Kampanye Digital Multichannel Danone SN Indonesia Untuk Dukung Kesehatan Anak Lahir Caesar

Kampanye Digital Multichannel Danone SN Indonesia Untuk Dukung Kesehatan Anak Lahir Caesar

Hi Mom's,

Siapa nih yang sedih karena melahirkan caesar? Mom war selalu melukai hati Ibu, padahal kita pasti berusaha untuk menjadi Ibu terbaik sesuai versi kita. Semua selalu mendambakan hal ideal, melahirkan normal minim sakit, menyusui anak secara ekslusif namun ketika kita sudah berusaha dan tak bisa mencapai kondisi ideal apakah wajar kita disalahkan? Isu seorang Ibu tak sempurna melahirkan caesar masih saja terdengar, belum  lagi dilanjutkan dengan kondisi anak yang lebih rentan sakit daripada anak yang lahir normal sungguh membuat sedih bukan?

Bicara Gizi Danone SN Indonesia
Bicara Gizi : “Kunci Kesehatan Jangka Panjang Anak Kelahiran Caesar”


Tingkat kelahiran caesar di Indonesia dalam lima tahun terakhir mengalami kenaikan yang signifikan dari 8.2% naik menjadi 17.6% berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar tentu saja hal ini dipengaruhi oleh faktor klinis maupun non klinis. Fakta secara medis bahwa persalinan secara caesar mempengaruhi kesehatan jangka pendek pada anak yaitu adanya ketidakseimbangan mikrobiota usus dimana bakteri baik jumlah sedikit dan hal ini mengakibatkan disbiosis usus dan gangguan imunitas pada anak.

Bulan April diperingati sebagai International C-Section Awareness Month, aku mengartikannya bulan sadar caesar dimana kita peduli dengan keberadaan Ibu yang melahirkan dengan caesar dan anak yang lahir dengan cara caesar. Mengapa ada bulan kepedulian terhadap kelahiran caesar? Proses melahirkan caesar memiliki resiko baik pada Ibu maupun anak dalam periode waktu jangka pendek dan panjang dan sebagai wujud komitmen Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia dalam membersamai tumbuh kembang anak Indonesia menuju generasi emas 2045 serta memperingati International C-Section Awareness Month, Danone SN Indonesia kembali mengadakan #BicaraGizi untuk melakukan edukasi bagi semua orang tua bahwa sangat penting mengoptimalkan kesehatan jangka panjang bagi anak-anak yang lahir secara caesar. Bicara Gizi kali ini bertajuk “Kunci Kesehatan Jangka Panjang Anak Kelahiran Caesar”.

Bicara Gizi yang dipandu oleh MC Ida Ayu Dewi berlangsung selama kurang lebih dua jam, menghadirkan pembicara Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) selaku Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, Dr. dr. Ray Wagiu  Basrowi, MKK selaku Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia dan Zivanna Letisha Siregar selaku Putri Indonesia 2008, yuk parent's kita simak rangkuman Webinar Bicara Gizi Kunci Kesehatan Jangka Panjang Anak Kelahiran Caesar”. 

Bayi Lahir Operasi Caesar & Kesehatan Saluran Pencernaan Oleh Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K)

Materi kesehatan terkait risiko kesehatan saluran cerna pada anak yang lahir caesar disampaikan oleh Dr. Ariani dan jujurly aku baru tahu kalau mikrobiota itu bukan hanya ada di usus saja loh? Mikrobiota terdapat juga pada anggota tubuh lainnya seperti mulut, kulit, hidung, usus dan vagina. Nah karena itulah mengapa anak dengan kelahiran normal lebih memiliki keseimbangan mikrobiota usus karena jalan keluarnya lewat vagina dan anak langsung bersentuhan dengan mikrobiota dan masuk kedalam saluran cernanya dibanding anak dengan kelahiran caesar hanya bersentuhan dengan mikrobiota yang ada dikulit dimana jumlahnya hanya sedikit dan tidak bervariasi.
Bicara Gizi Danone SN Indonesia

Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K)

Keberadaan mikrobiota diseluruh organ tubuh harus seimbang,contoh bila dimulut tidak seimbang maka akan terjadi sakit gigi, gusi bengkak atau sariawan. So begitu pula pada anak yang baru lahir komposisi keseimbangan mikrobiota dicapai apabila terdapat 80-85% bakteri baik  bila tidak seimbang maka bakteri jahat akan menguasai bakteri baik dan ketidakseimbangan mikrobiota dalam usus ini disebut dengan disbiosis usus.

