Transformasi Lelang Online Bersama IBID

Transformasi Lelang Online Bersama IBID

Transformasi Lelang Online Bersama IBID

Halo Sahabat ulihape.com,

Kali ini aku bawa kabar baik buat kalian yang mencari informasi lelang maupun ingin titip jual barang dengan cepat! Beberapa hari lalu aku diundang hadir di event IBID Youtuber Blogger Gathering dan untuk pertama kalinya aku mengetahui bahwa saat ini lelang itu dilakukan secara online, hadeuh! 

Lelang Online
Lelang Online IBID


Tentang IBID - Balai Lelang Serasi

IBID (baca : ai bid) adalah salah satu platform lelang online yang telah merevolusi cara kita membeli dan menjual barang. Dan ternyata sudah 16 tahun loh, IBID - Balai Lelang Serasi sudah ada sejak tahun 2007 dan merupakan anak Perusahaan PT. Serasi Autoraya (SERA) dibawah naungan Grup Astra. Sejak pandemi melanda dunia di sisi lain  ternyata mendatangkan inovasi. Tak terkecuali bagi IBID yang menghadirkan inovasi aplikasi IBID dan kini menjadi satu-satunya aplikasi yang paling populer di dunia lelang online. 

IBID ada di 10 cabang kota di Indonesia tapi jangan kahwatir meski cabang IBID belum ada di kota kalian tenang saja karena IBID selalu mengadakan acara lelang di luar kota jaringan IBID dan sampai hari ini IBID telah mengadakan lelang di lebih dari 30 kota di Indonesia.

Bapak Daddy Doxa Manurung selaku President Director IBID menjelaskan bahwa sejak  awal, IBID didirikan dengan visi untuk membawa lelang tradisional ke dunia digital. Inovasi itu hadir Ketika pandemic dimana kita dilarang untuk melakukan pertemuan besar, sementara lelang offline selalu ramai untuk setiap lelangan bisa hamper 500 orang yang hadir. Disinilah IBID melihat potensi besar dalam menghadirkan lelang secara online, yang akan membuatnya lebih mudah diakses oleh semua orang. 

Metode lelang di IBID 

Live Auction

Live Auction lelangnya dilakukan secara bersamaan diikuti oleh peserta lelang dari mana saja, untuk Jakarta jadwal Live Auction pada hari Rabu dan Sabtu dan informasi ini tersedia di aplikasi dan website. 

Timed Auction

Timed Auction hanya diadakan lewat aplikasi dan ini berlangsung sampai 3 hari selama objek lelang belum ada pemenangnya kalian tetap bisa melakukan penawaran. 

Flash Auction 

Sedangkan Flash Auction merupakan inovasi terbaru lelang online dari IBID hanya berlangsung selama 1-2 jam via aplikasi IBID dan tersedia fitur live chat dan live streaming untuk melakukan interaksi terkait objek lelang, Flash Auction saat ini baru tersedia untuk lelang mobil saja, ehm sepertinya seru sih kalau kategori lifestyle diadakan flash auction ya!

Kalian dapat mengikuti lelang melalui aplikasi IBID yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Selain itu, atau bisa juga mengunjungi situs web IBID di www.ibid.astra.co.id. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar dan berpartisipasi dalam lelang melalui IBID :

Lelang online Aplikasi IBID
Cara Lelang di IBID

1. Registrasi :

   - Unduh aplikasi IBID atau kunjungi situs web IBID.

   - Daftarkan diri Anda dengan mengisi data diri dan melakukan pemindaian (scan) e-KTP.

2. Pilih Jadwal, Lokasi, dan Kategori Lelang :

   - Setelah registrasi berhasil, Anda dapat memilih jadwal lelang yang Anda minati.

   - Pilih juga lokasi lelang yang sesuai dengan preferensi Anda.

   - Pilih kategori lelang, seperti kendaraan, lifestyle, atau alat berat.

