Danone Indonesia Luncurkan Iklan "Cegah Stunting Itu Penting" dengan 6 Pesan Kunci!

Danone Indonesia Luncurkan Iklan "Cegah Stunting Itu Penting" dengan 6 Pesan Kunci!

Hari Anak Nasional Tahun 2022

36 tahun lalu setiap tanggal 23 Juli Indonesia memperingati Hari Anak Nasional tentu saja bertujuan untuk bisa mensejahterakan anak Indonesia which is adalah harapan bangsa. Stunting adalah masalah kesehatan yang didapati pada anak, masalah gagal tumbuh yang terjadi di berbagai belahan dunia bukan hanya Indonesia. WHO mempunyai standard angka minimal untuk membebaskan suatu negara dari stunting yaitu 20%, sementara Indonesia sampai hari ini masih berada di angka 24.4% dan ini pertanda generasi kita sedang menghadapi masalah serius dan harus segera ditangani dengan cepat supaya komitmen Generasi Emas pada tahun 2045 bisa dicapai.

Cegah Stunting
Peluncuran ILM Cegah Stunting Itu Penting

Stunting bukan hanya pekara anak pendek, lebih dari itu pada masa jangka panjang akan menimbulkan masalah ekonomi dan kesehatan yang serius pada generasi kita, untuk itu pemerintah menggandeng berbagai pihak untuk membereskan stunting di Indonesia dan salah satu adalah Danone Indonesia sejak awal saya kenal selalu menjaga komitmen untuk mendampingi anak-anak Indonesia mendapatkan tumbuh kembang yang optimal dengan berbagai program kegiatan yang menyokong Visi Danone Indonesia One Planet One Health, dimana bukan hanya kesehatan manusia melainkan bagaimana menjaga bumi juga tetap sehat.

Pemerintah punya target menurunkan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024, dan itu kurang dari 2 tahun saja. Butuh aksi nyata dan kolaborasi berbagai pihak dan dalam hal ini BKKBN menggandeng Danone Indonesia untuk membuat Iklan Layanan Masyarakat (ILM) sebagai bentuk edukasi untuk percepatan penurunan stunting di Indonesia. Untuk itu bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional pada 25 Juli 2022 Danone Indonesia bersama BKKBN meluncurkan ILM secara live pada Webinar Peluncuran Video Iklan Layanan Masyarakat “Cegah Stunting itu Penting” kegiatan ini merupakan kolaborasi pemerintah dan swasta untuk menyebarkan edukasi pencegahan stunting. Seperti biasa apa yang saya dapat akan saya sharing di blog ini dan harapan penulis bisa diteruskan sebagai kepedulian bersama mengurangi stunting di Indonesia pada tahun 2024 bisa 14%!

Iklan Layanan Masyarakat (ILM) adalah sebuah proses penyampaian informasi dengan pendekatan persuasif dengan adanya iklan diharapkan mudah menjangkau masyarakat dalam menambah pengetahuan bahkan sampai mencapai perubahan perilaku. Hayo adakah mom's di sini yang mengalami perubahan perilaku setelah menonton iklan? Saya juga demikian beberapa perilaku saya berubah setelah mendapatkan edukasi, coba dulu kalau saya nggak mendapat pengetahuan kesehatan lewat program yang dilakukan Danone Indonesia (Danone Blogger Academy, DBA) bisa jadi saya akan cuek saja ketika mendapati kondisi anak saya yang mungil karena mirip Bapaknya, namun bertambahnya pengetahuan membuat saya lebih aware bahwa mungil salah satu pertanda stunting.

Cegah Stunting Itu Penting
Cegah Stunting Itu Penting

That's why Danone Indonesia meluncurkan ILM Cegah Stunting Itu Penting sebagai upaya untuk menyebarkan edukasi pencegahan stunting, iklannya sudah tayang sejak 25 Juli lalu dengan membawa 6 pesan kunci. Iklan Cegah Stunting Itu Penting diharapkan bisa mengubah perilaku kita dalam menghadapi isu stunting, Ibu Vera Galuh Sugijanto selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia menyampaikan bahwa Danone Indonesia tidak hanya sekedar menarget masyarakat sebagai pangsa pasar produk makanan dan minuman, melainkan Danone Indonesia ikut bertanggung jawab dengan kesehatan masyarakat Indonesia. Danone Indonesia memiliki berbagai program untuk mendukung kesehatan masyarakat, dan sebagai alumni DBA saya melihat langsung bagaimana Danone Indonesia aktif terlibat membantu pemerintah dalam mengentaskan stunting di Indonesia. Beberapa program yang dilaksanakan Danone Indonesia dalam mencegah stunting adalah :

  1. Isi Piringku sebuah program yang diselenggarakan di sekolah mulai PAUD, Danone Indonesia mengajak semua pihak sejak dini memahami pentingnya gizi seimbang.
  2. AMIR, Ayo Minum Air program menyadarkan kita betapa pentingnya memnuhi kebutuhan hidrasi tubuh dengan meminum air putih 7-8 gelas sehari.
  3. GESID, Generasi Sehat Indonesia program edukasi untuk remaja berkolaborasi dengan IPB menerbitkan buku untuk memutus rantai stunting pada remaja dengan mencegah anemia sejak dini.
  4. Program lainnya adalah memberikan akses air bersih dan penyehatan lingkungan serta pendidikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat melalui Akses Air Bersih dan Sanitasi Higiene (WASH). 
Ke-empat program diatas juga diulas oleh Dr. Sarah Angelique MS selaku Head of One Health & Scientific Danone Indonesia, beliau menjelaskan bahwa ada korelasi penting antara kebiasaan mencuci tangan (WASH) dengan kondisi stunting, dimana bila tak melakukan kebiasaan baik mencuci tangan dengan air bersih maka ada kemungkinana Angka Kejadian Infeksi akan meningkat dan hal ini mempengaruhi kesehatan anak dalam menyerap nutrisi sehingga stunting susah dicegah.

Cegah Stunting Itu Penting
Cegah Stunting Itu Penting

Pada kesempatan ini juga hadir Bapak Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd selaku Deputi Bidang Advokasi, Pergerakan dan Informasi BKKBN yang mengapresiasi upaya Danone Indonesia dalam membantu pencegahan stunting. Sesuai target Indonesia menurunkan stunting pada tahun 2024 di angka 14% maka dibutuhkan aksi nyata karena harus ada laju penurunan stunting 2.6 persen per tahun dan semoga apa yang sudah dilakukan Danone Indonesia bisa menginspirasi pihak lain untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.  Beliau menyampaikan bahwa BKKBN optimis target akan tercapai karena dilakukan secara pentaheliks dengan melibatkan pihak swasta, perguruan tinggi, masyarakat, dan media.
Cegah Stunting Itu Penting
Cegah Stunting Itu Penting

Senada dengan Bapak Drs. Sukaryo kehadiran Ibu Muslicha, S.Sos, M.Si selaku Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Muda pada Direktorat Bina Keluarga Balita dan Anak, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), bahwa semua upaya pemerintah untuk mencegah terjadinya stunting telah dituangkan pada Peraturan Presiden No 72, sehingga semua standard program, indikator dan capaian pada program penurunan stunting di Indonesia bisa disinergikan berbagai pihak dengan mengacu Peraturan Presiden No.72 dan menanggapi pertanyaan saya mengenai strategi apa saja yang dilakukan BKKBN dalam menurunkan stunting beliau menjawab bahwa ada 3 hal yang diperkuat BKKBN dalam menurunkan stunting saat ini yaitu melakukan pendampingan terhadap keluarga berisiko stunting seperti pendampingan pada calon pengantin, Ibu hamil dan 1000 HPK sampai anak berusia 5 tahun. Ibu Muslicha optimis dengan kolaborasi semua pihak Indonesia bisa mencapai target angka stunting 14% pada tahun 2024. Ditambah pula dengan ILM yang diluncurkan pada 25 Juli 2022 dengan 6 pesan kunci Indonesia pasti bisa mencegah stunting. Ibu Muslicha juga menjelaskan bahwa stunting itu bukan hanya anak lebih pendek melainkan mencakup seluruh aspek ketiadakmampuan mencapai tumbuh kembang yang optimal makanya wajib dipantau sejak hamil sampai anak mencapai usia 72 bulan.
Cegah Stunting Itu Penting
Cegah Stunting Itu Penting

Efektifkah ILM Cegah Stunting Itu Penting?

Cegah Stunting Itu Penting
Cegah Stunting Itu Penting

Pada kesempatan ini hadir seorang Dosen, beliau adalah Ibu Nissa Cita Adinia, S.Sos, M.Commun dari Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, menurut beliau ILM yang diluncurkan Danonen Indonesia dan BKKBN akan efektif dalam menjangkau masyarakat luas, apalagi ILM ini dipasang diberbagai platform media. ILM Cegah Stunting Itu Penting akan meningkatkan  kesadaran (awareness) publik tentang isu stunting. Dalam ILM kali ini juga sudah terasa edukasinya dimana tampil sosok figur seorang Ayah so membesarkan anak bukan hanya tugas Ibu melainkan kolaborasi kedua orang tua. 6 pesan kunci yang ada dalam ILM ini diharapkan akan terserap dengan mudah oleh masyarakat sehingga kita bisa mencegah stunting. 


 

6 Pesan Kunci Cegah Stunting Sejak Dini

Cegah Stunting Itu Penting
Cegah Stunting Itu Penting

Nah apakah mom's sudah menyaksikan ILM Cegah Stunting Itu Penting, pencegahan stunting dilakukan sejak dini dari ILM bisa dilihat ada pasangan menikah dan mengetahui bahwa sang Ibu hamil. Stunting itu kita cegah dari sebelum pernikahan, seperti yang disampaikan Ibu Muslicha calon pengantin didampingi 3 bulan sebelum pernikahan dan diberi edukasi terkait nutrisi, begitu istri hamil maka pencegahan stunting bisa kita cegah dengan 6 Pesan Kunci berikut :

  1. Minum tablet tambah darah setiap hari jangan sampai lemas dan membiarkannya, anemia bisa menghambat penyerapan nutrisi dan berisiko bagi Ibu hamil.
  2. Ikuti kelas Ibu hamil, ketika kehamilan mencapai usia 32 minggu Ibu hamil harus ikut kelas hamil supaya janin sehat dan proses persalinan lebih lancar karena Ibu hamil mengetahui teknik pernapasan menjelang persalinan
  3. ASI Ekslusif, berikan hanya ASI saja sampai anak berusia 6 bulan. Jangan takut anak kelaparan karena di usia 0-6 bulan ASI adalah makanan terbaik buat anak.
  4. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, seperti yang dijelaskan Dr. Sarah bahwa mencuci tangan yang baik dan benar akan menurunkan angka kejadian infeksi yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.
  5. Pakai Jamban Sehat, saya pernah membaca hasil penelitian dimana ditemukan stunting paling banyak pada anak yang menggunakan jamban tidak sehat (28,2%), sanitasi yang buruk menyebabkan pencernaan anak terganggu dan seperti diketahui bila saluran cerna bermasalah maka tumbuh kembang juga terganggu, so semakin baik kondisi jamban, maka dapat mencegah stunting.
  6. Rutin ke Posyandu setiap bulan, dengan memantau tumbuh kembang anak di Posyandu maka kita akan mengetahui apakah anak kita mampu tumbuh optimal dan bila tidak akan segera mendapat solusi dari tenaga kesehatan yang ada sehingga stunting bisa dicegah.

Well, itu dia 6 Pesan Kunci yang bisa saya dan pembaca sampaikan ke berbagai pihak dan boleh banget share artikel itu sebagai upaya menyebarluaskan 6 pesan kunci untuk mencegah stunting. Indonesia bebas stunting, Bisa!

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir