Trailblazers : English First Membuat Anak Anda Siap Hadapi Persaingan Global

Duh apaan sih itu "Trailblazers" ? senjata jenis baru ?
Yes, sebuah alat baru, totally new program dari English First yang disiapkan bukan hanya untuk anak-anak kita tetapi untuk kita para orang tua sehingga antara anak dan orang tua akan selaras dalam menghadapi kompetisi global ke depannya.

Tak dipungkiri zaman sudah berubah, apalagi di tahun 2016 ini Indonesia sudah memasuki pasar bebas regional dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Jangan heran besok-besok kalau ke pasar yang jualan bahasanya Inggris, atau ketika naik taksi driver nya bule. Hal yang sama juga bisa terjadi pada anak-anak kita, suatu saat nanti mereka menjadi seseorang di negeri orang !. So moms and paps harus melek, harus bisa mempersiapkan anak-anak untuk bisa bersaing ketika era itu tiba.

Karena itu banyak pihak yang sangat concern dalam hal ini, bisa kita lihat pemerintah dengan program-program pertukaran pelajar, dan kesempatana semakin luas ketika lembaga-lembaga non pemerintah pun ikut andil dalam mempersiapkan masa depan anak-anak kita. Yup ! salah satunya adalah English First (EF). EF dalam menyongsong tahun ajaran baru ini meluncurkan sebuah program baru bernama "Trailblazers". Sebuah program berkelanjutan dari program Trailblazers sebelumnya, seperti biasa EF lewat penelitian panjang akhirnya merombak habis program Trailblazers terdahulu. Kini New Trailblazers hadir dengan konsep yang lebih aktual dan sesuai dengan perkembangan teknologi.




28 Juli 2016 kemarin saya termasuk beruntung bisa hadir di acara "Launching The New Trailblazers", berlokasi di kawasan Kuningan City suasana pagi itu terlihat santai. Dihadiri oleh brand ambassadro EF yaitu pasangan selebritis Dona Agnesia dan Darius Sinatria, mewakili EF adalah Ibu Savitri Manan selaku Regional Director dan Bapak Joris Satyadharma selaku Marketing Director EF. New Trailblazers hadir untuk memenuhi kebutuhan anak serta mengakomodasi keinginginan orang tua berdasarkan karakternya, itulah mengapa program ini dinamakan "Trailblazers" sebuah sistem yang akan memberikan solusi bagi anak dan orang tua !


Trailblazers ini adalah program kursus bahasa inggris di EF sebagai tahap lanjutan dari High Flyers (untuk anak berusia 7-9 tahun), so anak-anak dengan usia 10 sampai 14 tahun akan mendapatkan program Trailblazers. Trailblazers sendiri menekankan pada upaya membantu siswa meraih prestasi terbaik mereka di sekolah dan unggul dikehidupan sehari-hari, kok bisa ? Itu karena seluruh konten akademis didalamnya disesuaikan dengan kebutuhan dan minat yang dimiliki anak anda didukung dengan illustrasi visual dan karakter yang menarik disetiap levelnya. Dan diharapkan dengan konten yang relevan dengan keseharian mereka maka dijamin deh belajar bahasa inggris akan jauh lebih mudah.

Dan yang terbaru di program Trailblazers ini adalah kecanggihan teknologinya. Moms and dads sekarang itu apa-apa serba online kan ? Nah EF tak mau ketinggalan maka saat ini teknologi juga menjadi faktor penarik, dimana EF mengeluarkan fitur baru yaitu berupa EF Students Apps , EF Mentor Apss dan EF PArents Apss. 

EF Students Apps adalah aplikasi yang bisa didownload di playstore dan IOS jadi naka-anak akan bisa belajar mobile, kapan saja dan dimana saja. Dengan aplikasi ini maka anak-naka bisa mendapatkan materi pelajaran dan mengerjakan tugas secara mobile. 

EF Mentor Apps adalah aplikasi EF untuk berlatih kosa kata baru setiap hari.

EF Parents Apps, merupakan terobosan baru untuk membuat orang tua merasa nyaman, moms and paps nggak perlu repot untuk mendatangi cabang EF hanya sekedar ingin tahu progres kemajuan anak, cukup dowloan aplikasi ini maka moms and paps bisa tahu anak sudah belaja apa saja, mengerjakan tugas apa saja, masuk kelas atau tidak dan sedang apa mereka di kelas. Pokoknya komplit!

So, apa KEUNGGULAN TRAILBLAZERS ?


  • 1
    Trailblazers memiliki kurikulum yang mendukung kurikulum nasional di Indonesia. Materi belajar berisi beragam tipe soal ujian nasional dan rangkaian tugas dan latihan yang dibutuhkan untuk sukses di sekolah.
  • 2
    Kursus akademis yang komprehensif dirancang sesuai dengan CEFR dan sejalan dengan standar ujian internasional seperti TOEFL, IELTS dan Ujian Cambridge.


  • 3
    Tes untuk setiap unit mencakup keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, tata bahasa, kosakata dan cloze, semuanya berkaitan erat dengan persyaratan ujian masuk.


























  • 4
    Untuk mengatasi poin masalah utama dalam belajar bahasa Inggris dan persiapan tes, maka Trailblazers memberi penekanan ekstra untuk membantu siswa menguasai kerumitan Tata Bahasa dan untuk mengatasi tantangan Kosakata.









Bagaimana Sistem Pembelajaran Trailblazers ?

EF sebagai lembaga kursus internasional yang berusia 50 tahun dengan tim pengajar yang handal, bahkan bekerja sama dengan beberapa universitas di Luar Negeri dengan segala inovasinya maka sudah bisa dipastikan EF menggabungkan hal-hal terbaik dari pengajaran di sekolah dengan teknologi pembelajaran bahasa yang inovatif dan pemantauan kemajuan.

 Lalu apa saja yang dipelajari pada program Trailblazers ?

Ada 8 buku pelajaran yang akan digunakan di dalam program Trailblazers

LEVEL A1: Book 1 & 2 (THE CHOSEN ONE)
Pada level ini siswa dapat membuat kalimat dasar dan memahami serta menggunakan ekspresi sehari – hari yang familiar. Mereka pun akan mampu memperkenalkan diri dan berinteraksi secara sederhana.

LEVEL A2 : Book 3 & 4 (PLANET IN PERIL)
Di level ini siswa akan dapat berkomunikasi mengenai tugas rutin dan sederhana yang membutuhkan pertukaran informasi langsung. Dapat menjelaskan latar belakang dirinya, lingkungan sekitarnya dan hal -  hal yang dibutuhkan sehari – hari secara sederhana.

LEVEL B1.1 : Book 5 & 6 (THE LONG JOURNEY HOME)
Dalam tingkatan ini siswa dapat memahami poin utama yang ditemui dalam aktifitas, sekolah, hiburan dan lain-lain. Dapat menghadapi situasi saat melakukan perjalanan diarea yang berbahasa Inggris. Dapat pula membuat kalimat sambung atas suatu topik yang berhubungan dengan minat pribadi. Dapat menjelaskan pengalaman serta kejadian, mimpi, harapan dan ambisi. Mampu memberikan alasan singkat dan menjelaskan pendapat serta rencana

LEVEL B1.2 : Book 7 & 8 (THE COLONY)
Ditingkat tertinggi dalam kelas New Trailblazers ini siswa dapat berkomunikasi dnegan percaya diri mengenail kehidupan sehari – hari dan pembahasan terhadap minat tertentu. Dapat bertukar, memeriksa dan mengkonfirmasi informasi serta dapat menghadapi situasi non rutin. Dapat mengekespresikan pikiran dalam bentuk yang lebih abstrak atas topic budaya seperti film, buku, musik dan lain sebagainya.

(sumber : EF Semarang Blogspot.co.id)

Dan ternyata Donna dan Darius sudah mengajak anak-anak mereka menjadi murid EF Sejak tahun 2012, dimulai dari si sulung lalu kedua adiknya pun kursus di EF. Donna juga menyambut baik dengan EF Parents Apps, mereka sebagai public figure dengan segudang kegiatan diluar rumah tak mempunyai waktu lagi untuk menemani buah hatinya, sehingga dengan EF PArents Apps ini mereka merasa terbantu, mereka bisa memantau kegiatan anak-anak mereka tanpa harus khawatir berlebihan dan ajaibnya pantauan itu cukup mereka saksikan dari sebuah ponsel.

EF juga menyadari bahwa kesiapan anak-anak menghadapi era globalisasi bukan hanya sekedar belajar melainkan anak-anak harus memiliki kepercayaan diri, karenanya Trailblazers juga di design untuk bisa meningkatkan kemampuan transferable skills seperti para siswa dibiasakan untuk melakukan presentasi, mengambil keputusan, diajarkan leadership, bekerja dalam tim dan sebagainya sehingga anak akan memiliki kepercayaan diri ketika berada diluar lingkungannya.

