Tips Mudik Asik Naik Pesawat Bersama Balita


Sebenarnya sudah lama nih mau berbagi cerita tentang pengalaman pertama bawa anak bayi naik pesawat. Kebetulan bertepatan dengan mudik lebaran. Kanda anak pertama kami baru berusia 4 bulan kala itu. Dan 3 hari sebelumnya Kanda sedang demam panas tinggi, sudah was-was juga bakalan batal mudik padahal tiket sudah ditangan.


Akhirnya ke Dokter dan langsung curhat bahwa 3 hari lagi mau mudik ke Palembang, alhasil Dokternya melakukan yang terbaik dan perjanjiannya kalau beberapa indikator tidak membaik maka mau gak mau harus batal mudik, alhamdulillah batas normal bisa kami capai dan buat jaga-jaga saat di bandara maka dokter pun tak lupa memberi surat keterangan terbang untuk anak kami.

Lalu, persoalan berikutnya adalah kekhawatiran terhadap anak, jangan-jangan nanti dia menangis atau rewel atau bosan selama di dalam pesawat, what should i do moms? Dan apa saja sih perlengkapan yang dibawa untuk persiapan selama mudik di kampung? Persoalan berikutnya bertambah ketika adiknya sudah lahir, usia Kanda bertambah dan harus sudah duduk di seat sendirian, bisa nggak ya? So cek yuk moms apa aja sih yang harus disiapin supaya mudik asyik, anak anteng selama di pesawat ?

PERSIAPAN NAIK PESAWAT

  • Cek Kesehatan dan Kunjungi Dokter, berbicara usia bayi untuk naik pesawat maka secara peraturan penerbangan usia 2 minggu pun sudah diizinkan terbang. Akan tetapi dokter selalu memberi saran agar bersabarlah kalau bukan urusan penting, tunggu anak anda berusia 3 bulan paling nggak sudah mendapat imunisasi BCG dan Hepatitis dan pertumbuhan organ-organnya semakin matang sehingga akan lebih baik bagi anak-anak. Bila anak dinyatakan tidak sehat maka obati terlebih dahulu dan periksakan kembali sebelum terbang. 
  • Surat Keterangan Boleh Terbang, bila masih bayi maka ada baiknya anada menghubungi maskapai terlebih dahulu, apakah diperlukan surat keterangan untuk bayi dengan usia tertentu. Bila iya maka cukup datangi dokter dan minta surat keterangannya, pengalaman aku sih gratis karena aku pasien disana. 
  • Pilih Jam Terbang, aku biasanya memilih first flight or last flight, alasannya anak akan lebih kooperatif karena dia mengantuk dan dipaskan pada jam tidurnya, atau kalo siang aku pilih di jam biasa anak-anak tidur siang sekitar jam 1 an. 
  • Check-in Online : hal ini memudahkan kita untuk tak perlu repot datang ke bandara 2 jam sebelumnya, tapi datang mepet juga buat deg-degan moms hehehe. Tetapi ketika ada bayi didalam tiket maka checkin online via website or call centre  tidak bisa kita lakukan, checkin bisa dilakukan langsung mendatangi kantor maskapai atau sekalian checkin di bandara karena itu hadirlah lebih awal supaya gak ribet dengan urusan anak-anak dan check in. 
  • Minta lah posisi duduk di depan karena membawa bayi membutuhkan space yang agak lapang. Biasanya sih bisa request nih moms komunikasikan saja dengan bagian check in ya. 
  • Pastikan transportasi ke Bandara, kalau aku karena selalu menggunakan taksi maka sudah pesan sehari sebelumnya biar gak mepet jadi dijam yang dijanjikan datang deh.

ANAK NYAMAN DI DALAM PESAWAT


  • Gendonglah anak, biasanya pramugari akan menawarkan safety belt tambahan untuk anak yang belum memiliki kursi sendiri dan saya akan menolak karena anak akan takut dan kedua lebih aman dan nyaman anak dalam gendongan ibunya dan pastikan gendongannya terpasang dengan baik ya (kuat)
  • Tutup Telinga Anak, ada sih moms alat penutup kuping khusus bayi, tapi kalaupun tidak ada moms bisa gunakan kapas yang digulung untuk menutup lubang telinga anak.
  • Usahakan anak mengunyah ketika take off/Landing, dengan mengunyah atau menggerakkan rahangnya bisa mengurangi tekanan udara yang masuk ke telinga anak. Kita orang dewasa juga suka sakit kan moms telinganya. Nah untuk bayi maka moms cukup susui bayinya atau kalao menggunakan dot suruh anak meminum susunya, buat anakku kanda yang saat ini todller sudah lebih mudah cukup kasih snack dan diapun akan mengunyah urusan take off dan landing beres deh moms
  • Bawa mainan atau benda kesukaannya , Saat anak berusia 2 tahun maka anak sudah duduk sendirian maka bawakan mainan kesukaannya moms, sehingga selama terbang anak bisa sibuk dengan aktifitasnya. Sebaliknya sang bayi juga bisa kita alihkan kebosanannya dengan berbagai benda kesukaannya. Tapi kalau moms menggunakan maskapai yang baik maka biasanya mereka akan menyiapkan mainan untuk buah hati kita dan ada monitor di kursi yang bisa kita manfaatkan untuk anak.
  • Bawa persiapan makanan dan minuman ke dalam pesawat, jangan khawatir untuk membawa air panas dan makanan ke dalam pesawat moms, selama itu untuk keperluan anak maka akan diijinkan.   Taruh keperluan anak dikaki kursi, supaya gampang tak usah letakkan di kabin moms, cukup dibawah kursi saja sehingga ketika anak harus berganti baju, harus dibuatkan susu, harus makan maka cepat bisa diambil dan anak tak akan rewel 
  • Berjalan di lorong pesawat, biasanya pengalaman pertama kali naik pesawat si anak akan merasa aneh, karena ruangan menyempit dan penuh orang. Maka tak heran bila ada anak bayi yang histeris menangis, salah satunya untuk membuat anak nyaman ketika pesawat sudah aman maka moms bisa ajak anak berjalan sepanjang lorong pesawat.
KEPERLUAN ANAK YANG PERLU DISIAPKAN

Repot adalah yang terpikirkan disaat mudik membawa anak. Tapi bila dipersiapkan dengan baik maka mudik akan asyik kok moms. Nah beberapa hal yang terkait kebutuhan anak harus detail disiapkan ya moms, supaya kalau ada apa-apa bisa segera ditangani dengan baik dan efeknya tentu anak merasa nyaman.

  • Baju Hangat, siapkan untuk menjaga kalau di dalam pesawat dingin 
  • Obat-obatan, untuk hal tak terduga obat wajib penurun panas, termometer, minyak telon wajib disiapkan ditas kecil ya moms 
  • Makanan, snack dan mainan anak. Hal ini juga harus disiapkan cukup jangan sampai pesawat delay eh makanannya habis, dan mainan bisa menemani anak bermain selama menunggu jam terbang ya moms 
  • Popok, usahakan menyiapkan stock yang cukup, siapa tahu anak tetiba merasa tidak enak diperutnya maka popok yang cukup akan membuat kita nyaman
  • Alas plastik dan kain, ini perlu banget kalau bawa bayi karena untuk mencari nursery room biasanya jauh moms jadi kalau anak pub (bayikan belum ke toilet ya) kita langsung bisa bersihkan menggunakan alas ini 
  • Tissu basah, sepertinya wajib nih moms soalnya mudah untuk membersihkan anak hehhee 
  • Baju ganti, pisahkan baju ganti sekitar 3 stel ditas lain selain tas bagasi 
  • Stroler, kalau aku sama sekali gak punya stroler karena anak-anak gak suka duduk dalam stroler. Kalo mommies punya maka benda satu ini bisa dibawa moms dan nanti ketika akan masuk ke dalam pesawat akan dimasukkan ke bagasi oleh petugas so mommies bisa bawa sampai boarding ya 

Kalau persiapan sudah OK, maka jangan lupa juga membawa persiapan anak-anak untuk selama mudik di kampung. Aku orangnya gak mau repot saat di kampung jadi susu, popok, baju semuanya dibawa dalam jumlah yang cukup. Lah kan bisa beli di kampung ? Ahh jangan moms karena belum tentu semudah perkiraan kita dan pasti anak akan menjadi rewel ketika ada yang tertunda kebutuhannya, aku saking gak mau repot sak alat cuci botol dan sabunnya sudah aku bawa moms heheheh. Bagaimana dengan ole-ole ? Karena aku mudiknya selalu dalam rangka lebaran makanya urusan ole-ole aku tiadakan karena nanti acaranya diganti dengan belanja bersama, ponakan-ponakan diajak beli baju lebaran pasti lebih senang moms.

Sudah siap mudik moms? pastikan semuanya sudah OK ya..happy mudik semua

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.