Ngeblog Asyik, Konten Menarik dan Menghasilkan Uang dengan Google Adsense - Ulihape.com

Ngeblog Asyik, Konten Menarik dan Menghasilkan Uang dengan Google Adsense

Kalau ditanya lagi tujuan awal ngeblog mau ngapain sih ? Jujur buatku hanya sekedar pengganti menulis di diari. Aku suka menulis mencurahkan isi hati ku, menulis selalu berhasil menjadi media untuk merelease emosi kala sedih, marah dan bahagia. Bahkan mamak sampai tahu kelakuan berpacaran ku dari diari yang tak tergembok kala itu haha.



Tahun 2008 pertama kalinya membuat akun di sebuah platform menulis dan adanya interaksi didunia maya mampu membuat aku bersemangat untuk tetap menulis. Tahun 2009 seseorang mengajakku menulis di sebuah platform jurnalis yaitu kompasiana, sejak saat itu aku semakin mengenal dunia blogging, namun tahun itu aku belum mengenal apa itu komunitas blogger, belum tahu juga cara memonetisasi blog dengan iklan sehingga bisa mendapat bayaran dari google.

Tahun 2015 akhir dalam sebuah kumpul komunitas aku beruntung bisa duduk bersebelahan dengan Mbak Effi dari Komunitas blogger dan dari beliaulah aku tahu ternyata banyak komunita blogger di facebook. Akhirnya akupun jadi slaah satu member dari Komunitas Blogger Perempuan yang kini lebih akrab disapa Blogger Perempuan Network (BPN), kini hampir 4 tahun lamanya aku bergabung dengan BPN dan ini adalah Komunitas blogger yang paling profesional, baik dalam memberikan kesempatan job bagi blogger, dari sisi rate card dan semua berjalan secara sistematis.

 Baca  : Komunitas Blogger

Blogger Gathering BP Network x ProPS

 16 Maret kemarin aku menjadi salah satu peserta workshop yang diadakan oleh BPN bersama ProPS, kali ini blogger diajak untuk lebih mengenal seluk beluk untuk mengoptimasi blognya blogger. Aku tertarik ikut karena memang ingin lebih tahu detail Google Adsense, karena pengalaman aku dengan Google Adsense agaknya berbeda dengan orang kebanyakan. Ada yang bilang prosesnya lama, tapi bagiku enggak tuh cuman asal klik sudah disetujui dan dalam 3 bulan kedepannya aku sudah dikirimi surat yang isinya password Adsense ku.

Tapi yang jadi masalah ini kapan bisa panennya sih dari Google Adsense hehe ? Ternyata enggak sesimple yang aku pikirkan bahwa kalau sudah ada iklan ya bakalan mudah ngedapatin uang, nyatanya selama hampir 3 tahun punya Adsense belum sekalipun aku gajian dari sana, tentu ada yang salah ya kan?

Tips Menghadirkan Konten Google Friendly by Nunik Utami


I am lucky begitu ucapku, karena dalam kesempatan ini ada Mbak Nunik yang kasih tips supaya kita bisa punya artikel yang disenangi oleh si mesin pencari Google. Dan ternyata aku masih buta banget, pantesan deh belum bisa gajian dari Google Adsense hehe.

Jadi menurut mbak Nunik Content is still a king, jadi mau engga mau sebagai blogger harus berjuang supaya bisa membuat artikel yang menarik, artikel yang bisa bikin orang betah berada di blog kita. Dan salah satu caranya adalah menulis artikel yang Google Friendly. Lalus eperti apa sih konten yang Google Friendly ? Kuncinya ada 3 hal yaitu tulislah artikel yang sedang TREND, JUDUL YANG TEPAT dan gunakan TEKNIK DASAR SEO. 

Mbak Nunik juga menjabarkan dengan baik Teknik Dasar SEO dan ajaibnya aku baru tahu kalau pasang photo sebaiknya setelah paragrap satu dan penggunaan heading itu juga berpengaruh dimata si mesin pencari.

Selanjutnya giliran ProPS yang membagikan materi tentang bagaimana sih supaya blog kita bisa menghasilkan uang ? Dan aku baru tahu juga kalau iklan itu banyak banget jenisnya. Monetisasi blog bisa dengan menggunakan Google Adsense, bisa juga Google Partner seperti ProPS. Monetisasi blog itu bisa dengan beberapa cara seperti memasang iklan di blog kita dan posisi iklan juga menentukan loh ges. Tapi jujur ya aku sih masih sungkan ngasih iklan dimana-mana hehe khawatir pembaca risih saja sih.

Sebagai blogger ternyata saat ini social media channel ku juga bisa menghasilkan uang dengan melakukan berbagai campaign dan tentunya menjadi blogger itu menurutku enggak melulu cerita tentang uang sih ges. Tapi kalau kalian benaran pengen monetisasi blog kalian dengan iklan maka hubungi saja ProPS karena mereka akan bantu kalian untuk optimalisasi blog kalian dengan iklan yang tepat sehingga bisa cepat gajian dari google.

Dan supaya jadi blogger pro ada baiknya kalian mulai memikirkan blog kalian punya konten yang go global, dan ada sedikit tips nih dari ProPS supaya blog mu bisa go global :

  • Tentukan Target Audience , kalau bisa artikel kalian ditranslete guys jadi bisa menyasar pembaaca di luar Indonesia.
  • Produksi konten yang “evergreen”
  • Konten boleh saja bertopik lokal, namun dibawakan secara relevan untuk global audience
  • Pastikan tidak menggunakan konteks yang menyangkut budaya tertentu, sehingga akan susah dipahami secara umum.
  • Hati-hati dalam penggunaan kata-kata referensi(jarak, berat, pecahan uang, hari libur), karena setiap negara memiliki istilah berbeda
  • Ketika menggunakan image, pastikan yang dipahami secara universal
  • SEO. Manfaatkan keywords yang populer di negara tersebut untuk kemudian ditempatkan di konten yang relevan
  • Gunakan jasa translator dan berikan akreditasi
Selain diberi ilmu ngeblog yang keren, kami juga diajak membuat salad dan smoothies dari Endeus TV, resepnya mudah dan rasanya enak. Blogger gathering kali ini memang agak berbeda karena selain belajar kami juga diajak cooking class dan pertemuan seperti ini selalu membawa suasana menyenangkan bagi peserta workshop.








When Sharing Is Caring, Aku Senang Bercerita Untuk Membuatmu Tak Merasa Sendirian Nikmati Cerita Tentang Hidup, Info Produk, Kesehatan Dan Cinta.