-->

Cegah Kanker Serviks !

Weekend kemarin, 12 Maret 2016 aku mengisi hari dengan mengikuti Seminar Kesehatan "Love Your Body Without Cervical Cancer". Yup, agak serius judulnya ya, sebagai wanita yang sudah menikah dan sudah melakukan kontak seksual maka rasanya ingin tahu deh apa sih kanker serviks? Menyerang wanita sajakah?seberapa bahaya? Dan alhamdulillah BRID memberikan kesempatan bagi teman-teman blogger untuk bisa hadir pada acara ini. Berlokasi di mall FX Sudirman, awalnya heran juga kenapa diadain di mall? Ternyata acara ini adalah acara rutin yang digelar oleh sebuah klinik kesehatan yang berlokasi di mall tersebut "Brawijaya Clinic" yang berada di lantai f5 mall tersebut kerap mengadakan seminar kesehatan dan ini gratis. Harapan mereka semakin banyak orang yang mendengar maka akan semakin care terhadap kesehatannya.

Kita mulai dari mengenal arti kanker ya, Kanker adalah penyakit tumor ganas yang dapat menyebar ke organ lain dan bisa menyebabkan kematian. Ketika seseorang telah terdiagnosa kanker maka membicarakan kesembuhan adalah hal yang sangat optimis, akan tetapi sebenarnya kita hanya sebatas bertahan pada kondisi tersebut "seberapa lama kita bisa bertahan dari diagnosa" karena motivasi atau semangat juang dari penderita kanker merupakan salah satu kunci sukses untuk mengarah pada proses penyembuhan.



Well berbicara serviks tentu langsung identik dengan oragn intim wanitakan? Pada seminar kali ini materi disampaikan oleh dr. Muhammad Haekal SpOG, dokter muda ini membawakan materi dengan bahasa awam dan termasuk blak-blakan menurutku, namun justru dengan begini maka aku jadi lebih paham dan akhirnya bengong-bengong sendiri karena meski aku wanita ternyata aku belum mengenal baik detail organ vitalku yang bisa diancam oleh berbagai jenis penyakit.

Kanker Serviks adalah kanker yang terjadi di serviks atau leher rahim, terletak di bagian bawah uterus yang menghubungkan rahim dan vagina. Dan Kanker ini ternyata bukanlah penyakit turuanan, hanya saja memang bila orang tua memiliki riwayat kanker maka ada kemungkinan kita memiliki gen kanker tersebut juga. Kanker Serviks ini disebabkan oleh suatu jenis virus yang disebut dengan HPV (Human Papilloma Virus) dan HPV ini ada beberapa type dan bisa juga menyerang pria loh, contohnya almarhum manusia akar (badannya dipenuhi kutil) itu juga penyebabnya adalah salah satu type dari HPV so hati-hati juga para pria ya...

Dan menurut data Globocan tahun 2008 bahwa kanker serviks adalah penyakit ganas nomor dua yang paling mematikan setelah kanker payudara. Diperkirakan 8 dari 10 wanita akan terinveksi HPV sepanjang hidup mereka. Pada umumnya sistem kekebalan tubuh kita akan membersihkan virus tersebut. Tetapi ketika sistem tersebut tidak bekerja maka disaat itulah kanker serviks dan penyakit lain bisa berkembang. Dan ingat ya girls? bahwa HPV dapat ditularkan dengan mudah lewat berbagai bentuk kontak seksual jadi bukan hanya karena berhubungan badan.

Dan dari 100 type HPV maka da 4 type HPV yang sering menjadi pemicu kanker serviks dna penyakit kelamin lainnya. Asli aku pribadi baru tahu kalao ada penyakit kutil kelamin,,,ihhh melihat gambarnya saja ngeri, tak lain disebabkan karena ketidakmampuan wanita menjaga kebersihan dan kesehatan organ intimnya. HPV type 6 dan 11 adalah penyebab penyakit kelamin seperti kutil tadi, kemudian HPV type 16 dan 18 merupakan penyebab kasus kanker serviks.

Lalu apa saja yang menjadi gejala kanker serviks ? menurut dokter Haekal kebanyakan kaum hawa tidak menyadari bahwa keputihan adalah sebuah tanda bahwa ada sesuatu maslaah terhadap organ intim wanita, dan berikut adalah gejala awal kanker serviks :


  1. Pendarahan abnormal : pendarahan yang terjadi sesudah melakukan hubungan, pendarahan diluar jadwal haid dan pendarahan yang terjadi ketika sudah menopause, so beware ya ladies
  2. Kelainan pada vagina, hal ini adanya keputihan yang sudah diluar batas normal, baunya sudah tercium oleh orang lain dan gatal yang sangat sehingga mengganggu aktifitas seseorang
  3. lalu harus waspada juga bila sering mengalami linu dipinggang dan dikaki, karena HPV bisa menggerogoti bagian tersebut.

Kenapa Clinic Brawijaya melakukan sosialisasi ini , tahu gak ladies ternyata di Indonesia setiap hari ada 40 kasus baru tentang kanker serviks dan ada 20 kematian per harinya, seramkan? So bisakah dicegah ? bisa, hanya saja karena biaya yang masih cukup mahal dan kurangnya pengetahuan kita maka sering kali kita tidak care. Sejatinya penanganan kanker serviks bisa dilakukan sedini mungkin :


  • Pencegahan, melalui Edukasi, pemakaian kondom ketika berhubungan sex dan cara terbaru melakukan VAKSINASI , ya sekarang sudah ada vaksin HPV dan saat ini vaksin ini diulang kembali dalam jangka waktu 8 tahun, efektifitasnya menacapai 100% dan selain bisa mencegah kanker serviks, vaksin ini juga bisa mencegah kanker vulva dan vagina serta kutil anus dan kelamin. Wanita usia 10 sampai 50 tahun wajib divaksin dan pria usia 9 sampai 26 tahun juga perlu vaksin HPV.
  • Deteksi Dini, lakukan deteksi dini dengan melakukan Papsmear sebuah usaha untuk mengecek mulut rahim, apakah normal atau tidak dan untuk harga terjangkau bisa ke puskesmas ladies, namun metodeyang digunakan adalah VIA dan tentu hasilnya tidak seakurat Papsmear ya..
  • Pengobatan, tentu berkonsultasi dengan dokter, seperti penyakit kanker lainnya bisa diusahakan melalui kemoterapi, radioterapi bahkan pembedahan.

Dan pasti adakan biang keroknya atau asal muasalnya, ya itu si keputihan tadi? Lah itu karena apa? karena bakteri yang menyerang organ itin wanita, dan ternyata ladies kalo keputihan kamu agak berat pak dokter haekal memberi saran untuk mencuci ms V dengan larutan prebiotik, ituloh yang sering kita minum "saya minum dua", dengan begitu bakteri baik yang ada pada minuman tersebut bisa menstabilkan kembali pH oragn kita pada angka seharusnya 3 - 4, dan setelahnya tetap ya ladies dibersihkan dengan air. Dan bakteri ini bisa dengan mudah menjangkiti organ intim kita karena :


  • Aktivitas seksual
  • Alat IUD, bukan salah IUDnya tetapi andai ms V tidak bersih maka IUD ini bisa menjadi jembatan untuk mengembangkan bakteri ke organ lainnya
  • menstruasi
  • penurunan estrogen
  • pencucian vagina yang tidak bersih, karenanya dianjurkan dalam sehari mengganti celana dalam sebanyak 3x loh
  • Merokok dan stress juga bisa memicu bakteri jahat ini.

So kalau kamu wanita dan merasa peduli maka segera cek ya ladies, mencegah lebih baik daripada mengobati!








When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

4 comments:

Aprillia Ekasari said...

Hello Mbak Uli waktu acara belum sempet kenalan. Huhuhu serem liat gambar vagina yang terinfeksi HPV ya? Moga2 kita selalu dilindungi, sehat2 selalu aamiin :)

Ulihape said...

iya ya..kmren aku langsung pulang ..next event ya mak

Dr Danie Ben said...

Apakah Anda ingin membeli ginjal atau ingin menjual ginjal? Atau kamu
mencari kesempatan untuk menjual uang ginjal Anda karena
Keruntuhan keuangan dan Anda tidak tahu harus berbuat apa, hubungi kami
Hari ini kami menawarkan dosis ginjal yang baik. Nama saya adalah
Dr. Daniel adalah seorang nephrologist di UBTH Medical Center. Untuk kita
Klinik ini mengkhususkan diri dalam operasi rumah sakit, dan kami juga terlibat dalam pembelian
dan transplantasi ginjal dengan donor yang tepat.
Kami berlokasi di India, Turki, Nigeria, Amerika Serikat, Malaysia. Jika Anda memiliki
Tertarik menjual atau membeli ginjal, jangan ragu
hubungi kami melalui email

E-mail: Doctordaniel95@outlook.com atau Doctordanielben@gmail.com
Nomor Whatsapp: +2349028230916
Salam pembuka
Dr. Daniel

ASO Services said...

There are so many useful information in your post, I like it all the time. And I want to share this boost app ranking with you, you can take a look. This is very useful.