Ayam "Jamuran" - Ulihape.com

Ayam "Jamuran"

Tahun Ayam Api katanya, so tadi bangun bingung deh mau masak apa ya buat menu sahur kami sekaligus bekal untuk anak-anak selama di daycare ? Malam ketika hendak tidur beberapa jenis lauk sudah diturunkan dari freezer ke kulkas bagian bawah so kalau bangun sudah siap diolah.


Buka kotak lauk adanya udang, cumi, ati, ikan dan ayam pilet. ahaa ya sudahlah menu hari ini ayam saja kita buat teriyaki lalu aku iris-iris deh ayamnya. Pas buka kulkas mau cari bumbu bawang dan kawan-kawan, baru sadar kalau bawang bombay habis hiikss..bye teriyaki ! Dan gak sengaja disisi pintu kulkas tampak plastik yang menggembung ahaa sampai lupa kalo itu adalah kumpulan jamur. Aku belanja minggu kemarin dan ini sudah 4 hari khawatir besok jadi busuk ya sudahlah diolah saja semua jamur-jamur ini. Dan karena jamur warnanya gak ceria akhirnya aku tambahin aja brokoli biar seger, irisan cabe merah biar ada warna meriah hehe.



Ada jamur tiram, jamur kancing, jamur kuping dan jamur enoki. Lalu tercipta lah sebuah judul menu hari ini "Ayam "Jamuran" hehehe, rasanya ? Ya segerrr kata pak suami bakalan awet kenyangnya, nah caranya cukup mudah, bumbunya hanya duo bawang sama garam dan hanya butuh 20 menit untuk memasaknya , mulai masaknya jam03.45 selesai jam 04.05, suami bangun jam 04.15 kitapun santap sahur, kalau aku kurang sreg kalao ga ada pedasnya, dan hari ini males banget buat sambel, ya sudah berucap terimakasih sama sambel botol yang tinggal tuang hehehe, sedaaap.

Bahan :

  • Ayam filet iris tipis memanjang
  • Jamur Kancing, Jamur Tiram, Jamur Kuping dan Enoki, iris sesuai selera kalo enoki sih di urai saja jangan disiangi ya
  • Cabe merah dan ijo iris sedikit, sekedar mempercantik masakan saja jangan sampai menambah rasa pedas, soalnya sekaligus untuk menu anak-anak juga
  • Brokoli
  • Margarin 1 sdm
  • Air 400 ml
Bumbu :

  • Iris tipis bawang putih dua siung, bawang merah dua siung
  • Garam dan penyedap rasa bila diperlukan
Cara Membuat :

  • Ayam yang sudah diiris tipis diberi air jeruk, garam dan lada, diamkan 5 menit
  • lalu tumis duo bawang setelah menunjukkan layu masukkan cabe iris, dan ayam, masak selama 10 menit sampai air yang dari ayam menyusut, lalu masukkan brokoli dan air masak selama 5 menitlalu terakhir masukkan keluarga jamur, masak rata selama 5 menit dan 3menit terakhir masukkan garam dan sesuaikan rasa
  • 20 menit matikan api kompor dan sajikan
Alhamdulillah menu sederhana yang memberi efek ceria, masaknya sebentar so mami bisa berlama-lama memeluk duo KYH sebelum bersiap memandikan mereka dan berangkat kerja. Selamat memasak semuaa ...

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.