20160218

Ketika Anak Mimisan, keep Calm mom's !

Aduuhh amiii teriak anakku sore itu, aku sedang di dapur langsung berlari dan mendapati anakku bingung dengan tangannya, dijarinya aku lihat ada darah, Kanda yang belum bisa bicara langsung bilang "red ami...red" katanya menunjuk warna merah. Tadinya kupikir tanganya terkena patahan mainannya. Ternyata setelah kulihat wajahnya pada bagian hidung sudah penuh darah, anakku mimisan.



Sebelumnya sudah pernah dua kali aku mendapati hidung kanda ketika bangun tidur seperti bekas daarah kering. Kejadian sore itu membuat aku paham bahwa darah itu adalah bekas mimisannya. Aku termasuk orang yang tenang, tidak panikan. Begitu melihat darahnya langsung aku ambil handuk kecil aku basahi dengan air es kemudian Kanda aku dudukkan dan hidungnya aku tempeli handuk yang sudah diberi air es, tidak sampai 5 menit darah sudah berhenti.


 Lalu aku kembali menghubungi dokter via whatsapp dan dari dokter ternyata anak-anak itu mimisan adalah hal yang wajar. Apalagi kanda memiliki riwayat alergi dan kondisi cuaca juga sedang panas maka besar kemungkinan Kanda untuk mengalami mimisan. Anak dengan riwayat alergi maka dipastikan pembuluh darah di hidungnya lebih sensitif, digaruk sedikit saja biasa memicu mimisan, atau ketika sedang panas maka pembuluh darah di hidung akan bengkak dan tersenggol sedikit saja langsung pecah dan itulah yang sering kita sebut mimisan. 


Hasil Chatting dengan dokter Mimisan pada anak bisa dianggap wajar selama itu terjadi tidak dalam kurun waktu yang lama, darah cepat berhenti dan tanpa ada penyakit yang menyertainya. Bahkan mimisan ini tidak termasuk kategori berbahaya dan cukup ditangani dirumah saja. Tetapi aku orangnya selalu menempatkan diri untuk meminimalkan rasa penyesalannya, karena meski dokter anak sudah memberikan jawaban bahwa it's fine tetap saja aku membawa anak ke dokter THT. Dan yes, jawabannya idem alias asama dengan dokter anak, bahwa anak-anak memang cenderung mudah untuk mimisan. DAn apalagi ketika dicek memang pembuluh darah Kanda sangat tipis dan rapat-rapat sehingga kondisi kering dan panas mudah sekali menjadi pemicunya, untuk mengatasi kondisi tersebut berikan anak minum yang cukup. 


So Mom's Keep Calm ya , lakukan hal-hal berikut ketika mendapati anak mimisan : 

1. Tetap tenang sehingga anak juga akan tenang, terkadang anak menjadi menangis karena melihat respon orang tuanya yang kaget ata berlebihan. 

2. Dudukkan anak dalam posisi yang nyaman, posisi kepala sedikit menunduk. Jangan dongakkan kepala anak keatas, hal ini bisa membuat darah mengalir kedalam tenggorokan, dan bisa jadi anak tersedak dan muntah. 

3. Basahkan handuk dengan air es, lalu seperti mengkompres tekankan kehidungnya sampai darah berhenti mengalir, untuk keadaan normal tidak lebih dari 5 menit seharusnya sudah berhenti. Berikan anak minum dengan tujuan membuatnya tenang. Setelah 5 menit coba lepaskan lap basah tadi dan cek apakah masih ada pendarahan, jika masih maka kompres kembali sampai berhenti. 

Dan wajib diperiksakan kedokter apabila : Mimisan sangat sering terjadi. Darah tidak berhenti selama 15 menit. Ada benda lain yang masuk ke hidung dan menyebabkan pendarahan. 

Segera bawa kedokter apabila : Anak mengalami mimisan dengan pendarahan yang banyak dan disertai kondisi anak yang melemah. Anak mengalami pendarahan dihidung karena jatuh atau terbentur. Darah tidak berhenti selama 20 menit.


5 comments:

  1. anak sulungku dulu jg sering mimisan. makin gede, mimisannya berkurang n akhirnya berhenti

    ReplyDelete
  2. semoga cepat sembuh mbak untuk anaknya :)

    ReplyDelete
  3. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah hidup seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya mengajukan permohonan sebesar Rp 800.000.000 juta saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak saya. Saya tidak tahan lagi dengan hal ini, saya bertemu dengan seorang teman yang bernama Jerry Andi. Dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Lenders yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah yang tepat yang saya ajukan, saya mendapatkan jumlah pinjaman Rp 800.000.000 juta dari Anthony Yuliana Lenders setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Yuliana Lender Saya juga akan suka menggunakan kesempatan ini untuk memberi saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com) BBM PIN (E37F9BCC) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita