-->

Mengenal Gandi Sulistyanto Bos Sinar Mas yang Menjadi Dubes RI untuk Republik Korea

 Annyeong haseyo!

Adalah kata yang aku sengaja hapalkan ketika aku ingin berkunjung ke Korea Selatan, Kamsahamidah kata kedua yang kerap kami dengar ketika kami selesai berkunjung atau shopping. Korea sebuah negera yang sangat produktif menghadirkan dram-drama dengan berbagai genre dan sejak pandemi bukan hanya emak-emak yang interest menonton drakor melainkan bapack-bapack juga hehe.

Gandi Sulistyanto

Kenapa sih drakor bisa bikin asyik? Menurutku drakor bukan hanya menjual cerita melainkan menyisipkan banyak hal terkait budaya Korea which is bikin kita mupeng sama semua yang disajikan entah itu keindahan alamnya, makananya dan tradisi khas Korea. Lantas anak muda diberbagai belahan dunia juga menggemari K-Pop begitu kita menyebut musik tanah Korea, nah kalau kamu apa yang bikin kamu tertarik dengan Korea?

Mengenal Bapak Gandi Sulistyanto

Nah sekarang kita gantian bicarain Sinar Mas, kalian pasti tahu Sinar Mas banyak banget lini bisnisnya kan. Nama besar Sinar Mas lekat banget dengan Bapak Gandi Sulistyanto. Yuk mengenal lebih dekat sosok Dubes RI untuk Republik Korea, Bapak Gandi Sulistyanto baru saja di lantik Presiden Jokowi pada Rabu, 17 November 2021 sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Republik Korea.

Bapak Gandi Sulistiyanto lahir di Pekalongan 61 tahun lalu, menyelesaikan SMA Masehi Pekalongan, dan melanjutkan studi ke Diploma (D-3) Perkapalan di Universitas Diponegoro pada tahun 1978. Dan akhirnya pada tahun 1992 beliau bergabung dengan Sinar Mas sebagai CEO PT Asuransi Jiwa Eka Life dan kini kita kenal dengan Asuransi Sinar Mas MSIG Life. Karirnya makin cemerlang didukung oleh pendidikan beliau menyelesaikan studi Business School dengan jurusan Advanced Management Program (AMP) di Harvard. Tantangan terbesar beliau saat itu adalah menjabat sebagai Managing Director pada tahun 2021 which is beliau harus menyelamatkan Sinar Mas yang terdampak krisis keuangan sehingga beliau mengeluarkan segala kemampuannya untuk melakukan Debt Restructuring Task Force Team yang saat itu berjumlah USD13,5 miliar.

Jurus Diplomasi
Bapak Gandi Sulistyanto

Well, pada akhirnya setelah lebih kurang 30 tahun Bapak Gandi Sulistiyanto berkarier di Sinar Mas pada akhirnya beliau melepasnya untuk hal yang lebih besar yaitu menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. Usulan nama beliau untuk menjadi Dubes korea sudah terdengar sejak Juni 2021 ketika Bapak Jokowi menyebut Gandi Sulistyanto sebagai calon tunggal untuk Dubes Korea dan pencalonan resmi tercatat dalam Surat Presiden RI bernomor R-25/Pres/06/2021.

Desas desus tersebut pada akhirnya terbukti ketika pada 17 November lalu Bapak Gandi Sulistiyanto resmi dilantik sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Korea, selain beliau Presiden juga melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 11 duta besar Republik Indonesia lainnya.

Yang bikin aku hepi tuh Bapak Sulis begitu beliau akrab disapa, sejak dulu peduli dengan pengusaha Indonesia khususnya UMKM dan menurut beliau menyediakan rantai pasok sangat penting. Karena dengan menjabat Dubes Korea beliau sudah menjajaki Industri Korea untuk support UMKM kita. Menurut Bapak Sulis salah satu kunci keberhasilan yang tak terpisahkan untuk menjadikan UMKM sebagai rantai pasok industri adalah pendidikan vokasi. Hal ini karena produk yang dihasilkan untuk mendukung rantai pasok adalah teknologi baru sehingga perlu SDM yang mumpuni. Sebagai Dubes, ia akan menjadikan program vokasi sebagai salah satu program kerja utama dari sisi investasi sekaligus ilmu pengetahuan dan teknologi. Ia juga mengusulkan kepada Chairman Hyundai agar pihaknya membentuk Politeknik Vokasi dan lembaga setara SMK di Indonesia yang disambut baik oleh produsen mobil Korea tersebut. Dan ternyata salah satu tugas Dubes adalah membuat trade balance untuk negaranya.

Dilantik pada 17 November 2021 menjadi
Dubes RI untuk Korea

Wah semoga saja Bapak Sulis bisa membawa harapan baru bagi ekonomi kita ya, dan jangan lupa juga untuk menerapkan green economy seperti Korea ya pak! Selamat dan ditunggu gebrakannya untuk Indonesia!


Refrensi tulisan :

  1. Wikipedia
  2. Harian Kontan
  3. Berbagai sumber media online


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

No comments: