Edukasi Tentang Diare Bersama Prof Nutri Persembahan Dari Nutricia Sarihusada - Ulihape.com

Edukasi Tentang Diare Bersama Prof Nutri Persembahan Dari Nutricia Sarihusada

Nutricia Sarihusada kali ini hadir dengan sebuah kampanye edukasi "Indonesia Merdeka Diare". Dan yang membuat kampanye ini menarik adalah kehadiran Prof Nutri Bicara, Prof Nutri Bicara adalah sebuah tontonan video mini yang dihadirkan Nutricia Sarihusada untuk mengajak para orang tua khususnya Ibu agar lebih mudah memahami tentang Diare.

So mommies harus subscribe channel Prof Nutri ya, supaya bisa update ilmu tentang kesehatan anak. Untuk tahap awal ini Nutricia memulai video mini tentang Diare, karena memang diare ini merupakan hal biasa yang terjadi di lingkungan kita, namun masih banyak yang anggap sepele terhadap diare. Diare dianggap hal lumrah, ada yang bilang karena mau pintar lah, ada yang bilang anak mau gede jadi enggak perlu panik, enggak usah heboh nanti juga sembuh sendiri. Benarkah demikian mom ?

Indonesia Merdeka Diare



D I A R E

DR. Dr. Ariani Dewi Widodo Sp. A (K) hadir bersama Brand Manager Digestive Care Nabhila Chairunnisa menyampaikan materi seputar Diare. Dr Ariani menjelaskan secara data bahwa 1 dari 7 Anak di Indonesia mengalami Diare bisa 2 sampai 6 kali dalam setahun, mencengangkan nya lagi ternyata Diare adalah penyebab kematian anak tertinggi nomor dua di dunia. Aku sendiri meski baru mengetahui fakta ini namun karena kasus beberapa orang terdekat yang harus kehilangan buah hatinya karena Diare maka sejak dulu aku tak bisa menganggap diare sebagai masalah biasa. Sampai akhirnya aku memiliki anak dan benar saja akhirnya Diare itu menyerang anakku.

Anak balita dalam tahun pertama pertumbuhannya memang sedang senang mengeksplorasi apapun yang ada di sekitarnya, sebagai orang tua maka aku berusaha maksimal untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan kami, namun hal tersebut tak menjamin kami bisa bebas dari serangan virus. Ketika anak ku usia 8 bulan semua mainan, apapun yang bisa di jangkau tangannya akan masuk ke dalam mulutnya, lalu hari itu aku mendapati pup anak ku encer dan berbau asam, biasanya memang anakku pub bisa sampai 6x sehari namun hari itu aku hitung sudah 10 x dan feeling ku sebagai Ibu langsung mengatakan aku harus segera ke dokter, dan alhamdulillah anakku saat itu belum terindikasi dehidrasi.

Diare ini akan menguras cairan dalam tubuh anak, jadi langkah awal penanganan adalah mengisi kembali cairan yang hilang, berikan anak minum yang banyak, bila masih ASI maka diteruskan, bila minum susu formula juga tetap diberikan sampai ada indikasi medis yang melarangnya. Cairan pengganti yang baik adalah cairan dengan kandungan natrium rendah dan ini terdapat pada oralit. Bersyukur saat ini oralit hadir dengan perasa sehingga anak-anak bisa menyukai nya. Selain cairan maka nutrisi juga harus diperhatikan, nutrisi ini penting untuk pemulihan usus, dimana pada saat diare usus anak akan mengalami luka.

P E N Y E B A B  D I A R E

Paling umum diare ini disebabkan oleh virus, bakteri maupun parasit. Kalau mommies bisa mengingat biasanya bau pup anak yang sedang diare sangat khas yaitu asam, nah ini bisa dipastikan karena Rotavirus,ketika frekuensi pup semakin sering biasanya anak akan rewel juga karena area anus nya ikutan lecet akibat asam yang tinggi, rasa sakit ini bisa membuat anak rewel, susah minum dan makan. Bahkan hasil penelitian menyebutkan 30% penderita diare yang disebabkan rotavirus mengalami intoleransi laktosa. Karena nya umum banget kan kita dengar ketika anak diare maka pemberian susu harus di encerkan, padahal ini hanya mitos mom. Kebayang enggak kalau susu encer maka nutrisi anak tak akan terpenuhi maka ini akan membuat anak semakin lama sembuh. Karenanya aku pernah mengalami anak diare lebih dari 3 hari sampai akhirnya dokter menyuruh mengganti susu formula ya ke susu yang nol persen laktosa. Saran itu diberikan agar anak tetap minum susu dan mendapatkan nutrisi yang sesuai sehingga anak enggak akan lemas. Selama diare ini biasanya enzim laktase yang memecah laktosa ikut berkurang akibatnya gula dalam susu tidak bisa diserap oleh tubuh dan mengakibatkan diare semakin berat dan perut kembung.

R E S I K O  D I A R E

Diare berkepanjangan tentu saja bisa mengakibatkan kematian, diare yang lambat penanganan bisa memberikan efek yang tidak baik pada anak kita. Tumbuh kembang anak akan terhambat dan resiko anak akan memiliki tinggi yang kurang sebanyak 3,6 CM ketika berusia 7 tahun dan nutrisi yang tak terpenuhi selama diare juga berpengaruh kepada kecerdasan anak.

LAKUKAN 5 HAL INI KETIKA ANAK DIARE

Don't worry moms, kalau menangani dengan tepat maka anak bisa kita cegah dari dehidrasi, namun moms harus mengenali gejala dehidrasi terlebih dahulu ya.

GEJALA DEHIDRASI PADA ANAK

  • Mulut/bibir nya kering
  • Menangis tanpa air mata
  • Dalam enam jam tidak pipis
  • Mata cekung
  • Ubun-ubun pada bayi masuk kedalam
  • Pup nya berdarah
  • Kondisi semakin berat maka anak akan bernafas lebih cepat
Setelah mengetahui gejala dehidrasi, mommies bisa melakukan 5 langkah mudah untuk menangani anak yang diare, jangan panik dan lakukan semua dengan tenang ya moms
  1. Teruskan pemberian ASI
  2. Cegah dehidrasi dengan memberikan oralit, pemberian oralit juga ada panduan nya, maka konsultasi kan dengan tenaga medis, biasanya oralit yang sudah jadi harus dihabiskan dalam 24 jam ya moms
  3. Bila kondisi anak tak kunjung membaik maka mommies harus segera konsultasi ke tenaga medis ya
  4. Seperti kasus anak saya bila dokter sudah mengindikasikan adanya intoleransi laktosa maka nutrisi nya harus kita beri yang bebas laktosa 
  5. Selanjutnya jaga kebersihan diri dan lingkungan kita,biasa kan mencuci tangan ketika habis ber aktivitas
Secara ringkas semuanya bisa mommies saksikan melalui mini video persembahan Nutricia Sarihusada. Dari video ini kita bisa belajar bagaimana mengenali diare dan cara penanganan yang tepat. So subcribe chanel Prof Nutri Bicara dan saat ini sudah tayang 3 episode dari Prof Nutri Bicara Diare yaitu Waspada Diare Episode 1, Kenali Diare Episode 2, Tipe Diare episode 3 dan segera tayang episode 4 dengan tema 4 Hal Penting Hadapi Diare

#IndonesiaMerdekaDiare sebuah kampanye untuk mengedukasi masyarakat indonesia menuju hidup sehat dan masa depan anak Indonesia yang lebih baik!


Episode 1 Waspada Diare


Episode 2 Kenali Diare

 Episode 3 Tipe Diare



Social Media Nutricia

Facebook : Nutrisi Untuk Bangsa
Twitter : @Nutrisi_Bangsa
Youtube : Nutrisi_Bangsa
Instagram :  @Nutrisibangsa

When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.