Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad "Materi Dongeng Islami" Untuk Anak - Ulihape.com

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad "Materi Dongeng Islami" Untuk Anak



Baru kali ini mempunyai seorang teman yang nyaris sering bertemu dihampir setiap event blogger dan dia ternyata adalah seorang penulis, bayangkan sudah hampir ratusan buku yang diterbitkan dan aku bangga bisa hadir di acara launching buku anak berjudul "Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya". Gramedia Matraman sore itu sudah dipenuhi para blogger, dan aku harus datang terlambat karena dilantai 1 gramedia ada area bermain anak dan tentunya anakku Kanda meminta bermain disana hehehe.



Meja registrasi sudah sepi karena memang acara sudah dimulai, lalu dipojok ruangan ada aneka snack dan minuman, ahh si penulis ternyata sangat menghargai tamunya. Dan saat itu sudah sesi tanya jawab, bahwa penulis menuliskan beberapa kisah ajaib tentunya sudah mengulik sumber-sumber shahih jadi bukan hanya sekedar menjual kisah ajaib untuk memikat hati pembaca.

Bila dilihat maka buku ini cukup tebal berisi 265 halaman plus, ada 87 judul cerita di dalamnya, seketika kita berpikiran bahwa buku ini terlalu tebal untuk seorang anak, akan tetapi sesuai arah pasar buku ini adalah untuk anak-anak berusia 9 tahun keatas dan melalui pengalamannya penulis menemukan anak-anak terkadang menginginkan mereka memiliki sebuah buku bacaan yang tebal sehingga ada kesan hebat bagi si anak. Lantas apakah buku ini bisa untuk anak balita ? Bisa banget moms, para bunda bisa menjadikan buku ini sebagai bahan untuk mendongeng buat si kecil, dan tak tanggung-tanggung penulis memberi kita stock materi dongeng untuk hampir 90 hari.

Lantas apakah kaidah dalam mendongeng bisa didapat dari buku ini ?
Iyes moms, meski aku bukanlah pakar parenting tetapi beberapa kali hadir di acara parenting yang membahas cara merangsang anak untuk bisa berimajinasi, bisa berkata-kata salah satunya adalah dengan mendongeng. Tentunya teknik dasar mendongeng harus terpenuhi ya moms, seperti :

  1.  Menguasai Cerita , dengan buku ini maka tak butuh waktu banyak bagi mommies untuk bisa menguasai, rata-rata per judul hanya ada 3 lembar dan itupun tak melebihi 200 kata, soits so easy moms ! Dengan gambar yang full colour dipastikan deh anak-anak jadi kepo hehhee
  2. Hidupkan Tokok didalamnya, sebenarnya dua tokokh sudah cukup, buku inipun memegang kaidahnya paling banyak hanya da 3 tokok, nah ini tokohnya kan rasulullah dan sahabat-sahabatnya jadi kita bisa juga memodifikasi untuk tokohnya karena kalau masih balita kan belum paham juga dengan nama-nama sahabat nabi tetapi bagi anak remaja tentu tokoh-tokoh yang hadir sudah ditemuinya pada bacaan lainnya.
  3. Alur Cerita, untuk alur juga jangan terlalu berbelit buku ini dapat banget deh moms, penulis menghadirkan setiap kisah dengan sederhana dan mudah dicerna.
  4. Suasana Hati, bagian terpenting inimoms, usahakan membacakan buku cerita harus rilex moms, buku ini tak butuh 15 menit untuk menghabiskan satu cerita.
Aku suka dengan konsep buku ini, bahwa kisah ajaib itu tak selamanya milik peri bersayap, bahwa Allahpun akan memberikan keajaiban kepada HambaNYA kala mereka membutuhkannya. Pesan moral di dalam buku ini juga banyak, seperti kisah dengan judul Arak Menjadi Madu, dimana atas ijin Allah karena sang pemuda yang suka minum arak itu bermohon dengan ikhlas dan berjanji akan menjadi baik maka Allahpun mengabulkan doanya ketika araknya didapatinya menjadi madu. Dari sini kita bisa mengajarkan kepada anak bahwa Allah menyukai orang yang jujur dan pertolongannya tidak pandang bulu.

Secara keseluruhan semua ceritanya pernah aku dengar dimasa kecilku, meski ada kisah yang samapai sekarang baru aku temui pada buku ini yaitu kisah Nabi Danial , dan karena buku ini juga aku mencari tahu ternyata memang ada dan sangat jarang dikisahkan, inilah kehebatan penulis bisa mengangkat sebuahkisah yang tak dikisahkan.


Ukuran buku 17 x 22 cm sangat pas untuk kita moms, soalnya kalau masih balita anaknya kan kepo pengen ikutan megang, nah ini untuk dipegang berdua bisa banget deh jadi asyik ngebacainnya sambil megang bukunya bersamaan.



Lalu apa sih sebenarnya manfaat mendongengkan anak ? 

Dengan mendongeng atau membacakan buku maka kita bisa :

  • Menjadikan bacaan sebagai media untuk mengajarkan etika dan nilai kebaikan
  • Bisa memberitahu bentuk-bentuk emosi 
  • Mendekatkan hubungan antara anak dan orangtua
  • Jelas bisa menambah kosakata anak, bila sehari 15 menit kita mendongeng maka setahun ada satu juta kata yang dikuasai anak
  • Membuat anak akan bisa berimajinasi tentunya hal ini akan baik bagi perkembangan otaknya

Lalu ketika ada buku islami seperti ini apakah mommies akan melewatkannya ? Aku yakin mommies tertarik dengan buku ini, bisa buat stock hampir 3 bulan loh moms. So mommies bisa dapatkan buku ini secara online karena “Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa dibeli di MatahariMall.com”.  harganya pun sangat terjangkau untuk buku 200 halaman dan full colour hanya di bandrol Rp. 115.000, siapa tau di mataharimall lagi ada diskon moms hehhee.

Untuk Mbak Astri selamat ya, bukunya keren inshaallah akan sangat bermanfaat bagi duo KYH, sukses selalu mbak..

Judul Buku : Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW Dan Kisah Ajaib Lainnya

Penulis: Astri Damayanti

Penerbit : Qibla, Bhuana Ilmu Populer

Tahun Terbit: 2016

ISBN : 978-602-394-139-1

Jumlah Halaman : 271


When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.