Acara launching program baru ini juga mengulas sisi lain loh ? tak melulu bahas program EF ternyata kehadiran Bapak Joris Satyadharma juga mengemukan hasil penelitian yang mereka lakukan dimana disadari atau tidak bahwa tujuan belajar bahasa inggris untuk anak sudah bergeser, bukan hanya ingin meningkatkan nilai bahasa inggris melainkan anak-anak khususnya yang remaja lebih memanfaatkan bahasa inggris untuk keperluan sehari-hari mereka. Siapa yang pungkiri kalau saat ini apa-apa itu dalam bahasa inggris ya kan moms ? Karenanya sangat dibutuhkan peran aktif orang tua dalam mempersiapkan masa depan anak-anak.



Ternyata ada empat tipe orang tua, yuk cari tahu moms and paps tipe seperti apa ya ? Donna dan Darius mengakui mereka adalah tipe Silent Achiever , lengkapnya mari kita bahas satu per satu :


  • Ambitious Commander : Ini adalah gaya pengasuhan yang memiliki misi visi yang jelas. Orang tua tipe ini cenderung dominan dalam mengambil keputusan terhadap keinginan anak-anak, mereka ingin anak-anak mendapat keahlian tertentu dengan tujuan anak-anak akan berhasil dilingkungannya
  • Silent Achiever, nah ini gaya pengasuhan yang dimiliki brand  ambassador EF. Gaya pengasuhan tipe ini percaya bahwa pertumbuhan alami sangat penting untuk perkembangan yang sehat untuk anak mereka, mereka cenderung mencari yang terbaik bagi anak-anak dna membangun lingkungan yang dapat menarik minat belajar anak.
  • Shot-Term Worrier : Gaya pengasuhan ini memberikan kebebsan bagi anak-anak dan menyediakan pengaman bila mereka terjatuh. Dan tipe ini biasanya menggunakan anak lain sebagai indikator keberhasilan anak mereka
  • Happy-Go Lucky , ini pola pengasuhan yang paling asyik menurutku, dimana orang tua sepenuhnya memberikan kepercayaan pada anak, orang tua tak cemas dengan apa yang akan dihadapi anak-anaknya nanti, yang penting mempunyai hubungan yang kuat dengan anak, mendukung kebutuhan anak dan memastikan mereka hidup nyaman dan bahagia.

eheemm.. kira-kira kita tipe orang tua yang mana ya moms ? Moms and paps bisa loh cari tahu dengan ikutan kuis di link ini : http://www.ef.co.id/kuis-trailblazers, ada 12 pertanyaan dan tak butuh waktu banyak untuk mengetahui kita ini tipe orang tua yang mana check it out moms !

Well, bagaimana moms ? Tertarik ? silhakan menghubungi EF terdekat, karena ada kelas percobaan gratis loh ! Dan kerennya buat yang mendaftar sampai tanggal 15 Agustus 2016, bakalan ada potongan biaya kursus sampai 2 juta plus merchandise cakep dari EF , grab it fast moms !

Informasi lebih Lanjut 
Website : http://ef.co.id
Twitter : @EF_EnglishFirst

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.

10 comments:

Haya Nufus said...

Dari kapan itu udah tertarik buat daftarin anak2 di EF.. kualitasnya udah jaminan banget kan ya.

Ulihape said...

Yup mbk, scr mrk intrnasional kan, trs krjasamanya aja ama harvard, ayoo mbk cb dftr kelas percobaannya dl, gratis

Ulihape said...

Yup mbk, scr mrk intrnasional kan, trs krjasamanya aja ama harvard, ayoo mbk cb dftr kelas percobaannya dl, gratis

ali shodiqin said...

ya memang EF itu memang bagus banget... top deh... di jamin bisa Bahasa Inggris kalau belajar di situ

April Hamsa said...

Wah keren emang anak2 jaman skrng kudu belajar bahasa asing, minimal Bhs Inggris sejak dini ya mbak :D

Vety Fakhrudin said...

Anakku belum masuk kategori usia kursus di EF. Tempo hari nanya2 katanya cuman bisa ikut kelas trial aja, tapi kalo kelas aslinya belum boleh karna belum cukup umur.

Ulihape said...

pengajarnya juga ada bule sih ya jd kerasa banget bedanya sama yg lain hehehe

Ulihape said...

iya, ada tuh yg buat adult, cozy juga suasananya..les yuuk hehehe

Ulihape said...

iya mbak, ada kelas usianya trus nanti juga di tes dl kalo mmg blm bisa ga bs dipaksain

Nunung Yuni A said...

Waah EF emang bagus ya mbak.Dari jaman kapan juga dah bagus.Sayangnya mahal dan gak terjangkau kantong.Emang bayarnya berapa mbak?Kok diskonnya aja dua juta?berjuta -juta doong...