Vietnam Nan Murah Meriah - Ulihape.com

Vietnam Nan Murah Meriah


Nah kemarin sudah cerita bagian awalnya, sekarang lanjut dihari berikutnya di Vietnam, yang pasti jadi hepi karena uangku banyak disini hehehhe.


Selain HCMC (Ho Chi Min City) , tujuan wisata lain yang paling dikenal dimanca negara adalah Ha Long Bay. Ha Long Bay terletak disebelah selatan kota Ha Noi. Ha Long Bay merupakan salah satu Taman Nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Vietnam untuk dilindungi dari kerusakan. Kepopuleran Ha Long Bay semakin menjadi-jadi setelah UNESCO menetapkannya sebagai World Heritage. 

Ha Long Bay

Setelah kami bermalam di HCMC maka pada tanggal 10 kamipun melanjutkan perjalanan kami ke Ha Long Bay. Untuk mencapai Ha Long Bay biasanya orang akan terbang dari HCMC ke Ha Noi atau melakukan perjalanan darat. Tapi tidak dengan rombongan kami, kami akan terbang dari HCMC menuju Hai Pong. Lama penerbangan sama saja yaitu 2 jam. Kenapa Hai Pong bukan Ha Noi ? Selain harga tiket pesawat lebih murah melalui Hai Pong, ternyata waktu yang ditempuh dari Hai Pong ke Ha Long Bay (yang terletak di Ha Long city) pun lebih cepat. 

Dari Ha Noi - Ha Long bisa memakan waktu 3 - 4 jam, sedangkan dari Hai Pong - Ha Long hanya membutuhkan waktu 1,5 - 2 jam perjalanan darat. Setelah tiba dibandara kami sudah di jemput mobil carteran berbentuk mini bus kapasitas 12 orang dengan biaya 600.000 VND.  Dari bandara Hai Pong kami langsung menuju Ha Long City dan mencari penginapan tanpa memesan terlebih dahulu karena  cukup banyak penginapan, sehingga tak perlu khawatir. Kamipun bermalam di Hotel bertarif 15 USD/night. Malam ini kami berjalan memutari Ha Long City sebelum besok kami akan menuju Ha Long Bay yang tersohor itu. 

Keesokan harinya.. 11 September 2011, Pembelian tiket untuk ke Ha Long Bay dilakukan langsung pada saat kita hendak berangkat, tak perlu repot karena semua tiket dijual resmi tanpa ada calo. Kami akan menyewa boat umum yang akan ditumpangi penumpang lainnya. Tadinya sempat merasa tidak nyaman ternyata tetap mengasyikkan karena kapasitas sesuai muatan kapal sehingga semua penumpang bisa duduk di meja dan kursi yang disiapkan. Ada juga yang menyewa kapal khusus hanya untuk mereka sendiri/pribadi dengan biaya 75.000 VND per jam dan ini tidak menjadi pilihan.  Sedangkan kalau kapal tanpa carteran biaya perorang hanya 150.000 VND untuk tour selama 6 jam, jika ingin 4 jam saja maka harga menjadi 120.000 VND dan ini hanya meliputi biaya sewa boat dan tidak menginap. Ada paket wisata lainnya yaitu kita menginap diatas boat dan menikmati indahnya pemandangan Ha Long Bay dimalam dan pagi hari, kelemahan paket ini hanya satu dimana biayanya mahal bisa mencapai 250 - 500 USD per orang (sewa boad, kamar tidur, makan). 

Keberangkatan kapal dari dermaga menuju Ha Long Bay sangat tergantung dengan keadaan cuaca. Saat kami tiba disana sedang  hujan dari pagi tak kunjung berhenti dan akhirnya kami baru mendapat ijin berangkat setelah ada pengumuman resmi bahwa cuaca sudah membaik. Kapal layar yang kami sewa bermuatan 20 orang, sepanjang mata melihat hanya ada gugusan-gugusan bebatuan yang saling berlapis, sangat indah dan konon merupakan naga yang turun dari langit. Kebersihan air lautnya membuat pemandangan jadi menakjubkan. 


Begitu kapal berlabuh maka penumpangpun disuruh turun untuk segera menuju goa-goa. Isi goa tak ada yang menakjubkan hampir sama dengan wisata alam indonesia lainnya seperti goa-goa di Green Canyon. Didalam goa bisa kita lihat batuan granit yang menyerupai kepala naga, ditambah pula para pengelola membuat mata naga dengan lampu laser sehingga imajinasi kita bisa meyakini itu adalah kepala naga. 

Perjalanan Ha Long Bay selesai, dalam perjalanan pulang kita akan mampir ke penjual ikan dan sea food, kita beli per kilo lalu nanti akan dimasak didalam kapal dengan biaya masak per jenis makanan adalah 500.000 VND..wow cukup mahal untuk hitungan upah memasak saja, beruntung kami sudah membawa bekal dan sama enaknya ketika makanan kita santap diatas kapal sambil memandang keluar (Ref. Bawa bekal makanan selama perjalanan karena perjalanan selama 6 jam akan menguras energi, usahakan membeli bekal diluar kapal agar hemat). Dan bila hendak ke Ha Long Bay ada baiknya jangan bulan September karena pemandangan jadi terbatas dikarenakan hujan, datanglah ke Ha Long Bay pada Mei- Juni dijamin view yang terlihat akan lebih indah. 

Selanjutnya kami akan bermalam di Ha Noi, perjalanan Ha Long City menuju Ha Noi adalah 3,5 jam. Perbedaan signifikan yang saya rasakan antara HCMC dan Ha Noi adalah kemampuan masyarakatnya dalam berbahasa inggris. Di HCMC sebagian besar bisa berbahasa inggris tapi sebaliknya di Ha Noi orang akan bilang "I just Know little about english" akupun jawab and "I just know little about vietnamesse" . Solusinya adalah jangan lupa membawa peta dan paling minimal anda harus membawa kartu nama hotel. Karena antara tulisan dan ucapan sangat berbeda sehingga akan lebih aman kalau kita menunjukkan tulisan daripada kita yang mengucapkannya.


Di Ha Noi kami menginap di Guest House , sangat hommy , kita bisa menggunakan fasilitas internet, bisa memasak didapur yang disediakan dengan gratis, tarif per kamar 15 USD. Setibanya kami di Ha Noi kami langsung makan malam di salah satu restaurant terkenal yaitu Cha Ca La Vong, restoran berumur ratusan tahun. Dan benar saja saat itu sedang ada syuting acara wisata kuliner, mirip acara pak Bondan kupikir. Menunya hanya ada satu "Grilled Fish" semua meja hanya bisa memesan menu ini tak ada yang lain. Sayatan ikan dibumbu kuning disajikan di hot plate bersama sayur lalapan, dan dimakan bersama mie seperti bihun, agar lebih nikmat maka tambahkan kacang goreng dan sambal terasi yummiiii.... 
Grilled Fish Menu Ratusan Tahun nan Tersohor


Malam ini sangat ramai dan padat, ternyata malam ini merupakan puncak Mid Autumn Festival " Moon Cake" setiap anak-anak remaja keluar bersama temannya menggunakan topeng dan aksesoris lainnya, anak-anak kecil bergembira dengan mainan yang dibelikan orang tua. Dan disini kembali terlihat cara rakyat mencintai negaranya, beberapa mainan anak menggunakan simbol bintang yang nota bene merupakan lambang bendera mereka. 

12 September 2011 Perjalanan berikutnya adalah "Perfume Pagoda", dari hotel kami menyewa taksi dengan bayaran 600.000 VND. Perfume Pagoda merupakan tempat wisata menuju Pagoda/temple/kuil. Terletak sekitar 70 KM dari Ha Noi, sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil. Yang membuat unik Perfume Pagoda adalah perjalanan menuju temple hanya bisa menggunakan kendaraan air seperti sampan atau speed boat, tentu saja kami pilih sampan karena murah. Harga per sampan hanya 150.000 VND sangat murah untuk perjalanan 45 menit sekali jalan dengan mengkayuh sampan. Sepanjang sungai kita bisa menikmati indahnya pemandangan. Perfume pagoda akan ramai dikunjungi pada bulan Maret-April karena ada acara sembahyang. Kali ini sepi dan rintik hujan menemani perjalanan kami. Luar biasa indahnya kiri kanan barisan gunung sungguh mempesona, dan nantinya kita bisa menikmati pemandangan dari atas menggunakan kereta gantung dengan biaya 50.000 VND. 
Parfume Pagoda

Di dermaga biasanya banyak orang menawarkan kita untuk menukar uang receh, gunanya adalah untuk memasukkan sumbangan ke kotak amal dikuil. Hampir sama dengan kebanyakan, kalau urusan sumbangan mesjid/kuil pakai uang kecil saja cukup. Tapi saya sarankan tidak usah ikutan menukarkan uang receh toh jika kita tidak mau juga tidak apa, lumayan bisa hemat :). Ketika kami tiba di perfume pagoda kondisi sedang hujan gerimis, namun karena terletak didaerah berbukit maka air yang turun begitu besar sehingga lokasi perfume pagoda banjir. Celoteh temanku "sial banget nih kita datang kondisi banjir" namun aku bilang ini adalah keajaiban, dimana semua orang hanya bisa melihat perfume pagoda dalam keadaan kering tapi kami bisa menikmati keindahan air yang seolah sudah disetting  begitu indahnya menuruni anak tangga, googling saja key word "perfume pagoda" tak akan kau temui poto seperti milik kami..dimana ada air mengalir hehehhee. Dan benar saja ketika kami mendatangi kuil, seorang biksu bilang bahwa beruntunglah kami bisa melihat kuil sedang dibanjiri air, karena kejadian ini sangat jarang terjadi. 


13 September 2011 Berikutnya adalah mengunjungi kota keramik 'Bat Rang", bisa dijangkau dengan menggunakan bis selaik busway, harga kendaraan umum di Vietnam cukup murah, untuk jarak dekat 3.000 VND dan jarak jauh 4.000 VND hanya da 2 tarif ini di Ha Noi. Dari hotel kami naik bus No.01 menuju terminal bis bernama 'Long Bien" kemudian disana kami lanjut menggunakan 47 route Long Bien - Bat Rang dan langsung turun dilokasi. Disini semua koleksi keramik bisa ditemui. Jangan lupa menawar bila ingin berbelanja bila bingung menawar maka gunakan kalkulator, pencet angka yang anda inginkan tunjukkan ke sipedagang bila dia tidak setuju maka diapun akan membalas mencet angka yang dia inginkan, dapatkan sampai dia mengganggukkan kepala hehhehe. 

Bat Rang

Sepulang dari bat rang kami menghabiskan waktu berjalan di danau " Hoan Kiem Lake" ditepi danau ini banyak pasangan yang akan menikah melakukan poto prewed dengan menggunakan pakaian khas vietnam. 


14 September 2011 Hari ini kami hanya akan mengitari Ho Chi Minh Mouseleum, istana dan rumah tinggalnya. Sayang kedatangan kami kali ini dikarenakan Vietnam baru saja merayakan kemerdekaannya pada tanggal 2 September, maka tubuh Ho Chi Minh yang biasanya berada didalam mouseleum kini sedang di maintenance ke prancis dan akan kembali ke Ha Noi pada 5 November nanti. Jadi kalau ingin melihat tubuhnya jangan datang pada bulan September - Oktober. Di seputaran area ini terdapat juga kebun binatang dan botanical garden ala kebun raya bogor, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Didalam area istana Ho Chi Minh bisa kita jumpai One Pillar Pagoda, kuil yang berdiri diatas satu pillar. 

One Pillar Pagoda

Perjalanan di Vietnampun harus berakhir, sudah seminggu meninggalkan rutinitas kantor, biaya perjalanan yang cukup murah sungguh membuat nyaman perjalanan kali ini. 
15 September kami kembali menuju Indonesia dan lagi kawan begitu tujuan Indonesia pesawat kamipun delay :)...ting tong !! 


Catatan kecil : 

  1. Penginapan di HCMC : NGUYEN KHANG HOTEL, e-mail : info@nguyenkhanghotel.com , harga kamar 7- 11 USD  
  2. Penginapan di Ha Noi : Manh Dung Guest House , e-mail : mahdung@vista.gov.vn,    tranmahdungvn@yahoo.com, harga semua kamar sama saja 15 USD mau yg double or triple..podo kabeh 
  3. Penginapan di Ha Long City : Thuy Dong Hotel , e-mail :reception@thuydong.vn, harga kamar double bed 15 USD

  • Jangan lupa selalu membawa peta dan kartu nama hotel 
  • Bila berbelanja selalu lakukan tawar menawar, sekalipun menggunakan bahasa isyarat
  • Makanan yang layak dicoba pho, rice paper, Banh Bo.
  • jangan sungkan untuk PM saya mengenai info Vietnam, mumpung ada teman Vietnam ku yang baik hati. 
  • Liburanku ini tanpa agen tour, kemudahan dan kemurahan biaya sebagian didapat karena ada teman yang berwarga negara Vietnam. 
  • Total biaya perjalanan selama seminggu (Biaya hotel, tiket wisata, makan pagi, siang dan malam) diluar tiket  pesawat dan ole-ole adalah 117 USD, so it's fun and it's cheap-lah...


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.