3. Cek Unit Kendaraan (Opsional) :

   - Jika Anda memilih unit kendaraan, Anda dapat melakukan pemeriksaan (cek unit) terhadap kendaraan yang akan dijual dalam lelang.

4. Informasi dan Deskripsi :

   - Mencermati informasi dan deskripsi mengenai unit kendaraan yang Anda minati.

   - Periksa kelengkapan dokumen kendaraan pilihan Anda.

5. Membeli Nomor Peserta Lelang (NPL) :

   - Beli Nomor Peserta Lelang (NPL) sesuai dengan jenis lelang yang Anda ikuti.

   - Biaya NPL bervariasi berdasarkan jenis lelang:

     - NPL mobil: Rp. 5.000.000

     - NPL motor: Rp. 1.000.000

     - NPL lifestyle: Rp. 200.000

     - NPL alat berat: Rp. 20.000.000 (dapat berubah sesuai objek lelang)

6. Penawaran :

   - Setelah mendapatkan NPL, Anda dapat mulai melakukan penawaran pada barang yang Anda inginkan saat lelang berlangsung.

   - Tawarkan harga terbaik sesuai dengan kemampuan Anda.

7. Pelunasan (Jika Menang) :

   - Jika Anda memenangkan penawaran, Anda harus segera melakukan pelunasan dalam waktu paling lambat 5 hari kerja setelah lelang berakhir.

   - Jika pelunasan tidak dilakukan tepat waktu, Anda dapat dianggap wanprestasi dan deposit atau NPL Anda tidak akan dikembalikan.

8. Pengembalian Deposit (Jika Tidak Menang) :

   - Jika Anda tidak berhasil memenangkan penawaran, deposit atau NPL Anda akan dikembalikan ke rekening Anda dalam waktu paling lambat 3 hari kerja setelah lelang berakhir.

Pastikan Anda memahami semua syarat dan ketentuan yang berlaku dalam lelang melalui IBID sebelum Anda berpartisipasi. 

9 Keunggulan Lelang Via Aplikasi IBID - Balai Lelang Serasi

Tips Menang Lelang Online
Tips Menang Lelang Online

Aksesibilitas : Salah satu keunggulan utama IBID - Balai Lelang Serasi adalah aksesibilitasnya. Dengan aplikasi ini, siapa pun dapat dengan mudah mengakses dan berpartisipasi dalam lelang dari mana saja selama kalian terkoneksi internet. Ini memungkinkan penjual untuk mencapai pasar yang lebih luas, sementara pembeli dapat menemukan barang yang langka atau unik tanpa harus pergi ke lelang fisik. Dan kalau kalian tidak memiliki aplikasi tenanglah karena lelang online juga bisa dilakukan via website IBID.

Keamanan dan Kepercayaan : IBID memiliki sistem keamanan yang ketat untuk melindungi pembeli dan penjual. Setiap transaksi dan barang yang dilelang diawasi dengan cermat untuk memastikan integritasnya. Selain itu, sistem peringkat dan ulasan membantu membangun kepercayaan di antara pengguna. 

Informasi Kondisi Mobil Transparan

Aku telah menyaksikan bagaimana semua kendaraan lelang dan yang titip jual diperiksa dengan cermat, semua kendaraan yang ada di Balai Lelang IBID dibersihkan/dicuci, selanjutnya dilakukan inspeksi oleh inspektur terlatih yang disebut ACV (Astra Car Valuation). Dalam hitungan menit semua kendaraan langsung mendapatkan grade untuk menentukan harga jual dan tentu saja para konsumen mendapatkan laporan lengkap terkait kondisi unit sehingga barang yang dilelang dipastikan informasinya akurat. Inspeksi dilakukan terhadap interior, eksterior, rangka, mesin, komputerisasi mobil sampai kebagian dokumen sehingga semua barang lelang dijamin kondisi unit dan legalitas dokumennya, so no tipu-tipu di lelang online IBID!

Astra Car Valuation
ACV

Beragam Kategori : IBID menawarkan berbagai kategori barang yang beragam, mulai dari mobil bekas dan motor bekas,  alat berat dan scrap, dan produk lifestyle, seperti jam tangan, alat music, perlengkapan elektronik dan banyak lagi. Ini memberi peluang bagi semua orang untuk menemukan barang yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Beragam Fitur :

Setelah aku ulik aplikasi lelang online IBID ini memiliki sejumlah fitur yang memudahkan user. Ada fitur favorit, pengingat untuk barang yang kalian incar dan fitur pembanding adalah fitur yang aku suka karena perlu bangetkan membandingkan harga sebelum membeli. Selain itu Aplikasi IBID juga memiliki fitur Lelang Otomatis (autobid) pada Flash Auction yang memudahkan pembeli untuk menawar secara otomatis sampai batas tertentu. Ini memungkinkan pembeli untuk tetap berpartisipasi dalam lelang bahkan jika mereka sibuk dengan berbagai aktivitas. Dan fitur pengambilan barang hasil lelang juga tersedia pilihan ambil sendiri atau dikirim, sungguh mudah bukan?

Sistem Lelang 100% Bersih & Jujur :

IBID diawasi oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dibawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, ada ISO 270001 sebagai standarisasi internasional dalam menjaga kemananan informasi, karena itu dijamin 100% lelang di IBID dilakukan secara transparan dan jujur.

Pembayaran Aman :

Semua transaksi di IBDI dipastikan aman 100% karena setiap user memiliki virtual account dalam melakukan pembayaran deposit NPL (Nomor Peserta Lelang) dan pembayaran deposit sesuai objek lelang bisa dilakukan transfer dari berbagai bank termasuk AstraPay.

Menang Banyak di IBID, karena banyak promo berupa cashback atau poin yang bisa kalian kumpulkan dari lelang yang dimenangkan dan bisa ditukar beragam hadiah keren.

NPL Unlimited, buat kalian yang punya usaha jual beli barang nggak usah repot lagi melakukan pembayaran NPL untuk setiap objek lelang. Di IBID tersedia NPL Unlimited yang bisa digunakan untuk ikut lelang 5 objek lelang sekaligus dan berlaku selama 6 bulan serta bisa diperpanjang loh!

Nah bagaimana cara ikut lelangnya? Segera download aplikasi IBID dari android maupun iOS, buat akun kalian, lengkapi data yang diminta lalu pilih kategori objek lelangnya dan cari jadwal lelang yang ada di kota kalian, tersedia juga fitur live chat untuk menanyakan detail kondisi objek lelang yang kalian ikuti, segampang itu melakukan lelang online dari jemarimu!

Tips Sukses dalam Berpartisipasi dalam Lelang Online IBID

Tips ini bocoran dari Bapak Presdir loh nah cermati dan lakukan untuk dapatkan barang Impian kalian :

1. Lakukan Penelitian : Sebelum Anda berpartisipasi dalam lelang, lakukan penelitian tentang barang yang akan Anda tawar. Pastikan Anda memahami nilai sebenarnya dari barang tersebut, jangan sampai karena gengsi-gengsian malah harganya udah nggak masuk akal.

2. Atur Anggaran : Tentukan batas anggaran Anda sebelum memulai penawaran dan tetap patuhi batas tersebut. Jangan tergoda untuk membayar lebih dari yang Anda mampu, budget is a key kata Pak Doxa.

3. Perhatikan Waktu Lelang : Pastikan Anda mengetahui waktu lelang dan jadwal penutupan tawaran untuk barang yang Anda minati. Jangan sampai melewatkan kesempatan.

4. Baca Deskripsi dengan Teliti : Selalu baca deskripsi barang dengan teliti, termasuk kondisi barang dan semua detail yang relevan.

5. Periksa Riwayat Penjual : Sebelum Anda memutuskan untuk membeli dari penjual tertentu, periksa riwayatnya dan ulasan dari pembeli sebelumnya.

6. Patuhi Aturan dan Kebijakan : Pastikan Anda memahami dan mematuhi aturan dan kebijakan IBID. Ini akan membantu menjaga pengalaman berbelanja Anda tetap positif.

Cara Titip Jual Barang di IBID

Pada awal artikel aku sudah menyinggung perihal titip jual lelang di IBID, nah bagaimana caranya? IBID memiliki 2 tipe layanan titip jual yaitu regular dan ekslusif.

Titip jual reguler

Titip jual regular artinya kalian harus membawa objek lelang ke balai lelang IBID terdekat dan ini bisa untuk semua kategori objek lelang ya, baik otomotif dan non-otomotif. Nantinya barang titip jual kalian akan dilelang dengan standar proses transparansi lelang ala IBID ya so don’t worry dijamin barangnya lekas terjual.

Titip jual eksklusif

Sedangkan Titip jual ekslusif ini khusus untuk Flash Auction nah pastinya barang lebih cepat terjual dan untuk inspeksinya kalian bisa memilih datang ke poll atau eksklusif di rumah kalian, menarik bukan?

Apakah titip jual di IBID hanya otomotif saja? Tentu saja tidak bestie! Kalian juga bisa titip jual barang non-otomotif loh dengan kategori sebagai berikut : Aksesori otomotif Audio, Elektronik, Fashion, Gaming, Handphone, Kamera, Komputer & laptop, Mainan & hobi, Olahraga, Perlengkapan bayi, Perlengkapan kantor dan Rumah tangga, dan dengan pengalaman IBID tentunya barang lifestyle kalian akan lebih mudah terjual dibanding jual di market place, so ini dia cara titip jual barang non-otomotif :

1. Mulai dengan mendaftarkan akun di situs web atau aplikasi IBID dan melengkapi informasi diri serta mengunggah scan e-KTP.

2. Lanjutkan dengan mengisi formulir titip jual untuk barang lifestyle yang ingin kamu jual.

3. Pilih lokasi dan jadwal inspeksi yang kamu inginkan, dengan catatan bahwa saat ini inspeksi hanya dapat dilakukan di pool IBID.

4. Tim IBID akan menghubungi kamu dalam waktu 2x24 jam (hari kerja) untuk mengonfirmasi objek lelang dan jadwal inspeksi.

5. Tim IBID akan memberikan rekomendasi harga dasar berdasarkan hasil inspeksi.

6. Selanjutnya, isi formulir perjanjian kerja sama untuk menetapkan kesepakatan antara kamu dan pihak IBID.

7. Pilih jadwal lelang lifestyle yang kamu inginkan dan pantau proses lelang secara langsung melalui situs web/aplikasi IBID.

8. Tim IBID akan mengonfirmasi pembayaran jika barang yang kamu titipkan berhasil terjual.

9. Proses pencairan dana ke akun rekening yang terdaftar akan dilakukan dalam waktu 5 hari kerja setelah objek lelang terjual.

10. Perlu diingat bahwa objek lelang yang terjual akan dikenai biaya admin sebesar 2,5 persen dari harga terjual.

Dengan sejarah yang kaya dan keunggulan yang ditawarkan, IBID maka aplikasi lelang online IBID ini layak dieksplorasi bagi siapa pun yang tertarik dalam dunia lelang. Setelah membaca artikel ini aku jamin kalian dapat memaksimalkan pengalaman berpartisipasi dalam lelang online dan berpotensi untuk mendapatkan barang yang kalian inginkan dengan harga yang kompetitif.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.ibid.astra.co.id atau unduh aplikasi IBID di Google Play Store dan App Store. Ikuti juga akun media sosial resmi IBID di bawah ini.

Instagram   : @ibid_balailelangserasi

Facebook   : IBID - Balai Lelang Serasi

TikTok         : @ibid_balailelangserasi

YouTube     : IBID - Balai Lelang Serasi

Twitter        : @ibid_lelang



0 Komentar

Komen ya biar aku tahu kamu mampir