Persahabatan dan Tips Mengatasi Konflik

Persahabatan dan Tips Mengatasi Konflik

Sahabat Terbaik

Kalau zodiak aquarius biasanya dikenal punya banyak teman, ditambah semasa sekolah aku kerap pindah sekolah di berbagai kota dikarenakan mengikuti lokasi Papaku bertugas. Dukanya membuat aku tidak menyukai hari pertama sekolah karena selalu harus memperkenalkan diri dan dicap "anak pindahan itu", sukanya aku bisa punya banyak teman dari berbagai kota.

Persahabatan sejati
Bestie tapi berantem?

Sampai hari ini aku masih berhubungan dengan beberapa teman masa sekolah, kadang aku lupa ini si A yang di kota mana ya, alhamdulillah banyak teman yang masih mengingatku dengan komentar yang sama "Uli wajahnya nggak berubah, ramahnya masih sama dan masih lucu", kalau bicara sahabat terbaik sebenarnya aku agak susah menunjuk sebab di beberapa sekolah aku punya sahabat terbaik. Dan sepengalamanku semua teman yang ku kenal juga nggak mengalami perubahan sikap yang signifikan, sama seperti komentar mereka kepadaku.

So, aku hanya mau bahas bagaimana tips aku menjalin pertemanan dengan mereka, kok bisa awet? Apa saja yang aku lakukan untuk selalu diingat mereka meski kami sudah terpisah ribuan kilometer? Semoga bisa menginsiprasi buat pembaca.

Tips untuk Membuat Persahabatan yang Awet 

Terbuka dan Jujur : Persahabatan yang abadi dibangun di atas kejujuran dan saling percaya. Jangan ragu untuk berbicara tentang perasaan atau apa pun yang mengganggu pikiran kita, Jalinlah komunikasi yang baik dengan teman-teman apalagi saat ini ada banyak kesempatan kita untuk saling sapa, lewat sosial media atau chat whatsapp. Aku selalu jujur baik untuk keadaanku atau keadaan teman-teman, aku tak pernah hadir menjadi penjilat, ada saatnya kadang aku mengurungkan pendapatku karena aku memahami temanku hanya butuh di dengar.

Saling Menghargai : Hormati perbedaan pendapat, minat, dan kepribadian teman-teman berbeda dengan aku karenanya harus ada toleransi dalam bersikap. 

Hadapi Masalah Bersama : Ketika menghadapi tantangan atau masalah, jangan menutup diri dari teman-teman , libatkan mereka untuk membantu atau berdiskusi mencari solusi bersama. Memiliki seseorang yang mendukung di samping dapat membuat beban terasa lebih ringan. KAdang yang aku lihat meski sudah mengaku sahabat tapi kalian gengsi untuk curhat karena takut sahabat kalian menilai kalian berbeda.

Berbagi Momen Bahagia dan Sedih : Rayakan kesuksesan dan momen bahagia bersama-sama, serta dukung satu sama lain ketika ada kesedihan atau kegagalan. Jalin kenangan indah yang membuat persahabatan semakin kuat. Ketika kita bisa berbagai semua hal maka yakinlah teman kita merasa dipercaya sehingga dia tahu kita tulus menjalin persahabatan.

Jangan Pernah Melibatkan Materi : Mungkin ini salah satu tips yang paling aku yakin berhasil membuat teman-temanku tak pernah menjauh. Selama berteman aku tak pernah memanfaatkan kekayaan mereka, meski ada saja yang bisa aku manfaatkan tapi tak pernah aku lakukan. Hal ini membuat temanku menilaiku berteman dengan mereka benar karena butuh teman bukan hal lain.

Mengatasi Konflik dalam Persahabatan

NAmanya juga amsa remaja, kalau tidak ada perpecahan antar sahabat tuh kek nggak afdhol ya haha, aku juga begitu beberapa kali menghadapi konflik dengan sahabat, biasanya terjadi ketika ada perbedaan pendapat atau ada yang merasa tak dilibatkan yang menimbulkan rasa cemburu. Lantas bagaimana mengatasi konflik tersebut?

Dengarkan dengan Sabar : Ketika terjadi konflik, dengarkan apa yang ingin disampaikan teman jangan keburu memotong ucapannya seolah kita udah tahu endingnya atau sebaliknya aku akan menyampaikan isi hatiku dengan sabar dan kalimat yang baik dan mengutarakan alasan mengapa aku tak sependapat.

Bicarakan dengan Tenang : Ketika menyampaikan perasaan atau mengungkapkan ketidakpuasan, lakukan dengan nada yang tenang dan penuh pengertian. Hindari bersikap defensif atau menuduh, biasanya aku lakukan setelah beberapa hari menunggu reda rasa kecewa.

Cari Solusi Bersama : Cobalah untuk mencari solusi yang baik bagi kedua belah pihak. Diskusikan bersama mengenai langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah. Dan biasanya saling memaklumi dan bermaafan.

Maafkan dan Lanjutkan : Jika salah satu dari kita membuat kesalahan, bersedia untuk memaafkan dan meminta maaf. Memperbaiki kesalahan adalah bagian penting dalam menjaga persahabatan dan usia sekolah hal ini masih sangat mungkin untuk dilanjutkan karena pemikiran kita masih belum kompleks hehe, keknya beda di usia udah jadi mamak-mamak haha auto blok biasanya haha.

Well ! semoga saja artikel ini bisa menginspirasi pembaca ya, terima kasih!

0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir