisa mengenal huruf-huruf dalam buku dongeng, enam bulan lamanya kami menjalani terapi dan akhirnya perlahan anakku mulai bisa membaca walau masih terbata.

Kegiatan membaca buku adalah hal baik yang bisa dilakukan bersama anak, manfaatnya tentu banyak banget dan sebagai Ibu pasti paham bahwa dengan membaca anak bisa menambah kosakata, semakin dekat dengan orangtua dan bisa membuat anak memaknai nilai-nilai kehidupan.

Dongeng Aku dan Kau dari Nestlé DANCOW

Nah kabar gembira nih buat parents, sekarang Nestlé DANCOW kembali meluncurkan serial dongeng Indonesia terbaru. Bisa didapatkan setiap pembelian produk susu pertumbuhan DANCOW tentunya. Tema kali ini adalah “Indonesia Mendongeng” akan ada 15 Dongeng Indonesia yang bisa kita gunakan untuk Stimulasi Perkembangan Karakter anak.

Pada Kamis lalu tepatnya 2  September  2021 lewat channel youtube aku menyaksikan peluncuran acaranya dan rasanya nggak sabar pengen melengkapi 15 serial dongengnya supaya anakku semakin lancar membaca. Indonesia Mendongeng merupakan wujud komitmen dari Nestlé DANCOW untuk mendukung orang tua dalam mendampingi pertumbuhan bua hati kita. 15 dongeng asli Indonesia ini sangat baik dibacakan untuk anak karena penuh dengan nilai-nilai luhur budaya Indonesia yang bisa menambah wawasan buah hati kita dalam menjalani kehidupan sosialnya.

Pada kesempatan ini hadir Ibu Lydia Sahertian, beliau adalah Brand Manager DANCOW Nutritods, bahwa kegiatan mendongeng penting untuk meningkatkan kemampuan kognitif, menambah bahasa, memberikan pengalaman emosional pada anak dan tentunya bermanfaat bagi kehidupan sosial anak. Karena ingin melestarikan budaya Indonesia maka dihadirkanlah dongeng Indonesia seperti si Kancil dan Kerbau, Pangeran Palasara dan Kluntung Waluh. Selain itu DANCOW berharap hadirnya buku dongeng ini bisa membantu para orang tua untuk semakin dekat dengan buah hati dan bisa mendongkrak literasi baca di Indonesia. 

Menurut Ibu Ratih Ibrahim, M.M selaku Psikolog Klinis juga menjelaskan kegiatan mendongeng merupakan salah satu stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati. Dengan hadrinya dongeng asli Indonesia akan membantu Si Buah Hati mengenal budaya khas Indonesia, seperti kisah Si Rusa yang membantu para petani menjaga tanaman mengajarkan kepada anak bagaimana cara bekerja sama, dan nggak boleh menuduh orang sembarangan. Kisah yang ada pada dongeng mengajarkan nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Dan sesuai pengalamanku mendongeng bisa jadi momen menyenangkan bersama buah hati kita.

Peluncuran dongeng Indonesia ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dr. Muhammad Hasbi selaku Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek RI, menyampaikan “Kami senang dan menyambut baik Program DANCOW Dongeng Aku dan Kau: Indonesia Mendongeng ini yang sejalan dengan visi-misi Kemendikbudristek, khususnya Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, yang bercita-cita agar setiap anak Indonesia berkesempatan mendengarkan cerita dongeng. Kemendikbudristek pun terus mendorong peningkatan kompetensi mendongeng untuk guru (PAUD) dan orang tua.”

Dr. Muhammad Hasbi,
Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek RI

Dalam kesempatan ini juga hadir Ariyo Zidni selaku Pendongeng dan pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia,  juga menyambut baik Dongeng Aku dan Kau dari Nestle DANCOW karena  “Dongeng rakyat Indonesia mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kerajinan, gotong royong, berbuat baik dan menolong orang lain, yang dapat membantu Si Buah Hati dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari. Kisah dongeng Pangeran Palasara misalnya, dapat mengajarkan Si Buah Hati tentang pentingnya berbesar hati dan berbuat baik pada sesama.”

Ariyo Zidni, Pendongeng

Nah udah penasaran kan parents? Ayo siapa yang mau dapatkan buku dongengnya? Parents tinggal membeli DANCOW 1+, 3+ dan 5+ Nutritods kemasan 800 gram dan 1 Kg untuk semua varian dan tentunya gratis.



When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: