20180807

Faber Castell Colour to Life : Emak Rileks Anak Hepi

Yup! itulah yang aku rasakan ketika mendapat produk terbaru dari Faber Castell Colour to Life. Selama ini aku dan anak-anak cukup menikmati setiap produk dari Faber Castell, Kanda sendiri telah memiliki 12 pensil warna watercolour dan Colour by Number-3D Art. Aku pribadi terakhir kali lagi senang mewarnai dengan menggunakan Faber Castell 12 Goldfaber kualitas warna serta teknologi yang mendampingi produk Faber Castell memang super keren.

Faber Castell Colour to Life


Faber Castell Colour to Life


Jadi ceritanya Faber Castell tak hanya ingin kegiatan mewarnai kita monoton, akhirnya tantangan mewarnai itu hadir lewat produk terbarunya Colour to Life. Sebuah teknik mewarnai yang dikombinasikan dengan teknologi digital lewat sebuah aplikasi di gawai kita. Jadi dalam paketan kali ini ada buku mewarnai yang terdiri dari 15 lembar which is terdiri dari 3 lembar untuk masing-masing karakter, ada 3 lembar untuk Kuda, 3 Lembar untuk princess , 3 Lembar untuk anak laki-laki, 3 lembar untuk kucing dan 3 lembar untuk pesawat terbang. Kelima karakter ini akan disulap oleh sebuah aplikasi menjadi sebuah permainan yang bisa dimainkan lewat gawai kita, dan asyiknya enggak usah online selama aplikasinya sudah di download maka tanpa jaringan pun bisa kita mainkan.





well, kali ini review ku akan berupa Q (uestions)  &  A (nswer) saja ya supaya penasaran kalian terjawab hehe.

Colour to Life Bisa Beli Dimana ?

Sudah banyak sih yang menjual, aku pernah lihat ada di Gramedia, ada di Farmers Market, toko-toko buku dan pastinya bisa dibeli online di Tokopedia ya gaes.

Colour to Life Isinya Apa Saja ?

Ada buku mewarnai sebanyak 15 lembar, dan 20 warna connector pen



Connector Pen Itu Apa ?

Jadi ini adalah spidol berwarna dimana pada bagian tutupnya bisa saling dihubungkan, tujuannya selain membuat alat mewarnai tidak berserakan kalian juga bisa berkreasi dengan connector pen untuk membentuk berbagai macam bangunan, kendaraan atau apapun yang bisa memuaskan imajinasi kalian. Dipastikan aman bagi anak-anak karena bila terkena baju juga bisa langsung dicuci loh. Dan tahun lalu aku pernah baca di Fanpagenya Faber Castell ada semacam challenge Connector Pen gitu dan designnya keren-keren loh!



Bagaimana Menggunakan Colour to Life ?

Simple! karena di box nya semuanya sudah ada panduannya, yang pasti kalian download terlebih dahulu aplikasinya di playstore dan appstore, atau cara mudahnya kalian tinggal scan barcode yang ada pada box Colour to Life.

Setelah itu mulailah mewarnai project kalian, kalau aku memang suka mewarnai untuk tujuan rileksasi jadi disela-sela bekerja supaya aku bisa menjaga mood bekerja tetap optimal aku selalu mewarnai dan sejak ada Colour to Life maka ini semakin mengasyikkan. Setelah mewarnai selesai kalian bisa langsung scan gambar dengan aplikasi bisa dimainkan atau hanya sekedar melakukan swafoto.



Cara Scan nya Bagaimana ?

Letakkan kertas gambar pada bidang yang datar dan terang, kemudian scan dari atas dengan posisi seluruh frame masuk ke gawai kalian, bila posisi sudah pas maka dilayar ponsel gambar akan terblok dengan warna hijau dan gambar objekpun muncul kehadapan kalian. Jarak antara gawai dan kertas dianjurkan 30 cm namun aku sudah mencoba kurang dari 30 cm juga bisa asal kalian pastikan semua frame masuk ke gawai kalian dan pencahayaannya cukup. Aku coba di ruang terbuka cahaya terang dengan jarak 15 cmn saja sudah bisa di scan, dalam ruangan aku butuh jarak yang lebih tinggi, atau kalian bisa nyalakan senter di gawai kalian bila cahaya kurang , dengan cara tersebut akan lebih memudahkan proses scan.

Kalau Scan Gagal Apa yang Harus Dilakukan ?

Aku juga mengalaminya namun enggak usah panik karena di layar ponsel ada notifikasi nya kok "loose track" bila itu muncul maka angkat ponsel dan alihakn ke objek lain dengan mengubah posisi ponsel, setelah muncul bingkai hijau baru arahkan ke lembar kertas berwarna kembali dan scan kertas dengan posisi yang benar.

Setelah Scan Sukses Selanjutnya Apa ?

Begitu scan berhasil maka kalian akan amaze karena akan muncul setiap karakter yang kita warnai sesuai kreasi warna kita dan bisa kita sentuh bahkan ada suaranya loh ! It's looks like real gaes! Tekonologi digital Augmented Reality nya membuat tampak nyata, lalu objek gambar bisa kalian putar-putar posisinya. Setelah scan berhasil ada dua opsi yaitu bermain atau mengambil swafoto. Klik play game now kalau mau memainkan permainan, atau dipojok kanan ada icon kamera untuk berswafoto dengan karakter pilihan kita.

Mewarnainya Bisa Pakai Alat Warna Lain?

Bisa, awalnya aku pikir gambar hanya bisa discan bila diwarnai menggunakan connector pen,  tapi aku coba menggunakan alat warna dari faber castell seperti watercolour pencil , goldfaber juga bisa. Namun paketan ini menyediakannya connector pen supaya warnanya lebih jelas dan bagus, serta mengajak anak-anak mengasah imajinasinya membuat rancangan benda dari tutup connector pen.

Colour to Life - Watercolour Pencils

Colour to Life - Goldfaber
Baca Juga : Teknik Mewarnai


Apakah Harus Diwarnai Semua?

Pesawatnya tanpa warna hehe 

Bisa sebagian, tidak harus full colour karena yang ter-augmented reality hanya si karakternya bukan dengan background. Namun gambarnya jadi biasa saja so rekomendasinya warnai yang cetar biar keren hehe

Hanya aku warnai tangan saja bisa di scan



Kalau enggak diwarnai bisa discan ga ?

Enggak bisa, jadi kalian paling tidak harus beri warna pada gambar meski itu hanya satu goresan warna. Lagian bagi orang dewasa mewarnai itu bisa membuat jiwa lebih tenang ya kan ? Dan untuk anak-anak proses mewarnai juga bagus untuk tumbuh kembangnya, dalam proses mewarnai balita bisa kita latih mengenal warna, serta konsentrasi.

Ada karakter apa saja sih ?

Jadi dalam 15 lembar buku colour to life ada 5 karakter yaitu :


  • Kuda, nama permainannya Giddy Up, permainan ini bisa melatih konsentrasi anak dan tentunya motorik halus dan kasar juga ikut terlatih 
  • Anak laki-laki, nama permainannya Pogo Boy anak akan mengajak pogo boy meloncati batu. Untuk Kanda ini jadi seperti belajar berhitung, jika dia meloncati 1 batu maka tekan angka 1 dan bila dua batu tekan angka 2. Koordinasi tangan, mata melatih kefokusan anak-anak.
  • Anak perempuan, nama permainannya Dress Up Challenge, pada awal permainan ditampilkan gambar full dengan pakaian, lalu anak diminta untuk memasang kembali. Permainan ini melatih anak untuk mengingat.
  • Kucing dalam wujud pelukis, permainanya Balance Your Brain, ini juga bagus banget karena anak diajak belajar warna dan kesesuaian tulisan dengan warna
  • Pesawat Terbang, permainannya diberi nama Safe Flight ini kesukaan anak kedua ku, dan palings eru ketika diajak swafoto hehe.
Faber Castell Colour to Life

Beneran seru ?

Yup! Anak-anak ku sampai rebutan, karena cuman punya satu jadilah mereka bermain bergantian dan satu sama lain menyukai permainan yang berbeda. Si Sulung suka Pogo Boy, usia Kanda memang sudah lima tahun jadi bermain pogo boy punya tantangan tersendiri, bagaimana dia belajar menghitung langkah pogo boy, apakah satu langkah , dua langkah? Kalao sampai jatuh permainan pun selesai. Kayama si bungsu yang berusia 3 tahun memang menyukai pesawat jadi bisa ditebak dia memilih safety flight, dan cocok untuk usia toddler karena tantangannya hanya tidak boleh bertemu awan hitam hehe

Koleksi Foto Disimpan Dimana ?

Kalau kalin berswafoto dengan karakter maka secara otomatis akan tersimpan pada satu album Faber Castell dan kalian bisa upload keseruan kalian dengan karakter pilihan kalian ya

Colour to Life


Nah itu dia review ku mengenai produk terbaru Faber Castell Colour to Life, supaya bisa ngebayangin boleh tonton videonya ya.



Saking sukanya dengan Faber Castell aku jadi berharap banyak nih untuk inovasi selanjutnya dari colour to life, jadi aku mau kasih saran supaya Colour to Life nya makin keren semoga bisa diwujudkan ya.

Baca Lagi : Colouring for Adult 

Saran :

Selama mewarnai colour to life i really enjoyed, karena aku memang suka mengembalikan mood dengan aktivitas mewarnai. Aku bagian mewarnai dan anak-anak yang memainkan permainannya dan bagi anak-anak permainan ini sungguh menarik perhatian mereka, sementara untuk orang dewasa seperti ku sepertinya butuh tantangan dalam setiap gamenya, idenya begini : kan setiap karakter ada 3 lembar jadi harapannya per lembar itu menunjukkan level permainannya, jadi ada level 1, 2 dan 3 jadi yang dewasa bisa menikmati permainan selanjutnya. Kemudian karena buku nya bisa diwarnai menggunakan alat warna apapun sepertinya colour to life bisa menjual versi buku nya saja, selain harga lebih ok tentunya bisa bikin kita pengen beli lagi karena akan banyak karkater ya kan ? Oh iya gimana kalau di aplikasinya diberi pilihan Bahasa Indonesia dan kalau bisa ketika ada pilihan apakah kita ingin melanjutkan permainan ? Sebaiknya bila jawa Yes/Ya tidak perlu scan ulang jadi bisa langsung bermain kembali.

Overall aku rekomendasikan kalian untuk memiliki Colour to Life karena benaran bisa bikin mood kita yang bekerja akan lebih baik, setelah mommies mewarnai ajak anak-anak memainkannya dan berinteraksilah selama bermain dengan anak, setelah nya kita bisa mengajak anak berkreasi membentuk apapun dengan connector pen, kedua anakku membuat tangannya seolah robot hehe, anak-anak selalu punya imajinasi dan tugas kita sebagai orang tua memberikan fasilitasnya dan Faber Castell Colour to Life bisa menjadi salah satunya. So emak rileks anakpun hepi  !






Inframe : Kanda dan Kayama bergaya dengan karakter kesukaannya

13 comments:

  1. iya akupn dikantor cobain warnain pake ini mba rileks banget dari segala keruwetan hahaha

    ReplyDelete
  2. Aku juga sukaaaa banget pake faber castle, buat bikin jurnal harian kantor juga bikin makin semangat. :)

    ReplyDelete
  3. seneng banget nih mainan baru, makin seru warna warninya

    ReplyDelete
  4. Keren iih, aku jd pingin b2likan utk anak2ku deeh

    ReplyDelete
  5. Boleh dicoba tuh buat anak saya. Seru kayaknya

    ReplyDelete
  6. Keren. Iya nih mbak. Favoritku alat2 gambar faber castell. Eh.. sekatang ada colour to life. Makin paporittt

    ReplyDelete
  7. Keren maakk..boleh juga buat anak nihh...apalagi suka menggambar

    ReplyDelete
  8. Lengkap banget Mbak ulasannya. Ternyata emaknya juga suka mewarnai nya ya

    ReplyDelete
  9. Melatih imajinasi dan kreatifitas anak kita juga ya mba aplikasi Colour to Life ini. Bisa juga buat bonding bareng mereka :)

    ReplyDelete
  10. Pensil warna aku zaman sekolah sekarang udah makin canggih aja ya teknologinya.

    ReplyDelete
  11. Jangankan anak2, aku juga suka mainan Faber Castell ini Maaak

    ReplyDelete

Komentar mu Informasi untuk Kita