Cireng Renyah dan Enak

Cireng, konon kepanjangan dari aci di goreng. Kalo di Sumatera Utara gak kenal makanan ini tahunya cuman dimasak buat lem aja hehehe

Begitu tinggal di daerah Jawa Barat, ternyata bahan tepung aci atau kanji orang medan bilang bisa diolah beberapa jenis makanan, ada lagi cilok (Aci di Colok) nah yang gampang banget buatnya, gak pake lama itu cireng, tinggal diuleni, bentuk dan goreng siap disantap deh.




Tapi sampai resep ini aku coba meski cireng sudah dingin tetap empuk loh, gak pake alot hanya saja jenis kudapan ini memang pas disantap selagi "hot' dan dilengkapi bumbu rujak maka klop rasanya dimulut, pecah kata anak sekarang.

Resep Cireng banyak bersiliweran di dunia maya, lalu aku pernah nanya ke abang yang jualan, supaya rasanya gurih gimana? ternyata diberi air santan dan sedikit kelapa parut, ehmmm pantes beda ya... dan ketika aku coba memang endes cireng ini dan renyah..

Oh iya dari pengalaman si abang penjual gorengan ternyata trik suksesnya cireng itu dari "biang" jadi kita buat adonan biangnya dulu baru uleni , dijamin cireng akan renyah, krressss !

Dan seperti biasa moms, karena tak ada timbangan maka takarannya pakai sendok makan ya..


Bahannya :

  1. Tepung Kanji/Tapioka atau aci kata urang sunda mah. 3 sdm makan siapkan untuk biang, lalu 6 sdm untuk adonan utamanya
  2. Santan kental (aku pakai santan kecil yang instan)
  3. Segenggam kelapa parut
  4. Seledri dan daun bawang diiris
  5. Bawang putih dihaluskan (3 siung)
  6. Kaldu bubuk royco ebi
  7. Garam
  8. Maizena untuk taburan
  9. Minyak goreng
  10. Kuah cuka pempek atau buat bumbu rujak
Kuah /Cuka

Cara Membuat :

  • Pertama siapkan adonan utama yaitu campurkan 6 sdm tepung kanji, kelapa parut, garam, kaldu bubuk, seledri dan daun bawang beserta bawangputih yang sudah dihaluskan
  • Lalu siapkan adonan biang, 3 sdm kanji diaduk rata dalam air santan (santan diencerkan dengan 2 gelas air) dan masak sampai adonan mengental seperti lem, bila sudah mengenatal dan bening matikan api.
  • Tuangkan adonan biang kedalam adonan utama, ingat ya moms its so hot, so gunakan sendok kayu untuk mencampurkan adonan, aduk sampai rata dan bila sudah tidak panas maka gunakan telapak tangan untuk membuat adonan kalis
  • Setelah kalis ambil sedikit adonan untuk dibentuk bulat dan pipihkan, pinggirnya dicubit-cubit biar keriting nantinya, supaya tidak lengket satu sama lain maka adonan yang sudah dicetak taburi sedikit maizena.
  • Panaskan minyak goreng dan adonan siap untuk digoreng
Cobain deh moms adonan ini bisa dapat 18 cireng, dijamin anti gagal dan gurihnya buat lagi dan lagiiii

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

2 comments:

Silviana Noerita said...

waah.. Terlihat enak dan menggoda. Jadi pengen buat juga, terimakasih resepnya. ^_^

Ulihape said...

dicoba ya smg hasilnya smaa dgn tulisan hehhe