Dr. Ariani mengapresiasi Danone SN Indonesia yang peduli dengan kondisi anak kelahiran caesar, hal ini sangat bagus bila terus dingaungkan mengingat banyak orang memilih melahirkan caesar juga bukan disebabkan faktor klinis dan mereka juga tidak mengetahui bahwa anak dengan kelahiran caesar memiliki resiko masalah kesehatan. Lewat edukasi kesehatan seperti ini semoga saja bisa menambah pengetahuan bagi orang tua yang memiliki anak kelahiran caesar, bahwa ada cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ketidakseimbangan mikrobiota ini sejak dini yaitu :
  1. Sejak masa kehamilan menjaga asupan bergizi dan menjalankan pola hidup sehat
  2. ASI Ekslusif, ibu yang memilih melahirkan caesar bisa segera memberikan ASI dan ini adalah cara terbaik untuk menyeimbangkan mikrobiota. ASI memiliki kandungan komplit yang dibutuhkan anak dan salah satunya ASI mengandung sinbiotik yaitu sinergi prebiotik dan probiotik yang membentuk sistem imun yang baik dengan mendukung interaksi antara sistem imun dengan bakteri saluran cerna. Untuk mendukung pemberian ASI ini maka sebaiknya pilihlah Rumah Sakit yang pro ASI
  3. IMD perlu dilakukan bukan untuk mengajari anak menyusui melainkan mengutamakan skin contact yang mana berpengaruh untuk bonding Ibu dan anak sehingga akan lebih mudah memberikan ASI dan adanya skin contact juga membantu kolonisasi mikrobiota pada usus.
  4. Bila diperlukan treatment suplementasi

Promosi Kesehatan Digital Multichannel Terkait Risiko Persalinan Caesar Oleh Dr. dr. Ray Wagiu  Basrowi, MKK 

Selanjutnya materi oleh Dr Ray menjelaskan mengapa Danone SN Indonesia sangat peduli mengedukasi terkait risiko persalinan caesar, sebelum Bicara Gizi dilaksanakan telah dilakukan survei terhadap 600 lebih Teman Bumil dengan hasil yang membuat kaget dimana hanya 118 Mom's yang mengetahui perbedaan anak yang dilahirkan normal dan caesar sementara 500 Mom's tidak mengetahuinya. Begitu pula terkait persalinan caesar dapat menyebabkan ketidak seimbangan bakteri baik di saluran cerna hanya 75 Mom's yang tahu sedangkan 523 Mom's tidak mengetahuinya. Danone SN Indonesia merasa perlu melakukan edukasi terkait kelahiran caesar supaya orang tua bisa mengoptimalkan kesehatan Ibu dan anak bila harus menjalani proses kelahiran caesar.

Bicara Gizi Danone SN Indonesia

Dr. dr. Ray Wagiu  Basrowi, MKK 

Untuk memberikan edukasi kesehatan kepada mereka yang menjalani kelahiran secara caesar dan menjawab kekhawatiran tentang tantangan menjaga kesehatan anak caesar maka Danone SN Indonesia akan melakukan Kampanye Digital Multichannel, Dr. Ray menyebutkan bahwa "akan melakukan melalui kegiatan webinar seperti yang diselenggarakan hari ini, kampanye digital selama satu bulan penuh melalui aplikasi kesehatan, instagram, tiktok, zoom, dan youtube serta website khusus mengenai serba-serbi C-section yang akan dirilis pada pertengahan April 2023" 

Dr. Ray menambahkan nantinya konten edukasi akan disajikan dalam berbagai gaya penyampaian, seperti konten artikel, infografis, video, live webinar, live sharing, dan video edukasi yang lebih interaktif tentunya semua platform ini bisa diakses secara gratis dan sudah divalidasi oleh dokter anak sehingga no hoax sehingga orang tua bisa mendapatkan akses informasi kesehatan yang valid ditengah banyaknya konten yang beredar dan banyak misinformasi karena saat ini semua orang membuat konten

Bicara Gizi Danone
Zivanna Letisha Siregar

Selain kedua ahli di atas hadir juga nih parent's Mom Zivanna Letisha Siregar yang membagikan pengalamannya tentang mengasuh anak kembarnya yang lahir caesar, uniknya Zivanna juga merasakan melahirkan normal pada anak pertama dan nasihatnya untuk semua para Ibu yang melahirkan secara caesar, harus tetap percaya diri bahwa kita adalah ibu yang baik yang selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk anak-anak. Meskipun banyak stigma tentang metode persalinan caesar, sebaiknya kita fokus saja untuk menyiapkan dan melakukan yang terbaik untuk ibu dan anak agar dapat mengoptimalkan kesehatan pada jangka pendek dan jangka panjang. Kita perlu selalu belajar dari para tenaga kesehatan dan mencari informasi dari sumber terpercaya. Selain itu, bergabung dengan komunitas dapat membantu kita berbagi pengalaman dan mendapatkan support system yang baik.

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir