5 Tips Tetap Santuy Ketika Teman Berubah Sikap

5 Tips Tetap Santuy Ketika Teman Berubah Sikap

Mempunyai teman adalah sebuah anugerah, aku bisa menyebut diriku punya banyak teman karena dulu Papa kerap berpindah kerja auto deh ikut pindah sekolah. Sampai hari ini beberapa masih terhubung dengan baik dan say thanks juga dengan semua platform sosial media yang menghubungkan kami satu sama lain. Paling senang ketika mereka bilang "Uli masih sama saja seperti yang dulu, ramah dan pelucu". 

Perubahan Sikap Teman
Jangan Berubah, mungkinkah? 

Aku tak pernah terlalu melibatkan diri dalam sebuah hubungan pertemanan, semuanya seadanya saja, sewajarnya dan hal ini membuat aku nggak punya ekspektasi banyak terhadap teman-temanku. Namun pernahkah mendapati perubahan sikap dari seorang teman? Pernah! gimana menyikpanyi Li?

Perubahan pada seseorang adalah hal wajar namun sebagai teman kita perlu mengetahui apakah perubahan tersebut karena kita atau dirinya? Ada teman yang sengaja menarik diri dari pergaulan karena masalah yang dihadapinya, artikel kali ini aku ingin ulas perubahan sikap seorang teman yang dipicu oleh keberadaan kita.

Well, meski aku dikenal pelucu, riang dan ramah ternyata nggak semua teman bisa menyukainya. Beberapa kali dengan teman yang berbeda aku bisa merasakan perubahan sikap mereka dan ini adalah beberapa tips yang aku lakukan untuk menghadapi akward moment. 

Tips Tetap Santuy Ketika Teman Berubah Sikap

  1. Beri Waktu, ketika merasakan adanya perubahan sikap dari seorang teman plis santuy aja dulu. Beri waktu pada teman kita, dengan begitu kita juga bisa membaca situasi apakah perubahan itu dikarenakan kita atau masalah lain? Pengalamanku sendiri ada teman yang berubah karena masalah pribadinya seperti orang tua sedang ribut, bete dengan pasangan atau hal lain biasanya kalau begini dia akan tetap menyapa kita namun tak seperti biasanya, namun bila perubahan sikapnya dikarenakan kita maka sapaannya terasa hambar atau bahkan ekstrimnya tak menyapa seperti biasa.
  2. Tanyakan Langsung, jangan pernah menebak atau menanyakan ke orang lain ntar malah jadi gosip. So bila sudah memberi waktu dan belum menemukan jawaban atas perubahan sikap teman sebaiknya tanyakan langsung kepada teman. Pilih waktu yang sesuai dan tanyakan dengan baik-baik. Aku pernah melakukannya dan seringnya sih tanpa kesalahan, hanya memang seseorang bisa tak menyukai hanya karena tak sepahaman saja. Waktu itu aku merasakan temanku berubah sikap dan dengan hati-hati aku bertanya, jawabannya "aku nggak suka karena Uli bisa akrab dengan teman-temanku". Dia merasa pamornya sedikit tercuri oleh keberadaanku, sejak itu bila ada teman yang memperkenalkan teman-temannya maka aku sebisa mungkin tetap menjadikan temanku sebagai bintang dimata teman-temannya.
  3. Teteplah Baik, meski hati menjadi sedih merasakan teman berubah sikap namun jangan meniru hal yang sama. Aku selalu baik menghadapi teman yang berubah sikap bahkan sikap ini sering membuat temanku akhirnya kembali normal, kadang teman merasa kesal terhadap sikap ku yang selalu ceria, sementara mungkin saat itu dia sedang bersedih tanpa sepengetahuanku, karena selalu tersenyum meski dijuteki akhirnya si teman menyerah juga sih.
  4. Jangan Bergantung pada Teman, dalam menjalin hubungan entah apapun itu aku selalu tak bergantung dengan keberadaan teman. Sehingga ketika dia berubah tak ada yang harus aku risaukan dan hidupku juga akan baik-baik saja.
  5. Kalikan dengan Nol, belajar dari ilmu pasti Matematika ketika aku juga muak terhadap seorang teman maka yang aku lakukan adalah mengalikannya dengan nol, cring! menghilang dari duniaku dan aku tak perlu kepo dan baper atas perubahan sikapnya.
Berteman itu seyogyanya menambah kebahagian kita, kalaupun teman berubah jangan menjadikan kita berubah. Tetaplah menjadi pribadi yang baik supaya mereka meniru kita, tak bisa dipaksakan semua orang memberikan respon yang sama kepada kita. 


0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir