-->

6 Tips Membeli Rumah Untuk Pengantin Baru

Menikah adalah keinginan yang muncul dengan berbagai alasan tentunya, ada yang memutuskan menikah ketika sama-sama mapan supaya tak menjadi beban bagi keluarga besar, ada yang menikah modal cinta, dan banyak juga yang memilih menikah setelah memiliki properti rumah. Bagaimana denganku? Ketika memutuskan menikah kemapanan bukanlah tujuannya, usia yang tak muda lagi membuat aku berpikir menikah hanya karena memang sudah saatnya dan yang terpenting aku sudah mengenal siapa pasanganku, aku sudah menerima dia sebaliknyapun begitu. Awal menikah kami masih menumpang di rumah penginggalan orang tua suami, lalu akupun hamil dan terpikir olehku untuk memiliki sebuah rumah demi kenyamanan bersama. 

Beli Rumah Atau Ngontrak?

Ketika memiliki keinginan untuk memiliki rumah yang terlintas saat itu adalah beli atau ngontrak? Well aku survey harga kontrakan yang layak menurut versiku harganya sekitar 1.5 juta sampai 2 juta. Lalu aku cek juga untuk membeli rumah lewat KPR ternyata cicilan per bulan nyaris sama dengan uang kontrak per bulan. Disinilah aku memutuskan lebih baik membeli rumah dengan menyicil saja lalu pertanyaan selanjutnya mau beli rumah dimana? Tipe rumah berapa? Harga berapa? Artikel kali ini akan membagikan tips untuk pengantin baru yang berniat membeli rumah, tentunya ini berdasarkan pengalamanku ya, semoga saja bermanfaat bagi pasangan yang sedang berjuang membeli rumah.

Tips Membeli Rumah Untuk Pengantin Baru

  1. Cek Keuangan, hal pertama yang harus kalian diskusikan dengan pasangan adalah kemampuan finasial kalian. Aku dan suami sejak awal sudah sepakat untuk terbuka dalam hal keuangan termasuk gaji tetap yang kami terima maupun pendapatan dari side job seperti ngeblog. Jika sudah ada tabungan dana darurat minimal 3 bulan atau kalian sudah punya asuransi jiwa maka boleh melirik kemampuan untuk membeli rumah. 
  2. Uang Muka Besar, selama single aku sudah punya tabungan dan inilah yang aku jadikan uang muka. Aku memilih membayar uang muka agak besar supaya masa cicilan bisa sedikit atau jumlah cicilan bisa lebih kecil.
  3. Pilih Bank, lebih baik sih membeli rumah lewat KPR supaya lebih aman dan nggak ribet. Lakukanlah survey bank mana yang jadi pilihan karena setiap bank memiliki standard dan aturan yang berbeda. Dalam hal ini aku memilih bank Syariah karena cicilannya flat selama waktu cicilan. Kenapa harus flat? Ini untuk antisipasi saja kalau-kalau selama menyicil tidak ada kenaikan gaji sehingga cashflow bulanan tidak kacau.
  4. Pilih Lokasi Rumah, selanjutnya tentukan lokasi rumah. Ketika aku memutuskan membeli rumah kami saat ini maka lokasinya menurutku masih aman untuk bersilaturahmi ke saudara ipar, dan akses ke transportasi umum juga mudah.
  5. Pilih Fasilitas Umum, sebagai pengantin baru maka kriteria berikutnya adalah keberadaan Rumah Sakit karena kalau nanti hamil maka sebulan sekali harus kontrol kan? Benar saja perumahan kami ini dekat banget dengan Rumah Sakit bahkan kini sudah ada 4 Rumah Sakit di sekitar rumah. Selain Rumah Sakit maka kendaraan umum juga menjadi pertimbanganku, hal ini karena kami belum memiliki kendaraan pribadi sehingga keberadaan angkutan umum akan sangat membantu. Selain itu keberadaan fasilitas pendidikan juga menjadi pertimbanganku, alhamdulillah sekolah anakku tak sampai 1 KM dari rumah, terakhir adalah pasar dan di perumahan ini pasarnya lengkap bahkan perumahan tetangga juga belanja ke pasar kami.
  6. Tipe Rumah, selanjutnya pilihlah tipe rumah sesuai kebutuhan kalian. Saat itu kemampuan finasial ku hanya memungkinkan kami membeli rumah kecil so far sih cukup banget buat kami.

Mustika Village Sukamulya, Hunian Untuk Pengantin Baru

Mustika Village Sukamulya

Untuk pengantin baru yang masih bingung mau beli hunian dimana? Sesuai ke-enam tips di atas maka aku punya rekomendasi buat kalian yaitu Mustika Village Sukamulya Bekasi. Perumahan ini menyediakan 3000-an unit dengan berbagai pilihan tipe rumah, dekat juga dengan stasiun Cikarang dan tersedia fasilitas umum yang komplit seperti Rumah Sakit, Pasar, dan sekolah yang penting banget bagi pengantin baru. Selain itu konsep huniannya juga ecogreen karena memiliki taman hijau, danau resapan serta pengolahan air bersih. Mustika Village Sukamulya berkolaborasi dengan Creed Japan untuk menghadirkan hunian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Well, itu dia artikel ku kali ini semoga saja pengantin baru yang hunting hunian udah nggak bingung ya!

 


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: