-->

Nonton Youtube Tanpa Khawatir Kuota Internet Habis

Suka deg-degan kalau lihat Kanda anak pertamaku buka handphone, berdoa biar dia gak pencet kotak merah yang ada tanda panahnya (Youtube). Biasanya aku lebih mengarahkannya untuk memencet kota ungu yang punya tanda panah juga (Pemutar Video), disana sudah banyak video yang aku unduh dari youtube juga. Tapi dasar anak-anak tau aja itu unduhan, sehingga Kanda lebih suka menonton video yang berasal dari youtube, entah apa alasannya, padahal tak jarang yang diputarpun sama saja dengan video yang sudah aku unduh. Apakah warna merah lebih menarik?



Kalau hari-hari biasa sih gak khawatir, karena Kanda paling ememgang gadget hanya 15 menit, yang gawat itu kalau sudah weekend and we stay at home, alias gak kemana-mana. Maka dari pagi Kanda akan meminta hepon ujarnya. Terkadang dia memainkan education game, setelah bosan maka dia akan memutar youtube, paling suak nonton "egg surprise" dan tetiba ada nada SMS masuk, kalau sudah dengar SMS masuk maka aku akan meringis "alamaaak kuota internet habis" dan benar saja tetiba Kanda akan menangis ..amiii...amiiii ini..ini.. maksud Kanda kenapa youtubenya hilang, benar saja cek SMS yang masuk isinya pemberitahuan bahwa paket internet sudah habis, hiiiks padalah baru isi, kantong dikuras habis kalo Kanda mainin Youtube #cekak


Dan lupa kapan persisnya pokoknya sudah lama, ketika aku memperbarui youtube, dan ternyata ada informasi bahwa Youtube bisa diputar dalam mode offline, apa? Tanpa koneksi internet, serius? Iyaa..dan merasa diberikan jalan untuk menghemat uang beli paket internet akhirnya memang benar dengan versi Youtube terbaru kita bisa memilih video yang ingin kita tonton, tanpa harus memakai kuota internet. Namun tetap dalam proses mengunduh video masih membutuhkan koneksi internet, setelah disimpan kedalam video offline barulah kita bisa memutar video ini tanpa koneksi internet.


Akhirnya jadilah aku emak irit, aku setel wifi kantor, setelah tersambung aku cari video-video anak yang bisa disimpan offline, karena tidak semua video bisa tersedia dalam mode offline. Dan sejak saat itu, bila sepulang kantor maka data seluler aku matikan dan Kanda akan bebas membuka youtube, dalam mode offline dia bisa menonton semua video yang sudah kusimpan, Kanda tetap merasa itu dalah youtube online ,yes akhirnya bebas nonton youtube tanpa harus khawatir kuota habis.


Ternyata Youtube mode offline ini baru tersedia di Indonesia, India dan Filipina, ya tentunya karena memang ditiga negara ini jaringan internet tidak sekencang negara-negara maju lainnya jadilah youtube berbaik hati memberikan mode offline selain tidak menghabiskan kuota data, maka videopun bisa diputar tanpa buffering, OK kan yes!


Trus bagaimana caranya ? Ini sih buat yang belum tahu aja ya, kalau udah tau ya alhamdulillah guys!

  1.  Install Aplikasi Youtube dari playstore, kalau sudah terinstall pastikan kamu meng-update dengan versi terbarunya. 
  2. Lalu cari video yang kamu inginkan, lalu cari tanda panah dikanan bawah, bila tidak disilang itu artinya video available untuk offline mode, bila disilang artinya hanya bisa ditonton secara online.
    Tanda panah yang disilang menunjukkan video tersebut hanya bisa ditonton online
    Tanda panah tanpa silang its mean availble offline mode

  3. Tentukan kualitas videonya, biasanya aku pilih sedang jadi tidak terlalu banyak menghabiskan memori.
    Pilih Kualitas Video
  4. Bila sudah selesai mengunduh dan tersimpan tanda panah dikanan bawah akan berubah menjadi ceklist berwarna biru. 
    Ceklist biru menunjukkan video sdh disimpan
  5. Video offline bisa diputar ketika gadget dalam keadaan tidak ada jaringan.
    Matikan Data Seluler maka youtube akan langsung mode offline

Daftar Video Offline Kanda


Dan bila ingin mengetahui lebih detail setelan video offline anda bisa melakukan setelan pada menu setting youtube, disana anda bisa menghapus video offline yang sudah tidak diinginkan, atau anda ingin menentukan video offline diunduh hanya bila ada wifi juga bisa, bahkan sekedar untuk menentukan video mau disimpan dimemori mana anda bisa atur.










































Jangan Kaget

Loh kenapa? Nah catet ya mom's video offline ini hanya bertahan selama 48 jam alias 2x24 jam, setelahnya video tidak bisa diputar lagi namun masih ada didaftar video offline kita, nah untuk merestorenya terpaksa aktifkan data seluler, kalau gak mau rugi cari wifi mom's, dipastikan video offline akan restore kembali dan bisa dinikmati lagi.

Yang ada tanda serunya artinya sudah expired jadi tinggal cari wifi aja ntar otomatis terestore kembali
Mudah bukan ? So mommies jangan ragu minjamin gadgetnya ya, jangan pelit kan gak kepotong kuota ini hehehe..

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

9 comments:

aLdyputRa said...

Sama aja dong, mba. Kan kalau mau dilihat harus di unduh dulu :)

Ulihape said...

Beda, kalo gak diunduh, setiap klik pasti ngurangi kuota, anak2 kalo nonton hal yg sama bisa berkali2, sekali unduh iya pake kuota tp setelahnya mau ditonton berkali2 sdh g pake kuota, yg psti jd bbs buffer

Ulihape said...
This comment has been removed by the author.
Windah Tsu said...

Cukup membantu sih mba uli kalo pake offline soalnya abhi suka nonton berulang ulang. Hehehe

Ulihape said...

Nyelamatin banget win , cmn kita hrs rajin2 gantiin videonya biar dia gak ngeh wkwkwk...utg diktr aq bs wifi an jd unduh2 diktr, sampe rmh data seluluer dimatikan kanda ttp yutuban deh hehheh

Ulihape said...

Nyelamatin banget win , cmn kita hrs rajin2 gantiin videonya biar dia gak ngeh wkwkwk...utg diktr aq bs wifi an jd unduh2 diktr, sampe rmh data seluluer dimatikan kanda ttp yutuban deh hehheh

Aprillia Ekasari said...

hehehe anakku juga kalau nonton youtube di-offline
klo skrng klo dah ketauan pegang hp langsung kuamankan
anak2 skrng pinter2 tau aja yutub iconnya apa, image yg mana, maen sentuh2 aja huhuhu

Turis Cantik said...

Saya juga pakai tehnik ini dikantor puas2in donlot di rmh tinggal nontom aja deh

Anita Makarame said...

Duh, ak ga punya kantor, Mbak.
Jadi ga bisa numpang wifi-an gratis. Xixi
Ak suka nonton film sekali aj, ga berulang-ulang. Mending download atau lgsg aja mbak? Lebih ngirit mana ya kuotanya? Hehe